Senin, 16 Juli 2012

Pisang Untuk Kesehatan Jantung

Buah pisang banyak tumbuh di daerah tropis, seperti Indonesia, Malaysia, Muang Thai, Viet Nam, Laos, Birma, dan Filipina; tetapi juga tumbuh di beberapa tempat di Afrika dan Meksiko dan sekitarnya. Di Indonesia ada banyak macam pisang dengan nama-nama lokal, seperti pisang raja, pisang kepok, pisang tanduk, pisang am.bon, pisang emas, pisang susu, pisang batu, pisang nangka, pisang baranang dari Medan, dan pisang Cavendish. Pisang am.bon tidak ada kaitannya dengan kota Ambon di kepulauan Maluku melainkan karena pisang ini harum baunya, dari bahasa Jawa, am.bon artinya bau. Sekarang  beredar sejenis pisang am.bon, yakni pisang Cavendish, tetapi aromanya tidak seharum pisang am.bon walaupun rasa dan bentuknya sama seperti pisang am.bon. Pisang tanduk bentuknya seperti tanduk, biasa direbus, digoreng, atau campuran untuk kolak. Pisang kepok, banyak terdapat di pulau Kalimantan, di pulau Jawa special untuk digoreng; di Jakarta terkenal dengan label pisang goreng kepok Kalimantan, sebelum digoreng dibentuk dulu seperti kipas. Pisang raja, fungsinya sama dengan pisang am.bon atau Cavendish, yaitu dimakan setelah menikmati makan siang, tetapi pisang raja biasa disajikan di tempat kenduri di kampung-kampung. Pisang nangka, baunya memang harum seperti buah nangka kalau matang, di Jakarta sangat dikenal dengan label pisang goreng nangka. Pisang batu disebut demikian karena di dalam buahnya terdapat banyak biji walaupun buahnya sudah matang. Semua pisang bentuknya bundar dan panjang. Yang paling panjang adalah pisang tanduk, sampai 50 cm diameter lingkarnya, 5 - 6 cm. Pisang am.bon dan Cavendish yang biasa diletakkan di atas meja makan, panjanganya rata-rata 20 cm dan diameternya, 4 cm.

Pisang Cavendish sumber kalium.
Keajaiban buah pisang, khususnya pisang am.bon adalah mempunyai kandungan kalium yang memadai untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium adalah golongan mineral saudara kembarnya natrium karena keberadaannya di dalam tubuh manusia keduanya selalu ada, jarang dijumpai ada orang yang sampai mengalami kekurangan salah satu kedua mineral ini. Natrium berguna untuk menjaga cairan tubuh tetap berada di dalam tubuh sehingga keseimbangan tekanan darah yang dikehendaki oleh system aliran darah tercapai. Kalium berguna untuk menjaga supaya otot-otot termasuk otot jantung berfungsi secara normal. Di dalam tubuh manusia terdapat sangat banyak sel-sel syaraf yang disebut neuron. Neuron mengirim pulsa-pulsa perintah dari batang otak ke seluruh system syaraf di dalam tubuh manusia. Walaupun pulsa-pulsa ini bersifat listrik, tetapi pengiriman pulsa-pulsa tersebut dari satu titik syaraf ke titik syaraf yang lain [atau interaksi otot] dilakukan secara kimiawi. Dalam proses kimiawi inilah, maka kalium sangat dibutuhkan kehadirannya. Kebanyakan maupun kekurangan kalium di dalam darah akan menyebabkan denyut jantung meningkat. Kalium juga sangat berguna untuk menurunkan tekanan darah sehingga resiko terkena stroke dan serangan jantung dapat diturunkan.


Berapa banyak buah pisang yang aman dikonsumsi oleh manusia? Selama tubuh Anda dalam kondisi sehat satu sisir sehari juga boleh. Namun, normalnya 1 sampai 2 pisang am.bon/Cavendish ukuran besar per hari sudah mencukupi kebutuhan tubuh. Maksudnya begini, jika Anda sedang mengalami gangguan pada jantung, konsumsi pisang sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter ahli gizi. Lihatlah, Martina Navratilova, dia adalah kampiun tennis lapangan di Wimblebon, Inggris, berasal dari Chekoslovakia sampai 6 kali, kegemarannya adalah makan pisang; tidak dijelaskan pisang apa, tapi saya yakin pisang yang dimakan itu adalah jenis Cavendish atau am.bon. Jika olah raga merupakan lifestyle Anda, konsumsi kalium melalui makan buah pisang sangat dianjurkan untuk menguatkan otot-otot jantung Anda sehingga menghasilkan jantung yang sehat. Jantung Anda sehat, maka seks ikut sehat.- 


3 komentar:

  1. Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
    :)

    BalasHapus
  2. Terima kasih Anda telah mengunjungi blog saya. Kiranya tulisan saya yang lain juga memberi manfaat bagi Anda. Saya menyukai Yogyakarta. Kalau nanti sudah jadi dokter, mau ya ditempatkan di desa di luar Jawa.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus