Rabu, 09 Mei 2012

Jagalah Ginjalmu !!!

Kita sudah sering mendengar kalimat yang bunyinya demikian, jagalah hatimu, jagalah mulutmu, jagalah jantungmu, jagalah matamu [terhadap penglihatan yang menyesatkan], jagalah langkah hidupmu, jagalah kelakuanmu, dan seterusnya, tetapi ada satu hal yang jarang diperhatikan oleh kita sehingga kita mengabaikan untuk menjaga organ yang satu ini. Apa itu? Ia itu namanya ginjal, yakni salah satu organ tubuh manusia yang berfungsi untuk menyaring air limbah metabolisme di dalam tubuh manusia. Di dalam tubuh orang dewasa dan sehat terdapat air sebanyak kira-kira 2 liter air. Air berguna untuk membawa keluar hasil metabolisme tubuh yang dapat menjadi racun bila tidak segera dikeluarkan.

Rotterdamsche beef steak. Tidak berlebihan dikonsumsi.
Ginjal itu seperti valve 3 pintu, pintu pertama adalah jalan masuk darah yang mengandung air didalamnya; pintu ketiga adalah jalan keluar darah; dan selama perjalanan mencapai pintu ke tiga darah dan air mengalami penyaringan, sejumlah air dan limbah lainnya keluar melalui pintu kedua ini – air dan limbah terus menuju kantung kencing dan kemudian dibuang. Sebelum memasuki pintu kedua terdapat membrane saringan, sementara darah tertahan dan terus mengalir kembali dikembalikan ke jantung, air dan limbah diloloskan melalui membrane ini. Apakah Anda pernah melihat ayakan [sieve]? Bentuknya bundar atau persegi, permukaan ayakan ditutup dengan membrane, yaitu lapisan anyaman kawat berlubang halus, apabila dilihat dibawah mikroskop, tampak permukaan setiap lubang membrane berbentuk segi empat sama sisi. Ukuran setiap lubang berbeda-beda dinyatakan dalam mesh. Jika sieve dinyatakan 200 mesh, artinya membrane mempunyai 200 lubang setiap inchi kuadrat; semakin tinggi bilangan mesh, maka semakin kecil lubang membrane sieve ini.

Letakkan tiga sendok makan kopi giling ke dalam ayakan, katakan saja ukuran 200 mesh. Goyangkan ke kiri dan ke kanan, maka kopi halus tersaring ke bawah, sedangkan yang lebih kasar tetap tertahan. Membran ayakan dapat mengalami gangguan penyaringan, yaitu lubang saringan dapat semakin lebar atau dapat semakin menyempit. Dibawah mikroskop, lubang membrane yang semakin lebar diperlihatkan dengan melebarnya keempat sisi lubang membrane, sebaliknya lubang membrane yang semakin sempit diperlihatkan dengan semakin banyak partikel menutupi lubang membrane. Kualitas penyaringan dapat ditingkatkan dengan menambah tekanan air, tetapi mengurangi umur membrane, karena dengan bertambahnya tekanan selalu ada kemungkinan pertikel yang lebih kasar tertahan secara paksa akibat tekanan ini; dan lama-kelamaan menjebol lubang membrane. Di dalam ginjal, membrane melakukan penyaringan mikroskopis ini biasa disebut nephron.

Buah semangka. Pencuci ginjal.
Nah, Anda sekarang sudah dapat membayangkan bagaimana kerja ginjal Anda, seperti ayakan yang telah saya jelaskan ini. Ginjal akan bekerja semakin keras, jika aktifitas tubuh semakin meningkat. Hindari makanan atau minuman yang dapat membuat ginjal bekerja terlalu keras, karena semakin umur bertambah, efisiensi kerja ginjal juga semakin menurun. Kholestrol dari jenis LDL, lemak di dalam darah, gula dalam darah berlebihan, kalsiumoksalat, pengentalan darah akibat trembophilia adalah sejumlah kasus yang dapat memberi kontribusi terhadap gangguan ginjal, bahkan dapat mengarah terhadap kegagalan ginjal. Timbunan lemak dan kholestrol tersebut dapat membuat penyempitan arteri, arteri yang semakin menyempit akan memaksa jantung bekerja lebih keras memompa jantung, akibatnya tekanan darah akan meningkat. Jika pembuluh arteri yang lebih besar mengalami timbunan lemak semakin banyak, selanjutnya pembuluh darah yang lebih kecil yang ada di dalam nephron akan semakin tersumbat juga. Jika semakin banyak nephron yang tersumbat, kerja fungsi ginjal semakin menurun, air limbah hasil metabolisme tubuh tetap beredar di dalam tubuh, semakin banyak, meracuni, dan kerja jantung semakin berat. Orang yang mengalami gagal ginjal, yakni ginjal tidak berfungsi lagi, maka pasien ini menjalani terapi hemodialisa, yaitu proses pencucian darah dengan mesin, biasanya dua minggu sekali. Mahal dan melelahkan.      

Ginjal mempunyai mekanisme otomatis mengatur kadar natrium di dalam darah. Jika tubuh mendapat peningkatan natrium, orang akan merasa haus, kemudian minum air lebih banyak sehingga kadar natrium diencerkan, kelebihannya kemudian dibuang melalui pembuangan air kencing. Jika penyaringan mikroskopis mendapat gangguan penyumbatan, semakin banyak garam terutama natriumkhlorida akan tertahan di dalam ginjal, semakin banyak cairan juga akan tertahan di dalam darah. Jika cairan di dalam darah, yakni air dan darah semakin banyak, tekanan darah juga akan semakin meningkat. Tekanan darah di dalam saluran pembuluh darah balik juga mempengaruhi kerja ginjal. Jika tekanan darah tinggi [>>> 120/80 mmHg], selalu ada kemungkinan kerusakan pada jaringan nephron.

Sebagian besar mineral yang mengendap di dalam ginjal sehingga membentuk batu ginjal. adalah kalsium, karena itu orang yang mendapat gangguan masalah ginjal, harus menghindari sebanyak mungkin makanan yang mengandung kalsium. Semua sayuran hijau seperti sawi hijau, caisim, bayam, brokoli, dan kangkung dan susu tinggi kalsium adalah sumber kalsium. Walaupun daging adalah sumber protein yang baik bagi tubuh, sebaiknya tidak berlebihan untuk mengonsumsi daging sapi, karena hasil metabolisme protein hewani ini adalah ureum yang harus dibuang melalui air kencing. Jauhi semua makanan yang berasal dari jeroan hewan, terutama sapi dan kambing, seperti usus, hati, limpa, jantung, dan hati, karena jeroan mengandung banyak kholestrol LDL. Banyak orang Indonesia menggemari sayur jengkol. Jengkol mempunyai kadar kalsium paling tinggi di antara sayuran yang saya sebutkan di atas, Anda harus ekstra hati-hati mengonsumsi jengkol, walaupun Anda dinyatakan sehat ginjal.

Minuman yang mengandung alkohol, seperti beer dalam jumlah sedikit baik bagi tubuh, yakni sebagi pencuci ginjal, sebaliknya jika Anda mengonsumsi terlalu banyak akan menjadi racun bagi tubuh Anda, Walaupun ureum, alkohol, dan beberapa persenyawaan garam kalsium larut di dalam air, mereka mempunyai berat molekul yang lebih besar dibandingkan dengan air, artinya mereka lebih viskos dibandingkan dengan air, sehingga menyulitkan penyaringan mikroskopis di dalam nephron. Jauhi minum air teh manis, panas, dan kental, karena teh mengandung banyak mineral silica. Jangan mengonsumsi secara berlebihan minuman yang mengandung soda. Untuk perawatan kesehatan ginjal, Anda dianjurkan minum rebusan 10 lembar daun kumis kucing dan 5 lembar daun kejibeling, 2 kali per minggu. Kalau Anda tidak mau repot merebus, di apotik sudah tersedia larutan ini dalam kemasan botol.

Cintailah ginjal Anda ini dengan minum air bersih dan sehat sebanyak sedikitnya 2 liter per hari. Cara minum air yang sehat adalah air diminum sedikit demi sedikit sampai mencapai kuota tersebut di atas. Buah semangka, apalagi bagian putih kulitnya baik untuk kesehatan ginjal Anda, air jus sayuran timun dan wortel juga baik sebagai pecuci ginjal. Paling sedikit Anda melakukan pemeriksaan air kencing setiap enam bulan sekali, karena keadaan air kencing Anda adalah cermin keadaan ginjal Anda. Warna air kencing yang baik adalah putih kekuningan.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar