Sabtu, 14 April 2012

Yesus Tumbal Maha Sempurna Datang Dari Sorga

Temanku, Freddy telah menyelesaikan pekerjaan memindahkan pompa air ke tempat yang lebih rendah dari semula. Pemasangan semula dilakukan oleh tukang pompa air, pompa diletakkan 1 meter lebih tinggi di atas tanah, ternyata daya sedotnya kurang dari semestinya sehingga debit air menuju ke tangki juga ikut berkurang, sehingga pengisian air ke dalam tangki menjadi lambat. Tukang pompa tidak dapat dihubungi lagi, karena sibuk dengan order pelanggan barunya. Jika Freddy menunggu tukang pompa menyelesaikan pekerjaan dengan pelanggan lainnya, terlalu lama dia menunggu, dia memutuskan, dia sendiri melakukan pemindahan pompa ini.

Ia mengukur beberapa titik yang akan disambung dengan pipa pvc. Dibutuhkan 3 meter pipa pvc diameter ½ inchi dan 1 meter pvc diameter ¾ inchi, 2 elbow, 2 reducer ¾ - ½ , dan lem pvc. Ia memang bukan tukang pompa air, maka pada awalnya memulai pekerjaan ini, tampak betapa tidak effisien menggunakan material, tetapi setelah melewati waktu beberapa jam kemudian dia mulai cerdas, bagaimana menyambung dua batang pipa dengan sok. Lem dioleskan kira-kira 1 cm dari ujung pipa sehingga ketika pipa dimasukkan ke dalam sok, tidak ada lem yang berlebihan melekat di dalam sok. Akhirnya, pekerjaan ini selesai dalam waktu 6 jam. Sejauh mana kesempurnaan pekerjaan yang telah dilakukan oleh teman kita, Freddy? Lebih sempurna dibandingkan tukang pompa sebelumnya, karena dia menambahkan saluran by pass dan tidak ada kebocoran antar sambungan ketika pompa dihidupkan.

Sempurna menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, artinya utuh dan lengkap segalanya [tidak bercacat dan bercela]. Satu pekerjaan yang telah dilaksanakan tanpa cacat dan cela adalah pekerjaan sempurna. Perfect! Tetapi adakah yang sempurna di dunia ini? Di dunia ini tidak satu pun yang sempurna, tetapi manusia dituntut hidup yang semakin sempurna dalam segalah perkara, termasuk perkara berurusan dengan Tuhan, karena Dia pemilik kesempurnaan yang Maha Sempurna. Jika kesempurnaan hanya milik Tuhan semata, pekerjaan yang telah dilakukan oleh Tuhan dipandang sebagai kesempurnaan Tuhan; Penciptaan adalah wilayah pekerjaan yang telah dilakukan oleh Tuhan, maka manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Jika Tuhan menciptakan segala sesuatu dengan sempurna, seharusnya manusia ciptaan-Nya juga sempurna. Kenyataannya manusia semakin jauh dari sempurna, semakin morat-marit, dan semakin bertambah jahat.

Bangsa Israel diperintahkan oleh Tuhan supaya memberikan persembahan korban penghapusan dosa berupa domba atau sapi lembu tak bercacat dan berpenyakitan. Tak bercacat dan tak berpenyakitan jika dirujuk menurut pengertian KBBI, maka korban penghapusan dosa harus sempurna, sedangkan yang datangnya dari manusia tidak satu pun yang sempurna. Apakah ada hewan di dunia ini yang seratus persen sempurna tak berpenyakitan dan tak bercacat? Tuhan melihat kesempurnaan manusia bukan dari yang tampak menurut mata manusia melainkan menurut apa yang tersirat di dalam hati manusia, yakni sejauh mana upaya manusia untuk menyenangkan hati Tuhan. Coba perhatikan perbandingan ini, ada orang yang dilahirkan dengan semua anggota tubuh yang lengkap; sebaliknya ada orang yang dilahirkan hanya memiliki dua kaki saja dan kelima jari kakinya, kedua lengan tak ada. Kebanyakan orang pasti berkata, bahwa orang pertama dilahirkan sempurna, sedangkan orang kedua tidak sempurna. Kenyataannya, banyak orang cacat secara fisik melakukan perbuatan mulia, sebaliknya banyak orang sempurna secara fisik melakukan perbuatan tidak mulia, seperti mengemis di pinggir jalan mencari belas kasihan orang lain atau menjadi koruptor mencuri uang rakyat. Tuhan melihat kesempurnaan hati, sebaliknya manusia lebih mengutamakan kesempurnaan fisik. Ini yang membedakan antara kesempurnaan di mata Tuhan dengan kesempurnaan di mata manusia.

Manusia dari berbagai bangsa dan agama berupaya sekuat tenaga supaya ibadatnya diterima oleh Tuhan. Ada yang suka menetap di tempat-tempat terpencil untuk menjauhi godaan dunia, misalnya di pegunungan atau di desa-desa. Ada yang  berlaku hidup miskin, biasa makan 3 kali sehari, sekarang 1 kali sehari, setengah piring saja sekali makan, dan lauknya garam dan tempeh saja. Ada yang rajin melakukan amal atau suka memberi sedekah kepada fakir miskin dan doanya kecang siang dan malam. Semua upaya seperti ini tidak ada satu pun yang dapat menyempurnakan kualitas hubungan dengan Tuhan, karena semua yang berasal dari bumi tidak ada yang sempurna; sebaliknya yang berasal atau turun dari Sorga adalah sempurna. Yesus Kristus adalah manusia yang sangat sempurna, yakni tanpa dosa, karena Dia hadir dari benih Roh Kudus yang membuahi kandungan Maria. Ia adalah Tuhan yang berbicara di tengah kehidupan manusia.

Yesus Kristus mati di kayu salib satu hari menjelang peringatan Paskah Yahudi. Ada dua alasan mengapa Yesus harus mengalami kematian-Nya, pertama, karena Dia turun dari Sorga melalui cara manusia, yaitu dilahirkan dari rahim seorang perempuan, maka Dia juga harus mengalamai kematian seperti manusia; dan dalam kemanusiaan-Nya, Dia adalah orang Yahudi yang takluk terhadap Hukum Taurat. Selama tiga hari Yesus Kristus berada di dalam hades, yaitu dunia tempat orang mati; kedua, karena tanpa kematian, maka tidak ada kebangkitan. Pada hari ketiga jasad Yesus bangkit dari kematian jasmani. Yesus dapat bangkit dari kematian-Nya, karena Roh Tuhan yang Maha Sempurna ada di dalam diri-Nya; berarti kemanusiaannya sempurna tanpa dosa. Ia dapat bangkit dari kematian-Nya menunjukkan, bahwa Dia adalah Tuhan yang berkuasa menaklukkan kuasa maut akibat dosa. Tubuh Kristus mati dikayu salib adalah perwujudan korban penghapusan dosa tak bercacat, sedangkan darah Kristus yang tercurah dari kayu salib adalah wujud kematian manusia berdosa, karena semua orang berdosa pasti akan mengalami kematian jasmani dan rohani. Jika Anda percaya dan menerima Kristus yang Maha Sempurna, Dia pun berkuasa menyempurnakan ketidaksempurnaan Anda. Betapa hebatnya perbuatan baik yang Anda lakukan tidak ada satu pun yang yang sempurna, tetapi iman Anda kepada Kristus menyempurnakan persembahan Anda kepada Tuhan.
 
Anda juga tahu, kan, betapa merajalela praktik korupsi di negeri ini, semakin hari semakin canggih saja cara yang digunakan koruptor untuk mengkorup uang rakyat. Semua orang pernah melakukan dosa dan kesalahan di hadapan Tuhan, tetapi semuanya ini tidak diperhitungkan oleh Tuhan pada saat hari Tuhan dinyatakan, jika Anda menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda. Semakin canggih, artinya, ya semakin sempurna. Orang Kristen juga banyak yang terlibat perkara dunia kejahatan. Jika Tuhan saja menghendaki Anda semakin sempurna beribadat kepada-Nya, Iblis juga menghendaki semua orang dunia semakin sempurna melakukan kejahatan. Dari sejak sebelum dunia ini dijadikan, Tuhan sudah menentukan siapa yang terpilih untuk diselamatkan. Jika Anda terhitung sebagai orang yang diselamatkan di hadapan Tuhan, peliharalah kesempurnaan yang telah Anda terima dari Sorga sampai ajal menjemput Anda. Anda tidak sendirian, karena Tuhan, Penjaga Israel yang tak pernah terlelap menjaga Anda. Anda harus semakin sempurna, karena Tuhan adalah pemilik kesempurnaan dan Sorga hanya mau menerima yang telah dimeteraikan oleh yang Maha Sempurna, yaitu Yesus Orang Nazaret.-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar