Senin, 21 November 2016

Apakah Anda Termasuk Korban Di Sini?

Kebodohan. Banyak perusahaan memperkenalkan produk-produk perusahaannya kepada konsumen dengan informasi tidak benar sehingga berpotensi menyesatkan masyarakat pengguna. Misal : ada perusahaan air mineral menulis dalam kata-kata iklan, bahwa air dengan struktur molekul x, y, atau z melarutkan oksigen lebih banyak ke dalam air lebih banyak sehingga lebih banyak oksigen diserap melalui lambung. Lambung bukan organ tubuh yang dirancang untuk  menyerap oksigen. Bukan lambung melainkan paru-paru untuk menyerap oksigen lebih banyak. Banyak orang tergoda membeli air minum seperti ini. Orang seperti ini pantas disebut manusia korban iklan. Korban iklan adalah korban kebodohan. Hanya orang cerdas berbelanja yang terhindar dari korban kebodohan. Issue senral di negeri ini adalah agama. Jangan pernah membuang, apalagi sampai membakar segala tulisan berhuruf Arab. Apabila ada tulisan Arab pada sehelai kertas, engkau bakar atau robek dan kau buang ke keranjang sampah, maka perbuatanmu adalah malapetaka bagimu. Engkau pasti dilaporkan kepolisian sektor dengan tuduhan penistaan agama. Tulisan Arab selalu dipersepsikan ayat-ayat kitab suci. Padahal tulisan Arab itu adalah tulisan sebagai berikut : Kalau perutmu lapar, datanglah ke tempat kami Restoran Sederhana, masakan Padang, rasa lezat dan murah harganya. Saya senang dengan Najwa Shihab, putrinya pak Alwi Shihab. Qurma lezat dari Tunisia, silahkan menikmati. .....  Orang dari negeri mana di Asia yang hanyut dalam kebodohan sehingga dijajah oleh suatu bangsa Eropa penghasil keju terkenal selama 350 tahun? Orang cerdas menggunakan berbagai issue untuk membuat orang bodoh tidak bersatu. Orang bodoh hidup dalam kegelapan kemudian mereka dibelenggu oleh bangsa yang lebih cerdas, maka demikianlah nasib orang bodoh hidup dalam perbudakan orang cerdas selama ratusan tahun. Iblis itu jauh sangat cerdas dibandingkan manusia, maka manusia diperdaya oleh Iblis menjadi budak dosa sampai mati.

Ajaran sesat. Sebagian besar orang Indonesia masih mempercayai ketakhyulan atau masih hidup dalam cara berpikir yang tidak logis.adalah suatu kondisi yang menyedihkan di tengah masyarakat dunia yang sedang berlomba take off menuju era digital. Kondisi menyedihkan ini terjadi karena pemimpin daerah bangsa ini kurang perduli terhadap mutu pendidikan bagi bangsa ini. Orang yang tidak pernah belajar berpikir logis, maka orang-orang seperti ini akan mudah hanyut terbawa oleh ajaran sesat. Sebelum menginjak bangku kuliah sebaiknya orang belajar berpikir logis dari sejak taman kanak-kanak. Dimulai dari hal-hal sederhana. Ajaran sesat dapat terjadi pada kelompok agama mana saja. Rasul Paulus telah mengingatkan kepada jemaat Kristen di Kolose, bahwa mereka harus berhati-hati terhadap ajaran sesat [Kolose ii:6-8]. Ajaran sesat sedikit demi sedikit dapat menggerogoti imanmu sampai akhirnya engkau kehilangan iman kepada Kristus. Ajaran sesat efeknya dapat berlangsung selama ratusan tahun, bahkan ribuan tahun. Dongeng atau mitos nenek moyang dari generasi ke generasi berikut lebih banyak membuat penyesatan. Namun, kita tidak boleh mengabaikan fakta sejarah penginjilan, bahwa pada abad ke 19 Tuhan menyatakan diri-Nya kepada orang Jawa Kristen melalui mitos Ratu Adil. Ada seorang gembala mengajarkan kepada jemaatnya, tidak boleh menerima daging korban perayaan Idhul Fitri. Alasannya daging ini telah didoakan oleh orang Islam dengan doa yang berbeda dengan tujuan keselamatan yang telah dijanjikan Allah melalui keturunan Abraham, yakni Ishak. Gembala ini juga mengajarkan, tidak boleh menghadiri selam.atan atau dan kalau tidak menghadiri semat.atan pun tidak boleh menerima nasi kuning kenduri dari tetangga. Orang yang biasa melakukan selam.atan nasi kuning adalah orang Islam abangan. Ajaran bapak gembala ini juga tergolong sesat. Pada dasarnya semua yang diciptakan oleh Allah itu baik dan suatu pun tidak ada yang haram, jika diterima dengan ucapan syukur, sebab semuanya itu dikuduskan oleh firman Allah dan doa [1 Timotius iv:4-5]. Bagaimana engkau dapat memberitakan Injil Kristus, jika dalam kehidupan mu engkau tidak mau bergaul dengan masyarakat di luar Kristus. Takut kepada ketakhyulan itu saudara dekat dengan kebodohan.

