Kamis, 02 Agustus 2012

Besi Berguna Untuk Tubuh Manusia

Besi adalah bahan galian tambang golongan logam [mineral], berbentuk padatan granular atau pasir. Pasir besi banyak digali di sepanjang pantai selatan pulau Jawa, seperti di Tasikmalaya, Cilacap, dan Yogyakarta. Inggris, Jerman, Prancis, Italia, Russia, Cina, dan Amerika Serikat adalah negara-negara yang kaya dengan bahan galian tambang besi. Logam besi berwarna hitam, mempunyai rumus kimia Fe, mempunyai valensi 2 dan 3, karena itu logam ini dapat membentuk persenyawaan dengan unsur lain, seperti ferrooksida [FeO], ferrioksida [Fe2O3], ferrochlorida [FeCl2], ferrichlorida [FeCl3], ferrisulfat [Fe2(SO4)3], ferrikarbonat [Fe2CO3], dan seterusnya.

Tempe panggang terbuat dari kedele.
Logam besi tidak saja diperlukan untuk membuat benda-benda yang umum kita kenal, seperti mobil, kapal laut, tank lapis baja, pisau, dan lain-lain, melainkan juga dibutuhkan untuk mendukung kesehatan tubuh manusia dan hewan. Jika Anda akan melakukan donor darah, tindakan yang dilakukan oleh petugas medis adalah memeriksa kadar haemoglobin, yaitu butir-butir darah merah di dalam tubuh Anda. Jumlah haemoglobin yang diizinkan untuk menjadi pendonor darah adalah 12,5 mg per dl darah. Di dalam lokasi penambangan besi, logam ini selalu dijumpai bersama saudara kembarnya, yakni mangan [Mn] yang mempunyai sifat kimia yang serupa dengan besi, tetapi tubuh manusia lebih membutuhkan besi. Persenyawaan besi dijumpai di dalam haemoglobin berfungsi sebagai pembawa oksigen.

Jika air yang diperoleh dari sumur air terdapat zat besi dan mangan yang ditandai dengan permukaan air yang berwarna kekuningan dan berkilat-kilat, air seperti ini tidak layak untuk diminum, karena itu air ini harus disaring terlebih dulu dengan saringan karbon aktif yang harus dibersihkan setiap 6 bulan sekali. 

Orang yang kekurangan zat besi biasa disebut anemia tampak pucat dan mudah lelah. Jarang dijumpai orang yang kekurangan zat besi. Semua sayuran hijau adalah sumber zat besi yang baik, karena itu Anda harus banyak mengonsumsi sayuran untuk mencukupi kebutuhan zat besi disamping sayuran itu berguna untuk mekanisme pencernaan di dalam perut. Beberapa contoh makanan ini dapat membantu Anda supaya kebutuhan zat besi terpenuhi, yaitu : bubur kacang hijau, bubur havermut, comro, tempe goreng/bakar, terik tempe, orak-arik tempe, taoge goreng, sayur bening bayam, urap, gado-gado, pecal, tumisan pokchay/kangkung/bayam/sawi, soup kacang merah, soup tomat daging sapi cincang, rawon, sandwich roti gandum isi daging sapi asap dan keju, steak daging sapi, empal gepug daging sapi, semur daging sapi/kerbau/babi, bumbu bali daging sapi/kerbau/ikan bandeng, rica-rica daging sapi/babi, dan seterusnya. Di bawah ini adalah tabel bahan makanan sumber zat besi yang baik. Anda dianjurkan supaya tidak minum teh terlalu kental, karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi ke dalam tubuh.-

Tabel Bahan Makanan Berkadar Zat Besi
 [mg per 100 gram]

Teri kering tawar
23,4
Oncom
27,0
Hati babi
18,0
Bekatul dari beras
14,0
Udang segar
8,0
Bekatul dari jagung
10,0
Hati sapi
6,6
Daun ubi jalar
10,0
Udang kering [ebi]
6,3
Tempe kedele
10,0
Dendeng daging sapi
5,1
Wijen
9,5
Daging sapi asap
5,0
Tepung kedele
8,4
Kerang
3,1
Daun bawang
7,2
Terasi merah
3,1
Jamur kuping kering
6,7
Teri nasi kering
3,0
Kacang hijau
6,7
Daging sapi
2,8
Pokcay
6,9
Telur bebek
2,8
Kacang tolo
6,5
Keju
2,8
Kacang merah
5,0
Telur ayam
2,7
Havermout [oatmeal]
4,5
Daging babi asap
2,5
Kacang Bogor
4,2
Ikan asin kering
2,5
Saridele bubuk
4,0
Ikan bawal
2,0
Bayam
3,9
Ikan bandeng
2,0
Kunyit
3,3
Daging bebek
1,8
Sawi hijau
2,9
Daging babi gemuk
1,8
Cokelat manis bar
2,8
Saren ayam
1,3
Brokoli
2,8
Saren sapi
1,3
Katuk
2,7
Daging ayam
1,0
Kangkung
2,5


Cabai rawit segar
2,5


Roti gandum
2,5


Tepung jagung
2,4


Peanut butter
2,0


Daun singkong
2,0



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar