Sabtu, 07 September 2013

Membersihkan Pipa Air Pralon

Pada satu hari aku harus naik ke atap rumah di lantai dua untuk membersihkan seluruh saluran pipa pvc diameter setengah inchi. Pipa ini berawal dari water tank kapasitas 1000 liter kemudian bercabang-cabang ke beberapa titik di dalam rumah, antara lain kamar mandi, dapur, garasi, dan seterusnya. Kondisi air di perumahan tempat aku menetap tidak bagus untuk standar air minum, bahkan untuk mencuci pakaian pun tidak bagus kalau tak disaring dengan karbon aktif. Perumahan ini menempati satu area bekas rawa yang luas dan dalam kemudian diurug dengan tanah. Tanah yang penuh dengan lumut dan lumpur. Sampai satu bulan air di dalam pipa masih lancar mengalir, mulai enam bulan ke depan aliran air mulai mengecil debitnya, dan akhirnya aku harus membersihkan jaringan pipa dua tahun sekali.

Pipa pvc yang sudah lama tersumbat endapan lumut dan lumpur lubangnya semakin sempit diameter yang dapat dilalui oleh air, sampai kira-kira tinggal 80 persen saja. Pernah ada orang yang mengusulkan supaya didorong memakai udara compressor bertekanan tinggi. Ide yang tidak bagus untuk dilaksanakan karena kotoran yang lepas nanti dapat menumpuk pada belokan pipa dan kemudian seluruh pipa akan mampet total. Cara yang aku lakukan adalah dengan memasukkan sedikit demi sedikit bahan kimia pembersih lumut dan lumpur, dimasukkan melalui saluran pipa paling atas pada saluran keluar tangki air, valve output tangki ditutup. Bahan kimia yang digunakan adalah sejenis asam kuat, yaitu pereduksi kuat setelah diencerkan pada kontent 15 – 20 persen voluma per voluma.  Asam kuat yang sering digunakan adalah hydrochloric acid [HCl]. Dalam keadaan belum diencerkan berbentuk cairan yang sangat berasap dan korosif. Larut di dalam air. Dengan cara ini, kotoran yang melekat di sepanjang pipa dapat lepas tetapi tidak akan membuat sumbatan di belokan pipa karena pembersih kimia ini tetap akan membuat kotoran tetap lembek dan likuid. Biarkan bahan kimia ini di dalam pipa pralon selama 10 menit. Kemudian buang. Selanjutnya adalah finishing touch, yakni pembilasan seluruh saluran pipa dengan air yang banyak. Hasilnya adalah debit air yang melewati jaringan pipa pralon ini lancar kembali.

Dapat engkau bayangkan, seperti inilah kira-kira kholestrol jahat [LDL] dan lemak tertimbun di sepanjang arteri dan vena membentuk plaque. Plaque ini adalah sampah biologis yang harus dibuang. Jika timbunan plaque sudah sedemikian tebalnya, debit darah akan semakin berkurang dengan sendirinya pasokan oksigen juga ikut berkurang. Jika keadaan belum parah sekali, penderita penyakit yang disebabkan kelebihan kholestrol akan cepat mengalami keletihan fisik dan kesemutank karena kekurangan pasokkan oksigen.. Satu hal yang pasti, yaitu jantung akan memompa darah lebih keras lagi. Kondisi terparah kelebihan kholestrol jahat adalah memicu terjadinya penyakit jantung koroner, sebab otot-otot jantung tidak dapat menjalankan fungsinya menggerakan jantung karena kekurangan pasokan oksigen. Kemudian engkau membaca iklan di koran atau majalah, bunyinya begini : Inilah saat yang telah lama dinantikan, telah tiba [… nama obat] mampu menghalau kholestrol jahat dalam waktu relative singkat. Jika engkau penderita kelebihan kholestrol yang sudah tergolong parah, aku sarankan tidak sembarangan konsumsi obat anti-kholestrol, sebaliknya konsultasi kepada dokter penyakit dalam. Dapat saja engkau konsumsi yang berkadar rendah tetapi dalam dalam jumlah banyak, maka yang terjadi timbunan plaque segera dengan cepat meluruh. Kemungkinannya bongkahan plaque yang lepas ini justeru menyumbat total aliran darah di tempat tertentu atau bongkahan-bongkahan plaque yang lepas ini akan menumpuk di dalam bilik jantung atau mengganjal di valve jantung. Tiga kemungkinan ini pasti akan menimbulkan masalah baru.

Seorang temanku belasan tahun yang lalu pernah mengalami kelebihan kholestrol sudah pada tingkatan parah sekali. Ia tegeletak tidak berdaya di tempat tidur di satu rumah sakit spesialis jantung. Dokter juga manusia biasa dengan segala keterbatasan akhirnya menyerahkan masalah ini kepada Tuhan alias dead. Engkau tentu tidak mau mengalami masalah seperti yang pernah dialami oleh temanku ini, maka cobalah konsumsi makanan atau minuman ini sebagai therapy : susu kedelai 2 gelas [350 ml] per hari, acar bawang putih, ikan gindara atau ikan laut dalam lainnya [steamed], jus wortel 2 gelas per hari, salad [pakai minyak zaitun saja]. Semua pilihan ini efektif dalam jangka waktu lama, tetapi tanpa efek sampingan.     

Sekarang kita kembali saja cerita tentang membersihkan pipa air pralon. Jaringan pipa air pralon yang luas dan rumit, maka sebaiknya menggunakan chemical agent bertekanan tinggi dengan cara dipompa dan dilakukan secara sirkulasi. Jika pekerjaan sirkulasi agent ini selesai, bilas pompa ini dengan air yang banyak [jika telat membilas atau kurang air bilasnya, blade akan menjadi berkarat yang dapat memacetkan pompa]. Cara ini akan terasa ekonomis untuk bangunan 2 atau 3 lantai.-


8 komentar:

  1. pak boleh tau nama bahan kimia yang dipakai apa ya?

    BalasHapus
  2. Tidak etis kalau saya menyebutkan nama bahan kimianya apa. Tidak usah bikin sendiri, sebab di super market banyak dijual.

    BalasHapus
  3. Pak Hengki, sekarang aku mengalami hal yg sama dg bapak, mungkin bisa disebutkan bahan kimia atau obat yg bisa membersihkan pipa pralon. Please. Tks.

    BalasHapus
  4. Numpang Iklan Pak Hengki,
    Toren/tandor air anda kotor dan pipa-nya mampet??? klik http://bklinsidoarjo.blogspot.com/
    Sudah terbukti..

    BalasHapus
  5. Sy punya masalah sama pak..gmn cara mendiamkan cairan selama 10 menit di paralon pak? Mohon infonya

    BalasHapus
  6. Bahan kimianya apa pak namanya ?

    BalasHapus
  7. Bahan kimianya apa pak namanya ?

    BalasHapus