Ketidakadilan. Hukum ditegakkan sebagai panglima, tetapi banyak putusan pengadilan tidak menyentuh rasa keadilan terhadap rakyat, grass root. Sengkon dan Karta adalah korban fitnah perkara perampokan dan pembunuhan telah menerima vonis, yakni hukuman penjara seumur hidup. Setelah belasan tahun menjalani hukuman, mereka dibebaskan dari penjara katena pelaku kejahatan sebenarnya terungkap. Kecerobohan hakim dalam menjatuhkan vonis terhadap orang tidak bersalah. Sengkon dan karta adalah dua orang miskin korban ketidakadilan. Banyak hakim mengabaikan keterangan saksi ahli yang di datangkan ke sidang pengadilan, maka mereka berpotensi dapat menjatuhkan vonis terhadap orang yang tidak bersalah. banyak korban ketidakadilan di negeri ini sebab hakim menjatuhkan vonis tanpa refleksi tindakan etis dari hakim yang bersangkutan. Walaupun putusan vonis seorang hakim salah, putusan hakim tidak dapat dicabut, hakim tetap dianggap benar. Tugas hakim sangat berat, sebab hakim adalah wakil Tuhan di bawah matahari. Salah menjatuhkan putusan vonis terhadap orang tidak bersalah, maka seorang hakim selama sisa hidupnya pasti dikejar rasa bersalah di hadapan Tuhan. Ada ketidakadilan dalam sektor ekonomi. Ketika seorang presiden diktator masih berkuasa, apalagi berkuasa sampai puluhan tahun, maka keluarga presiden dan lingkaran terdekat saja yang boleh memegang bisniz besar. Inilah yang disebut sebagai nepotisme. Ada ketidakadilan di sektor sosial dan politik. Di negeri beta yang tercinta ini kelompok minoritas [baca : agama] kurang mendapat porsi peran aktif dalam masyarakat, sebab kelompok mayoritas selalu menghalangi kelompok minirotas tampil ke atas. Segala cara ditempuh dan dihalalkan yang penting jangan sampai orang yang dianggap kaffir oleh kelompok mayoritas menjadi pemimpin level puncak di negeri ini. Ketidakadilan lebih banyak terjadi karena kelompok mayoritas merasa lebih berhak mengatur porsi kue pembangunan negara. Kelompok Islam Syiah di Irak tersisihkan oleh mayoritas Islam Sunni. Kelompok Sikh tersisihkan oleh kelompok mayoritas Hindu. Kelompok colored people di Amerika tersisihkan oleh kelompok kulit putih. Soekarno, Abdoel Latif, Ali Sadikin, dan Kardinal Yustinus Darmoyuwono dari Indonesia, John F. Kennedy dari Amerika Serikat,, Benigno Aquino dari Filipina, Anwar Sadat dari Mesir, Ali Buttho dari Pakistan adalah korban ketidakadilan di negara masing-masing. Tapi mereka lebih sering disebut korban konspirasi politik saja. Share! Share! Share! for justice to strong people.

Penyakit. Kahadiran penyakit bagi keluarga miskin adalah beban yang sulit terhindarkan. Tentu saja pemyakit yang dimaksudkan di sini adalah tergolong penyakit di mana pasien harus menjalani rawat inap. Asuransi kesehatan dari pemerintah? Kenyataannya pemerintah menolong rakyat dengan setengah hati saja. Pasien dapat rawat inap, tetapi beberapa obat tertentu harus dibeli sendiri oleh pasien dengan harga yang mahal. Obat manjur untuk penyakitmu adalah berdoa kepada Tuhan saja. Beberapa jenis makanan tertentu yang dikonsumsi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan penyakit berbahaya. Orang Jawa banyak mengonsumsi soto jeroan sapi, orang Minang dan Makassar banyak mengonsumsi makanan bersantan. Orang Batak banyak mengonsumsi makanan dengan sodium kadar tinggi yang berasal dari garam dan darah hewan. Orang Jawa, orang Minang, dan orang Makassar banyak menjadi korban penyakit hipertensi dan serangan jantung. Berbagai kasus stroke sebagian besar diderita  oleh orang laki Batak. Orang Amerika yang mendewakan makanan tinggi protein, ternyata daging merah adalah sumber utama penyakit jantung koroner. Tiga jenis penyakit mengintip orang Indonesia, yaitu jantung koroner, hipertensi, dan diabetis mellitus. Tuhan menciptakan kehidupan di bumi pada mulanya tanpa penyakit, tetapi perilaku manusia dalam mengonsumsi makanan mengundang berbagai penyakit. Secara teoritis manusia umur manusia mencapai ratusan tahun, jika orang yang bersangkutan tidak pernah  sakit apa pun. Orang dapat terhenti kariri di tempat pekerjaan karena penyakit. Seks bebas juga menghasilkan berbagai penyakit berbahaya, antara lain gonore, sipilis, herpes, aids, kanker serviks, stroke, dan serangan fatal jantung sebab kebanyakan minum obat kuat perangsang nafsu seks. hati-hati jangan sampai engkau meniduri ibu gembalamu yang cantik!!! Sebab seks bebas adalah perbuatan yang dilarang oleh Tuhan dan ketagihan yang luar biasa adalah suatu penyakit jiwa. Jangan mengumbar kedagingan, melainkan hiduplah menurut Roh.

Kejahatan. Teknologi semakin maju membuat kehidupan semakin dibuat mudah, tetapi pada sisi lain kejahatan juga semakin banyak dan berkualitas sebab pelaku kejahatan juga memanfaatkan teknologi. Semakin banyak ragam kejahatan dibuat oleh manusia, dimulai dari model kejahatan jaman purba sampai jaman digital, seperti tidur dengan isteri orang lain, perkosaan paedofilia, homoseksuil, zodomi, pelecehan seksuil, setoran paksa preman, pencurian, penipuan, perampokan, penculikan, penggelapan harta, abortus, penjualan drugs, perusakan lingkungan hidup, korupsi, human trafficking, uang suap, tindakan kekerasan, kemunafikan, dan seterusnya masih banyak lagi atau pada tahun-tahun mendatang akan lahir bentuk-bentuk kejahatan baru. Hanya orang bodoh yang dapat ditipu oleh orang cerdas. Orang malas mencari jalan pintas demi uang, maka datanglah penipu menawarkan jasa dapat menggandakan uang dengan cara mudah. Belum lama ini telah terjadi penipuan yang dilakukan oleh seorang pemilik padepokan spirituil di Probolinggo, Jawa Timur. Ribuan orang mempercayai orang ini dapat menggandakan uang dengan cara ajaib. Mereka percaya uang dapat keluar dari dalam tubuh guru spirituil ini. Setiap orang yang ingin menggandakan uang miliknya, maka setiap orang harus memberikan down payment sebesar 25 juta rupiah. Betapa masih bodoh orang-orang ini!!! Bangsa-bangsa sudah lain sudah dalam era digital, tetapi orang-orang ini masih hidup dalam alam purba. Berdoa dan bekerja hingga berpeluh untuk mendapatkan satu piring nasi dan tambahan telur dadar dan sayur gori. Namun, sebenarnya Tuhan saja yang membuat pertambahan berkat atas dirimu, bukan karena kerja kerasmu. Berdoalah sebelum keluar rumah supaya tidak menjadi korban kejahatan. Berdoa juga ketika masuk kembali ke dalam rumah, bahwa malaikat Tuhan telah melindungimu terhindar dari korban kejahatan. Berdoalah untuk anak-anakmu. 

Kejahatan yang paling menistakan negeri ini adalah korupsi yang luar biasa dahsyat. Komisi Pemberantasan Korupsi telah menemukan suatu indikasi korupsi di tubuh perusahaan listrik negara. Bukan beberap tetapi puluhan kontrak pembangunan pembangkit listrik tenaga uap, diesel, dan turbin gas terhenti total sehingga negara dirugikan lebih 11 T rupiah. Puluhan proyek ini dibangun pada masa presiden yang memiliki postur tubuh dhuwur gedhe, dan ganteng. Korban korupsi sebesar ini siapa lagi kalau bukan grass root people. Nilai korupsi puluhan proyek hampir dua kali kasus Bank Century juga pada masa presiden ini. Dan, belum terungkap pula. Belum lama ini seorang bekas anggota reprensentative yang menerimavonis 18 tahun penjara karena kasus suap telah mati di dalam penjara. Orang ini mewakili partai yang dipimpin oleh orang dhuwur, gedhe, dan ganteng tadi. Berapa puluh gubernur, bupati, anggota representative, menteri, dan pejabat-pejabat klas teri yang telah dijebeloskan ke dalam penjara karena kasus korupsi. Korupsi di Indonesia sudah mencapai level yang berbahaya. Kalau korupsi dibiarkan terus, negeri ini dapat hancur dari dalam. Pengadilan yang telah memberikan vonis dan berkekuatan hukum tetap, seharusnya juga memiskinkan koruptor-koruptor ini.

Perang. Korban perang ada di mana-mana di seluruh dunia dalam bentuk psikis dan cacat fisik. Banyak korban perang di Viet Nam, Kamboja, Afghanistan kehilangan kaki karena terkena ledakan ranjau darat. Indonesia pernah menjadi tempat transit para pengungsi korban perang Viet Nam yang akan menuju tujuan utama ke Australia. Konflik skala besar di Timur Tengah dalam bentuk pertempuran antar negara atau kelompok agama menimbulkan arus pengungsi besar-besaran ke seluruh dunia, terutama ke Eropa. Dulu, perang terjadi karena ideologi dan masalah etnis, tetapi kini perang terjadi sebab kepentingan ekonomi, utamanya adalah kebutuhan energi yang semakin mendesak. Perang global secara fisik memperebutkan sumber energi sedang mengintip negara-negara industri. Perang Dunia I dan Perang Dunia II pecah di Eropa. Ukraina yang kaya dengan minyak bumi sedang diintip oleh Russia dan Amerika dan teman-temannya. Russia dari utara dan NATO dari selatan. Perang skala besar dalam waktu lama yang menjadi korban adalah rakyat kecil. Ukraina seperti pelanduk kecil di tengah dua gajah yang akan bertarung. Eropa dari sejak dahulu kala selalu menciptakan kedahsyatan dunia. Namun, masalah etnis karena dendam masa lalu dalam skala kecil juga jangan dianggap remeh. Misal : keberadaan orang Kurdi di Turki bagian selatan, antara Palestina dan Israel seakan perang abadi tak kunjung berakhir, orang Cina sampai sekarang kurang bersahabat terhadap orang Jepang.

Bencana. Banjir melanda hampir merata di seluruh dunia. Kenaikan suhu global disebabkan semakin meningkatnya kadar karbon dioksida di dalam atmosfir. Banyak es mencair di kutub utara dan selatan sehingga permukaan air laut naik semakin tinggi setiap tahun menenggelamkan banyak pulau kecil di seluruh dunia. Bencana badai menerjang banyak negara berpantai seperti Filipina, Jepang, Cina, dan Florida di Amerika. Dari Italia sampai Honolulu adalah jalur benua yang mempunyai banyak gunung yang masih aktif. Di jalur benua ini banyak terjadi gempa bumi. Hanya di Amerika Serikat terjadi badai tornado, yakni angin berputar sentrifugal berkekuatan besar disertai badai petir. Namun, ada juga bencana dahsyat karena human error. Misalnya : kebocoran tangki bahan kimia beracun di Bhopal, India; kebocoran reactor nuklir di Chernobyl, Ukraina; kebocoran rekator nuklir di Fukushima, Jepang; bencana ledakan gas metan di tambang-tambang batu bara di Cina. Sampai sekarang Chernobyl, kota kecil di Ukraina ini telah menjadi the death city, tidak dapat lagi didiami oleh manusia.

Will be continued. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar