Senin, 11 Juni 2012

Ketika Semangat Timbul Kembali Untuk Bangkit

Ketika anak perempuanku, Yemima Raissa Kusumawardhani merayakan ulang tahunnya yang ketiga, aku sendiri yang membuatkan kue ulang tahun baginya. Aku ingat betul bagian pinggirannya aku hiasi dengan cara seperti tukang batu memberi plesteran semen pada dinding rumah, yakni warna-warni totol-totol. Ya, kue ulang tahun asal jadi, tetapi anakku dan semua temannya senang menikmati kue ulang tahun asal jadi ini. Ternyata kue ulang tahun ini adalah momen timbulnya semangat kebangkitan isteriku untuk memulai lagi sesuatu yang dahulu pernah dipelajarinya, tetapi sempat terlupakan selama bertahun-tahun yang lalu. Memang sesuatu yang pernah dipelajari, apabila tidak pernah dikerjakan atau diulangi lagi, pasti akan terlupakan. Dulu isteriku pernah mengikuti kursus membuat kue ulang tahun di banyak tempat kursus kue di Jakarta. Sertifikat tidak usah ditanya bisa memenuhi dinding kamar, sebaliknya aku tidak pernah mengikuti kursus membuat kue di manapun, karena aku seorang otodidak.

Lezat.
Ia mulai belajar lagi membuat kue ulang tahun dan pengantin, kemudian dia mengikuti kursus membuat roti tawar dan roti manis, baik sistem Eropa maupun Taiwan, disamping mencoba resep dari majalah dan tabloid. Aku pun juga memberi semangat dengan cara mengikuti beberapa kursus membuat kue dan masakan, seperti membuat martabak manis, bika ambon, dan membuat ayam cabut tulang. Kursus-kursus yang telah diikuti oleh isteriku kini telah membuahkan hasil secara komersil. Pada mulanya dia membuat kue prol tape [fermented casave cake] yang dijual kepada beberapa temannya di kantor pusat supermarket terkenal di Jakarta, selain itu dia juga membuat kue ulang tahun dan dijual kepada satu dua orang yang memesannya. Setelah mengikuti kursus membuat di Bogasari Fluor Mills, dia membuat roti kasur yang ternyata juga banyak disukai oleh konsumen di luar kantornya. Disebut roti kasur karena permukaan atasnya berbentuk seperti kasur. Pada 2003 dia mengundurkan diri dari jabatannya dan bertekun dibidang kuliner dengan berjualan roti di Kompleks Pendidikan Penabur di Cipinang Indah, Jakarta Timur. Roti kasur smoked beef, roti tuna roll, dan smoked beef macaroni schotel paling banyak diminati oleh konsumen.

Kami sekeluarga adalah penggemar black forest, tetapi untuk kue ulang tahun dia biasa membuatkan untuk pemesan dengan kue African Gateau atau dengan kue lapis Surabaya. Jika hari Natal tiba, dia biasa membuatkan bagi kami English fruit cake; ke dalam cake ini disiramkan brandy sampai setengah botol, rasanya jangan ditanya, … wow very delicious!!! Rasanya gabungan manis, pahit, asam, dan harumnya brandy. Tiga tahun lebih brandy dan beberapa jenis minuman beralkohol lain tidak diizinkan lagi beredar di pasaran, karena alasan agama dan upaya polisi untuk menurunkan tingkat kejahatan Ia pernah mencobanya dengan rum, tetapi rasanya tidak seenak kalau menggunakan brandy. Jadi, kami sekeluarga tidak pernah lagi menikmati enaknya cake ini pada hari Natal. Black forest menurut resep aslinya dari Jerman tidak menggunakan rum, melainkan dengan kirsch wasser yang dicampurkan ke dalam cream.

Jika semangat hidup Anda memudar dan kemalasan mulai mengisi jiwa Anda, sesungguhnya kegagalan sedang mengintai Anda. Hidup dimulai dengan langkah demi langkah, jangan takut pernah mengalami kegagalan, orang bisa sukses karena pernah mengalami kegagalan dan belajar dari kegagalannya; yang paling utama adalah keberhasilan Anda untuk bangkit kembali dari kegagalan. Semangat Anda timbul kembali untuk bangkit, karena Tuhan memberi harapan baru kepada Anda; kebangkitan itu timbulnya dari Tuhan yang menjamah jiwa Anda melalui sesuatu yang membuat pikiran Anda termotive [motivated]. Tuhan selalu memberi harapan baru kepada orang yang percaya kepada-Nya. Tuhan sudah memberi sesuatu yang dapat membuat pikiran Anda termotivasi, tetapi hal ini juga tergantung dengan kepekaan respon Anda terhadap kesempatan yang ditunjukkan oleh Tuhan. Tidak ada perkara yang mustahil bagi Tuhan untuk mewujudkan impian Anda menjadi kenyataan. Anda bisa menikmati indahnya hidup ini dengan selalu berpengharapan, bersabar dalam kesesakan hidup, dan tetap bertekun dalam doa kepada Tuhan.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar