Selasa, 25 September 2012

Jika Anda Sedang Sakit Liver …

Pada tubuh manusia terdapat organ tubuh yang disebut hati. Organ ini berfungsi antara lain : memisahkan racun dan kotoran metabolisme di dalam darah untuk dibuang ke usus, membuat empedu penghancur lemak, mengolah lemak pada pengangkutnya [carrier], yaitu protein dan termasuk penghasil kholestrol untuk energi tubuh sampai menghasilkan zat pembeku darah atau trombosit. Di Indonesia orang sering menghubungkan fungsi hati dengan pikiran manusia, yaitu memilah-milah pikiran jahat dan pikiran baik. Perbuatan baik berasal dari luapan pikiran sehat, sebaliknya perbuatan jahat berasal dari luapan pikiran tidak sehat. Manusia berjiwa sehat dapat dilihat dari prilakunya yang merupakan refleksi dari pikiran sehatnya. Demikian juga dengan fungsi hati, jika hati mengalami gangguan, hati tidak akan bekerja maksimal memisah racun dan kotoran dari dalam darah.

Nasi beras merah.
Gangguan fungsi hati terjadi dari yang ringan sampai serius, biasa disebut penyakit liver; bahkan sakit liver ini dapat berkembang terus menjadi hepatitis dan kanker hati. Gejala umum penyakit liver adalah kulit kusam berwarna kuning, mudah letih dan lemas, dan sering terserang penyakit. Penderita penyakit liver yang pada stadium akut, liver sudah mengalami pengerasan. Hal ini dapat diraba pada bagian dada sebelah bawah. Penyakit ini datang ke dalam tubuh dapat disebabkan karena virus, konsumsi obat-obatan yang berlebihan, konsumsi alkohol, dan konsumsi makanan berlemak. Sesungguhnya obat-abatan [drugs] adalah racun. Obat-obatan dalam jumlah sedikit dapat berfungsi sebagai penyembuh, tetapi dalam jumlah banyak dapat menjadi racun yang harus dibuang oleh hati, Bagaimanapun racun dari obat-obatan ini adalah beban tambahan untuk liver sehingga liver kerja lebih keras. Alkohol dalam jumlah sedikit berguna untuk tubuh manusia, tetapi akan bermasalah besar terhadap liver jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan sudah menjadi habit. Jika Anda mengonsumsi obat dan dalam waktu satu minggu tidak terjadi perubahan, hentikan konsumsi obat ini dan segera minta advis kepada dokter.

Hati atau liver hewan juga mempunyai fungsi yang sama dengan yang ada di dalam tubuh manusia. Bagian organ tubuh ini pada hewan di Indonesia biasa disebut jeroan atau jerohan, seperti usus, liver, jantung, limpa, dan paru-paru. Di Indonesia jeroan seperti liver sering dibuat masakan sambal goreng hati dan gulai hati yang bersantan kental. Makanan ini memang lezat, karena itu banyak digemari di negeri ini.  Walaupun tubuh Anda dalam kondisi sehat, Anda tidak dianjurkan untuk menyantap makanan ini atau paling banyak, cukuplah dua  bulan sekali frekuensinya.

Bagi penderita penyakit liver harus mengendalikan diri terhadap makanan berlemak, baik yang dari nabati maupun hewani, seperti santan [coconut milk], semua makanan gorengan, susu, keju, mentega, margarin, dan seterusnya produk olahan berlemak, karena produk olahan biasanya mengandung pengawet yang dapat menjadi racun bagi liver. Makanan yang terbaik bagi penderita penyakit ini adalah tempe bakar/rebus, ikan dikukus, sayuran tak bersantan, dan nasi merah atau nasi bekatul. Daging ayam [tanpa kulit] masih dapat dikonsumsi, setelah lemaknya dibuang dengan cara direbus. Jika ingin membuat sup ayam, buang kulit ayam, ambil bagian kaldu yang tak berlemak [bagian bawah]. Jika ingin membuat sup daging sapi, kaldu biarkan dingin, buang bagian kaldu berlemak bagian atasnya, kemudian gunakan kaldu bagian tak berlemak. Jangan lupa istirahat yang cukup.-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar