Kamis, 05 Juli 2012

Hidup Bahagia Bersama Diabetis Mellitus

Selamat berkenalan dengan diabetis mellitus, ratu dari semua penyakit degeneratif yang paling tidak disukai. Ah, siapa yang suka kena penyakit sekecil apa pun? Walaupun panu penyakit tidak mematikan tubuh, tetapi dia bisa mematikan rasa percaya diri. Diabetis mellitus [DM] adalah satu penyakit yang disebabkan oleh berkurangnya fungsi pankreas untuk memproduksi insulin sehingga kadar glukosa di dalam darah semakin meningkat dan mengentalkan darah sampai pada satu keadaan yang membahayakan kesehatan tubuh manusia. Fungsi pankreas berkurang dapat disebabkan karena lifestyle yang salah, faktor usia semakin tua, dan bawaan sejak lahir.

Apple Pie. Kue berkalori tinggi.
Pada mulanya semua organ berjalan sebagaimana seharusnya, dimulai dari makan nasi sebagai sumber karbohidrat, lauknya telur ayam goreng atau daging sebagai sumber protein, dan sayuran sebagai sumber makanan kaya serat. Metabolisme mengubah karbohidrat dari nasi menjadi glukosa yang mengalir di dalam darah. Glukosa digunakan untuk menghasilkan energi sebagian lainnya disimpan di hati [lever] dan jaringan otot sebagai glikogen. Jika glukosa melebihi yang dibutuhkan, insulin akan mengeliminasi kelebihan ini untuk diubah menjadi energi dan jaringan lemak. Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Sebagian glukosa ada yang diubah jadi asam lemak dan gliserol, lalu keduanya bersenyawa membentuk trigliserida yang beredar-edar di dalam darah dan disimpan di sel-sel lemak sehingga semakin lama tubuh menjadi gemuk seterusnya ke tingkat obesitas. Jika berat badan semakin meningkat, terdapat kecenderungan pengeluaran insulin yang semakin bertambah. Dengan bertambahnya insulin, penyerapan sodium [Na] dalam ginjal akan bertambah sehingga pengeluaran sodium dalam air kencing akan berkurang. Dengan bertambahnya sodium di dalam tubuh, jumlah cairan di dalam tubuh juga akan bertambah. Semakin banyak cairan termasuk darah yang ditahan, maka tekanan darah menjadi semakin tinggi. Tekanan darah yang normal [sistolik/diastolik] adalah <140/<90 mm Hg. Hipertensi adalah penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah yang cenderung semakin naik. Seseorang dinyatakan hipertensi, jika tekanan darah sistolik dan diastoliknya mencapai >160/>95 mm Hg. Hipertensi adalah satu penyakit yang mempunyai hubungan dengan penyakit jantung, gagal ginjal, stroke, mata, dan telinga. Dengan puasa selama 10 jam, jika kadar glukosa di dalam darah antara 80 sampai dengan 110 mg per dl, Anda tergolong sehat; sampai 200 mg per dl Anda mempunyai kecenderungan gula darah mudah meningkat; di atas 200 mg per dl Anda tergolong penderita penyakit ini. Dalam keadaan yang sangat parah sekali, yakni sampai >>> 500 mg per dl dapat mengakibatkan kebutaan mata dan bagi the man … woooooow mengerikan man, dahsyat, … Mr. Pennis mogok total, tal, tal, tal alias sangat lemas tak berdaya [no power to penetrate a hole of leisure]. Jadi, cukup beralasan mengapa diabetis mellitus, ratu penyakit degeneratif ini ditakuti oleh banyak orang, karena dari satu penyakit bisa menimbulkan komplikasi penyakit lain.

Nasi goreng teri. Makan secukupnya saja.
Karena mekanisme tubuh sudah tidak mempunyai pengendali glukosa, hal ini menyebabkan hati dengan bebas melepaskan cadangan glikogen diubah menjadi glukosa di dalam darah. Lalu Anda mencoba menurunkan kadar glukosa dengan minum tablet penurun glukosa. Orang yang tergolong berat mengidap penyakit ini harus menyuntikan insulin sendiri ke dalam tubuhnya. Jika persediaan glukosa di hati tidak mencukupi, protein dan jaringan lemak juga diubah menjadi glukosa sebagai sumber energi, sehingga semakin lama tubuh akan semakin susut. Jangan Anda menjadi sedih karena sekarang telah divonis mempunyai penyakit DB. Repot betul, kalau sudah terkena DB. Kalau kadar gula turun, ditandai dengan banyak keluar keringat dingin, badan lemas, dan pusing tanpa daya bahkan kalau sampai telat minum air gula, bisa menyebabkan pingsan; kalau kadar gula naik tak terkendali, ditandai dengan badan mudah mengantuk dan mudah tidur.

www.theglobejournal.com/kesehatan/tujuh-juta-orang-indonesia-kencing-manis/index.php Apabila saat ini Anda masih bebas dari DM, tetapi tergolong badan subur dan suka makan enak, mulailah dari sekarang dengan kebulatan tekad mengubah gaya hidup; karena penyakit ini lebih banyak diderita oleh orang yang gaya hidupnya salah, yakni sangat sedikit kegiatan fisik, tetapi banyak konsumsi makanan tinggi kalori dan sedikit serat. Anda masih mau membantah, sok pinter, enak itu relative, man. Kalau Mr. Pennis sudah mogok total, baru tahu rasakan sendiri dan sesal kemudian tak ada gunanya. Biasanya makanan enak itu memang mengandung banyak zat yang membuat Anda ketagihan, makan lagi, tambah terus, kapan lagi selagi masih hidup. Beberapa zat yang membuat Anda ketagihan itu, antara lain, garam, monosodium glutamate [penguat rasa], butter atau maragarine, minyak goreng, dan gula. Ini baru zat pembuat enak di lidah Anda, belum terhitung bahan baku utamanya.

Banyak teman saya tetap bahagia, walaupun sekarang mengidap DB. Apa rahasianya? Inilah sebagian cerita pengalaman mereka. Kurangi porsi makanan karbohidrat, lakukan substitusi jenis karbohidrat lain dan tingkatkan kuantitas makanan serat. Gunakan nasi dari beras merah atau dari beras yang masih mengandung banyak bekatulnya. Roti gandum, ubi rambat dan kentang juga baik digunakan sebagai substitusi dari nasi. Porsi nasi 50 - 100 gram setiap kali makan, pagi atau siang, sementara makan malam lewatkan saja atau diganti dengan jus buah dan sayur tanpa gula. Apabila teman saya ingin makan singkong [cassava], ta.pe [fermented cassava], atau makanan kecil, tidak perlu lagi dia makan nasi juga. Pisang Ambon [large green banana] tergolong buah yang mengandung karbohidrat.  Jangan lupa minum cuka appel, 1 atau 2 sendok makan setelah makan. Gunakan gula fruktosa untuk mengonsumsi minum teh atau kopi. Bahkan mereka  sudah terbiasa dengan teh atau kopi pahit. Juice kacang panjang dapat membantu meningkatkan fungsi pankreas [Dr. Nainggolan dari RS Advent Bandung]. Penderita penyakit DB mudah mengalami keletihan dan kehausan, maka olah raga yang tepat adalah jalan kaki setiap hari selama 1 jam saja. Bagaimana dengan kolak ketan durian? Jika bilangan gula darah Anda telah mencapai >>> 300 mg/ dl, say good bye to this food! Karena bahan utama makanan ini, yakni ketan dan durian mengandung karbohidrat tinggi. Rasanya memang sangat enak, tetapi sekali lagi lupakan saja.

Jangan percaya dengan semua mitos di sekeliling DM ini, misalnya minum jamu yang pahit atau minum rebusan akar pahit pohon anu. Semuanya itu bullsheet! Logikanya begini, kalau minum kopi atau teh kemanisan, tinggal minum cairan yang pahit sebagai pelawannya, maka gula pembawa manis akan otomatis turun. Minumlah jamu akar pahit satu ember, selama pankreas mempunyai masalah, maka glukosa tetap beredar-edar di dalam darah. Penyakit DB tidak dapat dihilangkan sama sekali, tetapi paling sedikit dapat diminimalkan. Beberapa tanaman herbal yang telah terbukti dapat  meminimalkan DB adalah daun mimba, brotowali, dan sambiloto, rebusan airnya diminum setiap hari. Kelebihan obat herbal adalah tidak mempunyai effek sampingan terhadap tubuh manusia.


Jangan lupa memanjatkan doa kepada Tuhan dan sempatkan diri membaca firman-Nya setiap hari. Penyakit DB bukan disebabkan karena kutukan atau hukuman dari Tuhan melainkan pada mulanya penderita melakukan gaya hidup yang salah, ubahlah itu mulai dari sekarang.. Ingat saja dalam salah satu paragraph doa Bapa Kami, yaitu berilah kepada kami makanan yang secukupnya. Saya juga senang makan ayam goreng Kentucky Fried Chicken, hotdog Mc Donald atau Wendy’s, doughnut Dunkin Dounut, makanan pasta Italy, beef steak, pancake, minum Coca Cola atau Pepsi Cola, dan seterusnya, tetapi saya harus ingat dengan pesan dari Sorga, yaitu makanlah secukupnya saja.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar