Jumat, 08 Februari 2013

Hidup Berbahagia Bersama Hipertensi

Lingkungan tenang menurunkan hipertensi.
Hipertensi adalah nama sebuah penyakit yang sering membuat penderitanya pusing tujuh keliling apabila penyakit ini sedang datang. Hidup berbahagia bersama Luna Maya memang dambaan setiap pemuda lajang yang sudah kebelet ingin menikah, tetapi Anda, jika termasuk seorang penderita hipertensi memang diminta hidup berbahagia berdampingan dengan makhluk yang bernama hipertensi, supaya Anda juga dapat menikmati hidup normal sebagaimana sebelum Anda mengidap penyakit ini. Dulu sewaktu masih sehat, Anda diajarkan mengelelola kesehatan dengan norma-norma ilmu kesehatan, misalnya setiap hari meluangkan satu jam untuk olah raga, makan makanan yang sehat dengan gizi yang seimbang dan seterusnya. Tetapi begitu Anda mengidap hipertensi, pengelolaan dialihkan terhadap penyakit hipertensi Anda. Bagaimana menikmati hidup berbahagia bersama hipertensi? Bagaimana itu, ya?

Tekanan darah. Voluma darah di dalam tubuh orang dewasa adalah 5 liter, darah ini bersirkulasi di dalam tubuh melalui pembuluh darah utama, yaitu arteri dengan jantung yang berfungsi sebagai pompa darah; setelah beredar ke seluruh jaringan tubuh, darah kembali ke jantung melalui pembuluh barah balik, yaitu vena. Ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh, timbul tekanan di seluruh pembuluh darah arteri, tekanan ini disebut sistolik. Setelah jantung selesai memompa, tekanan dalam pembuluh arteri menurun, yaitu selama jantung beristirahat atau waktu di antara denyutan, tekanan pada saat ini disebut diastolik. Tensi artinya tekanan atau tegangan, sedangkan hiper artinya luar biasa atau di atas super. Kita sudah terlalu sering mendengar kata super, seperti super market, super power, super man. Super market sekarang dirasakan kecil, kini muncul yang disebut hyper market. Jadi yang disebut hypertension [dalam istilah kedokteran berbahasa Inggeris] atau hipertensi adalah tekanan darah yang berlebihan menekan dinding pembuluh arteri di luar kenormalan. Berapa tekanan darah yang normal ? Menurut standard World Health Organization hubungan kenormalan antara sistolik dan diatolik [S/D] adalah : normal, =<140 mmHg/=< 90 mmHg; ambang batas, 141-159 mmHg/91-94 mm Hg; hipertensi, =>160 mmHg/=> 95 mmHg.

Kalium di dalam pisang menurunkan hipertensi.
Atherosclerosis. Jika kondisi tekanan darah mempunyai kecenderungan mudah naik telah diketahui sejak dini, perawatan terhadap hipertensi tentu akan lebih mudah ditangani dengan cara mengontrol secara rutin tekanan darah; karena penyakit ini memerlukan waktu antara 10 sampai 20 tahun kemudian untuk merusak kesehatan tubuh Anda. Jika total kolestrol [LDL & HDL] dan trigliserida dalam keadaan di luar batas kenormalan, yakni LDL, 139 -150 mg/dl, HDL, 40 - 75 mg/dl, dan trigliserida, =< 150 mg/dl, lama-kelamaan substansi lemak ini [LDL & trigeliserida] ditambah tekanan darah yang ada merembes ke bagian dalam dinding arteri dan mengendap sebagai plaque sehingga pembuluh darah menjadi mengeras dan berkurang elastisitasnya. HDL memiliki struktur molekul lebih besar dibandingkan dengan LDL, tetapi lebih lunak dan kehadirannya mengusir LDL. Sebaliknya LDL memiliki struktur molekul padat dan dapat mengendap sebagai plaque di dalam pembuluh darah. Proses pengendapan lemak di sepanjang arteri sampai menjadi plaque yang mengeraskan pembuluh darah ini disebut atherosclerosis, yakni penyakit pengerasan pembuluh darah. Merokok, minuman keras, dan sering makan makanan yang tinggi kalori akan meningkatkan resiko atherosclerosis [lihat gambar].

Jika penimbunan plaque semakin banyak, tekanan darah semakin tinggi karena jantung bekerja ekstra keras supaya dapat mendorong darah ke seluruh pembuluh dan jaringan tubuh. Hal ini seumpama pipa saluran air di rumah Anda yang semakin lama penuh dengan ganggang dan kotoran lain, maka dibutuhkan tekanan air dari pompa yang semakin besar supaya air dapat mengalir ke dalam tangki. Seorang penderita hipertensi kronis, serabut otot pada jantungnya menegang melampaui batas karena jantungnya bertahun-tahun harus kerja ekstra keras memompa darah sehingga akhirnya volume bilik jantungnya membesar; dan akhirnya tiba pada suatu waktu kemampuan jantung memompa darah menjadi tidak efektif lagi. Sesuai menurut hukum PV dalam fisika, bahwa jika voluma, V ruangan diperbesar [ruangan bilik jantung], tekanan, P menjadi diperkecil, akibatnya adalah darah dan air semakin banyak tertimbun di dalam paru-paru sehingga penderita kadang-kadang mengalami sesak nafas.

Karena adanya pengaruh gaya tarik bumi [gravitasi], jika penderita dalam posisi berdiri atau sedang duduk dengan kaki tergantung, darah yang turun ke bawah akan mengalami kesulitan untuk kembali ke dalam serambi jantung, akibatnya adalah darah dan air semakin tertimbun di dalam kaki sehingga kaki penderita akan menjadi bengkak. Penderita akan merasa haus terus karena air yang ada banyak tertimbun di dalam kaki. Penderita dalam kondisi ini disebut mengalami congestive heart failure [CHF], yakni kegagalan jantung menjalankan fungsinya. CHF adalah akibat yang mengerikan dari hipertensi.

Stroke. Penderita penyakit hipertensi memiliki potensi mengalami stroke, serangan jantung [heart attack], dan gagal ginjal. Stroke terjadi, karena penyediaan darah di bagian otak mengalami gangguan atau pembuluh darah rambut di dalam otak yang tidak elastis lagi pecah akibat mengalami tekanan darah yang meningkat di luar kenormalan, sehingga penyediaan darah yang membawa oksigen yang dibutuhkan oleh otak akan mengganggu bahkan melumpuhkan syaraf pada bagian tubuh tertentu. Jika terjadi kerusakan pada bagian otak sebelah kanan, kelumpuhan terjadi pada bagian tubuh sebelah kiri, karena otak kanan mengendalikan bagian tubuh sebelah kiri; begitu juga dengan sebaliknya.

Serangan jantung. Serangan jantung terjadi apabila otot jantung, koroner arteri kanan atau kiri sekonyong-konyong tidak mendapat aliran darah karena mengalami sumbatan berupa gumpalan darah atau lemak. Gender lelaki lebih banyak kemungkinan mendapat serangan jantung dibandingkan dengan perempuan, orang yang merokok dan sering minum kopi lebih besar kemungkinannya mendapat serangan jantung. Orang yang terkena serangan jatung wajahnya tampak kebiruan karena darah kekurangan oksigen.

Gagal ginjal. Di dalam ginjal terdapat jaringan penyaringan mikroskopis yang dinamakan nephron. Hasil limbah metabolisme tubuh disaring oleh nephron ini dan dibuang ke dalam air kencing. Jika pembuluh rambut di dalam ginjal menyempit karena endapan plaque dan tekanan darah yang semakin tinggi, aliran darah yang menuju ke nephron akan berkurang sehingga fungsi penyaringan limbah di dalam ginjal terganggu; sehingga mengakibatkan limbah yang seharus keluar ke dalam air kencing, tetapi justeru balik kembali ke dalam darah. Limbah seperti ureum, yakni metabolisme dari protein yang semakin banyak dan beredar-edar di dalam darah terjadi karena kegagalan ginjal tidak berfungsi sebagaimana seharusnya. Jika ginjal sama sekali tidak berfungsi, diperlukan mesin dialysis untuk mencuci darah secara kimia dan mekanis selama lebih kurang 4 jam.

Natrium. Natrium di dalam air pada umumnya berbentuk sebagai persenyawaan natrium chlorida [NaCl]. Unsur natrium memegang peranan penting dalam masalah hipertensi karena itu akan dibahas agak lebih terinci. Di dalam perdagangan Anda menjumpai natrium disebut sebagai sodium. Natrium khlorida butiran berwarna putih rasanya asin dan biasa disebut sebagai garam dapur [table salt] yang kita gunakan untuk memasak makanan. Garam ini terdiri dari, 40 persen natrium dan 60 persen khlorida.


Jadi perbandingan antara garam [NaCl] terhadap natrium adalah 100 banding 40 [5:2] atau garam [NaCl]= [5/2] x natrium [Na] atau natrium = [2/5] x garam [NaCl]. 


Jika Anda menjumpai suatu produk makanan mengandung 100 mg natrium [tertulis pada labelnya], artinya produk makanan ini mengandung garam sebanyak := [5/2] x 100 := 3570 mg garam. oduk makanan mengandung 100 mg natrium [tertulis pada labelnya], artinya produk makanan ini menganduNatrium terdapat di dalam makanan yang Anda makan selain sebagai garam dapur yang dikonsumsi secara nyata, natrium dikonsumsi juga secara tersembunyi dalam berbagai makanan, seperti daging hewan; kombinasi makanan siap saji, kue, dan kalengan, dalam bentuk mononatriumglutamate [bumbu masak], natriumbenzoat [zat pengawet], natriumbikarbonat [pengembang kue]. Natrium berperan sebagai : pemelihara keseimbangan kimiawi dan pengatur volume cairan tubuh, pengantar pulsa-pulsa syaraf, dan pembantu kontraksi jaringan otot.

Jika berat badan semakin meningkat, terdapat kecenderungan pengeluaran insulin yang semakin bertambah. Insulin adalah hormone yang diproduksi oleh pankreas untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Dengan bertambahnya insulin, penyerapan natrium dalam ginjal akan bertambah sehingga pengeluaran natrium dalam air kencing akan berkurang. Dengan bertambahnya natrium di dalam tubuh, jumlah cairan di dalam tubuh juga akan bertambah. Semakin banyak cairan termasuk darah yang ditahan, maka tekanan darah menjadi semakin tinggi. Garam dapur dalam jumlah sedikit dapat menambah kesedapan dan kelezatan makanan, sebaliknya dalam jumlah banyak dapat membahayakan tubuh [2,75 gram s/d 3 gram per kilogram berat badan]. Banyak orang sering tidak menyadari mengonsumsi banyak makanan sampai total natrium-nya telah melampaui batas, karena mereka beranggapan belum terasa asinnya. Jika Anda menjumpai suatu produk makanan bertuliskan “unsalted” [tak bergaram], artinya produk ini menggunakan garam secara normal; penggunaan garam yang baik terhadap kesehatan memang demikian, yakni mengandung garam, tetapi rasa asin tak sampai menyentuh lidah. Memang kelezatan makanan sering tidak sinkron dengan nilai kesehatan. Makanan yang rasa asinnya tidak sampai ke ujung lidah, pastilah rasanya tidak lezat. Kebutuhan minimum natrium per hari, bayi/remaja/dewasa, mg : 115-750/350-2700/1100-2700. Jika tekanan darah Anda mempunyai kecenderungan mudah naik atau telah mengidap hipertensi tingkat dini, mulai sekarang kurangilah konsumsi natrium Anda.

Kalium. Di alam bebas kalium tidak berdiri sendiri tetapi terikat dengan unsur lain. Di dalam tubuh manusia unsur ini bersenyawa dengan unsur khlor sebagai kalium khlorida [KCl]. Nama lain dari kalium adalah potassium. Di dalam tubuh manusia kalium merupakan unsur yang ketiga terbanyak sesudah kalsium dan fosfor, dan dua kali lebih banyak dibandingkan dengan natrium. Kalium berperan untuk menjaga semua jaringan otot, termasuk otot jantung berkontraksi dengan baik dan memberikan kesempatan bagi ginjal bekerja lebih efisien dengan menghemat natrium. Kalium banyak terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Peningkatan kalium di dalam darah mendorong penurunan natrium sehingga mencapai keseimbangan ion di dalam darah dan tekanan darah mencapai yang diperbolehkan. Beberapa buah sebagai sumber kalium, yakni pisang, anggur, kiwi, jeruk, tamarind [asam Jawa], dan strawberry. 

Say no to … Katakan tidak terhadap kopi, rokok, jamu, junk food, snack, dan ... sex bebas. Kopi jelas mengandung cafein, yakni suatu zat yang merangsang kerja jantung memompa darah lebih banyak lagi ke dalam pembuluh arteri dan seluruh jaringan supaya otak akan lebih banyak lagi mendapat pasokan oksigen. Banyak beredar di masyarakat minuman energy instant yang mengandung cafein diiklankan oleh produsennya sebagai minuman yang memberikan effek pada tubuh segera berenergy sehingga orang yang meminumnya mempunyai tenaga ekstra bekerja lebih lama dari biasanya. Logikanya, bagaimana pun juga Anda harus beristirahat cukup, karena jika Anda memaksa diri, berarti Anda memaksakan seluruh sistem di tubuh Anda bekerja keras sehingga pada suatu saat ada bagian yang paling lemah terkena lebih dulu akibatnya, misalnya ada arteri yang pecah atau lever yang mengeras, dan seterusnya.

Saya sering membaca dari surat kabar, walaupun terdengarnya lebih subyektif daripada obyektifnya, bunyi beritanya begini, seorang laki-laki tua mati tergeletak di atas perut seorang pelacur muda. Tampaknya si kakek ini overdosis obat kuat membuat jantung harus kerja keras, … yang berakhir dengan kematiannya. Orang yang melakukan hubungan seks bebas biasanya ingin mencari sensasi yang tidak pernah dia dapat dari isterinya, maka dia berusaha mendapatkannya walaupun dia menyadari, bahwa cara yang ditempuhnya membahayakan kesehatannya. Seorang pendeta pernah berkata dalam khotbahnya, bahwa laki-laki yang sering selingkuh, cenderung lebih mudah terkena stroke. Ya, betul, Tuhan sendiri memberi perintah, jangan berzinah.

Sekali Anda mengisap sebatang rokok, maka sejumlah racun, seperti nikotin, karbonmonoksida, hidrogensianida, ammonia, formaline, acetone, vinyl khlorida, bahkan beberapa zat kimia lain yang bersifat radio aktif, seperti polonium masuk ke dalam darah dan segera diikat oleh haemoglobin sehingga Anda kekurangan pasokan oksigen. Tiga racun yang pertama sangat kita kenal, yaitu nikotin, suatu zat cair yang tak berwarna, berminyak, larut di dalam air, ekstraknya digunakan sebagai pestisida, dan memberi kontribusi peningkatan denyut jantung; karbonmonoksida, suatu gas yang dilepaskan dari hasil reaksi pembakaran bensin dan oksigen didalam mesin mobil; hidrogensianida, suatu gas sangat beracun yang dapat mengentalkan darah.

Mengonsumsi minuman beralkohol [alcoholic drink] dalam jumlah yang terbatas dapat ditoleransi akan memberikan effek yang baik terhadap tubuh, yakni satu gelas kecil anggur, sampanye, sake [30 ml] atau satu kaleng beer per hari. Namun, minuman beralkohol tidak dianjurkan mengingat effeknya dalam jangka panjang dapat menyebabkan kecanduan. Anda mulai saat ini memang harus menjauhi udang dan cumi-cumi, makanan laut yang tinggi protein, tetapi sangat sarat dengan kolestrol. Jika Anda rindu menikmati lezatnya udang atau cumi-cumi, cukup makan kakinya saja, dagingnya berikan untuk saya, well, okay?

Say yes to … Katakan ya terhadap komsumsi air mineral yang banyak, banyak makan sayuran hijau, minum juice, buah-buahan, sayuran atau kombinasi keduanya, memperluas pergaulan sehat, dan memiliki kebiasaan yang bermanfaat. Air mineral adalah zat cair diuretic yang paling murah. Air akan menurunkan natrium di dalam darah, sementara untuk menggantikan kalium yang ikut terbuang bersama air kencing dapat diganti dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Semua daun boleh dimakan, kecuali daun pintu dan daun jendela. Sering menghadiri persekutuan kebaktian bersama dan menghindari percakapan yang tidak berguna [gossip]. Melihat pemandangan sejauh mata memandang di laut atau dipegunungan, memelihara binatang seperti ikan di dalam aquarium, anjing, kuda, atau kucing dan hobby berkebun baik untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Latihan fisik. Anda melakukan kegiatan fisik secara rutin, seperti jalan kaki, jogging, mendayung sepeda, berenang, dan senam ringan paling sedikit satu jam sehari akan membantu menjaga tekanan darah tetap normal. Anda tidak dianjurkan melakukan olah raga angkat beban karena latihan ini terlalu menegangkan otot sehingga dapat membahayakan pembuluh darah apabila Anda mempunyai kecenderungan tekanan darah mudah naik.   

Atmosfir.  Suasana rumah tinggal yang tenang adalah satu keharusan, menikmati alunan musik slow rhythm, romantic, atau klasik ringan, seperti Frederick Franchois Chopine, Johann Strauss, Trio Bimbo, and so on. Saya pikir Michael Jackson bukan teman yang cocok menemani Anda dibandingkan dengan John Lennon dan teman-temannya. Atmosfir demikian sangat membantu relaksasi fikiran sehingga beban emosi berkurang. Musik klenengan dari Jawa Tengah atau degung dan tiupan suling bambu dari Cianjuran juga dapat menenangkan pikiran.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar