Kamis, 05 Juli 2012

Manusia Paling Diingat Dalam Sejarah

Jika Anda mengalami masa muda pada dekade 60, 70, dan 80, tentu ingat dengan beberapa nama grup band atau penyanyi pada zaman itu seperti, The Beatles dari Liverpool, The Rolling Stones dari London, Tom Jones, Everly Brothers dan Elvis Presley dari Amerika, The Bee Gees dari Australia, Shirley Bassey dari Cardiff, Inggris, dan seterusnya. Coba Anda tanyakan kepada anak sekarang tentang mereka, apakah ada yang tahu tentang mereka? John Lennon dari The Beatles pernah sesumbar, bahwa mereka lebih terkenal dari Yesus Kristus, akhirnya si John ini mati tragis, ditembak dengan pistol dari jarak dekat oleh penggemarnya sendiri. Aku yakin, paling tidak lima puluh tahun mendatang orang tidak mengingat mereka lagi, karena di dunia ini memang tidak ada yang abadi, ada masanya orang naik ke puncak tangga teratas, kemudian turun perlahan, akhirnya tak diingat orang lagi. Tak ada nama yang abadi, kecuali hanya ada satu nama yang luar biasa dahsyat dan paling diingat orang dalam sejarah, yakni Yesus Orang Nazaret.

Roti kehidupan.
Nama yang luar biasa dahsyat. Seseorang di sebutkan dari satu tempat, hal itu menunjukkan atas eksistensi atau ada sesuatu yang istimewa pada dirinya. Nama orang adalah fungsi untuk membedakan identitas orang yang satu terhadap yang lain, sedangkan gelar atau sebutan adalah argumen yang menjelaskan kekhasan pemilik nama tersebut yang meliputi : asal-usul, status sosial, kekuasaan [power], tempat tinggal, karakter, kegemaran atau kebiasaan dan gelar selalu unik. Yesus Orang Nazaret, Orang Nazaret menjelaskan bahwa pemilik nama Yesus pernah tinggal dan dibesarkan di Nazaret. Yesus artinya Tuhan adalah keselamatan. Ia membawa kuasa ilahi dari Dia yang mengutus-Nya, yaitu Bapa yang ada di Sorga. Penyebutan nama-Nya sudah menunjukkan kehadiran diri-Nya dan menggetarkan semua penguasa atau penghulu kuasa kegelapan di udara. Kehadiran-Nya seperti magnet, yakni mempunyai daya tarik luar biasa, orang banyak dari mana saja mengikuti ke mana pun Dia pergi. Pemuridan, pengajaran, teguran, ajakan, nasihat, hardikan, menyembuhkan penyakit, bersikap empati, memberkati, mengampuni dosa, mengusir roh jahat, membangkitkan orang mati, dan perbuatan luar biasa [mujizat] adalah semua tindakan yang dilakukan oleh Yesus.

Setiap kali Yesus mengakhiri pangajaran di rumah ibadat, semua orang selalu dibuat takjub, karena Dia mengajar mereka sebagai orang yang mempunyai kuasa, tidak seperti kebanyakan ahli Taurat [Matius vii:28-29]. Seorang penderita kusta disembuhkan dan seorang perempuan yang menderita sakit pendarahan selama 12 tahun meyakini penyakitnya bisa sembuh, asal saja bisa menjamah jubah-Nya [Matius ix:3 dan 20-21; Markus v:27-28]. Seorang bangsa kafir, komandan pasukan Romawi percaya penuh kepada-Nya, bahwa dengan beberapa kata saja diucapkan di situ, pelayannya yang sedang sakit dirumah pasti sembuh [Matius viii:13]. Semua perbuatan luar biasa supranatural ini karena Roh Tuhan ada di dalam diri-Nya.

Lalu apanya yang luar biasa dahsyat dari nama-Nya? Bagi orang yang percaya kepada-Nya, setiap perkataan yang keluar dari mulut-Nya adalah firman hidup yang memberi kekuatan bagi jiwanya. Anda tahu siapa itu Mahatma Gandhi? Ia adalah tokoh perjuangan bagi bangsa India, di negaranya, dia dikenal sebagai orang Hindu yang Kristen, karena perjuangan hidupnya melawan penjajahan Inggris terinspirasi dari Khotbah Di Bukit yang terkenal itu mendasari perjuangan dengan jalan kasih [ahimsa]. Kasih adalah landasan seluruh ajaran Kristus, kasihilah Tuhan, Allah-mu dengan segenap hatimu dan dengan segenap akal budimu. Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri [Matius xxii:37 dan 39].

Pada akhirnya Yesus Kristus memberikan kuasa menyembuhkan penyakit dan mengusir setan kepada semua orang percaya, termasuk Anda. Dengan iman sebutlah nama Yesus Orang Nazaret dalam satu permohonan kepada Allah di Sorga, maka tergetarlah semua penghulu kuasa di udara, yakni segala kuasa jahat [the evil]. Anda mempunyai kuasa mengusir semua roh jahat sebagaimana Yesus mengusir Legion dari dalam jiwa orang Gerasa [Markus v:8]. Cobalah Anda sebutkan nama lain, misalnya di dalam nama Muhanda orang Garut, keluarlah kamu roh jahat dari jiwa orang ini. Tak ada kuasa apa pun dari pemilik nama ini untuk mengusir semua roh jahat dari dalam jiwa seseorang.  

Nama yang paling diingat. Salah besar kalau ada yang mengatakan bahwa Yesus terletak di urutan kesekian dalam daftar semua orang terkenal di dunia. Bayangkan saja, ada seorang penulis buku yang meletakkan nama Yesus dalam urutan setelah Adolf Hitler, diktator Jerman yang memerintahkan pemusnahan bangsa Yahudi di Eropa semasa Perang Dunia II dari 1939 sampai 1945. Perhatikanlah dengan cermat, penanggalan internasional yang digunakan sekarang adalah penanggalan yang berdasarkan kelahiran Yesus Orang Nazaret ini. Semua penemuan arkeologi di dasarkan pada tahun kelahiran-Nya, yakni pernyataan sekian tahun sebelum Kristus [Anno Dominnee atau Before Christ, artinya sebelum Kristus]. Al Quran menyebut nama Yesus sebanyak lebih 90 kali [orang Islam menyebut Yesus sebagai nabi Isa al Maseh]. Penyebutan tahun sering disertai dengan tanda tahun M atau SM, misalnya 1580 – 1620 M atau 976 – 856 sM, penyebutan M atinya Masehi dan SM, artinya sebelum Masehi. Penyebutan Masehi merujuk pada kata al Maseh, karena orang Islam menyebut Yesus Kristus dengan nama Isa Al Maseh Alaihu Salam. Pemeluk agama Islam di seluruh dunia diperkirakan 1 milyar orang, artinya orang sebanyak ini menyebut nama Orang Nazaret ini setiap hari menurut cara mereka, apa alasan John Lennon dapat mengatakan, bahwa dia lebih terkenal daripada Yesus Orang Nazaret.

Walaupun banyak gereja baik di Amerika maupun di Eropa semakin kosong, mereka selalu mengatakan : “ Oh, Jesus!!!”, apabila menjumpai sesuatu yang menakjubkan. Yesus memang paling diingat dalam sejarah, karena banyak perbuatan menakjubkan yang pernah dilakukan ketika Dia masih ada di dunia; dan semua perbuatan menakjubkan ini diceritakan generasi demi generasi sampai sekarang.

Jangan hanya bisa mengingat nama-Nya saja, tetapi mulai sekarang tetapkanlah hati Anda untuk tetap menjadi murid-Nya, dan Anda mendapatkan kasih anugerah dari Allah melalui Orang Nazaret ini. Semua orang percaya adalah anak Kerajaan Sorga yang mewarisi kuasa sorgawi atas kehendak Allah di dalam Yesus Kristus sehingga di mana pun Anda berada kedahsyatan Kristus pun menyertai Anda [Roma viii:17].-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar