Senin, 08 Oktober 2012

Sarapan Itu Penting dan Harus Dilakukan

“Het Nederlands ontbijt met brood in plaats van Indonesië ontbijt met rijst. God die heeft gemaakt brood en rijst te voldoen, dan is er een weg naar het van Anyer naar Panarukan.”

Bangun tidur pada pagi hari perut kosong dan pasti terasa lapar, karena sepanjang malam perut istirahat tidak diisi makanan sedangkan energi untuk menggerakkan jantung dan paru-paru jalan terus. Kegiatan awal memerlukan sarapan untuk menggantikan energi yang hilang sepanjang malam waktu tidur dan energi yang dibutuhkan untuk kegiatan rutin sepanjang hari. Energi tentu lebih banyak yang terkuras, jika tadi malam ada permainan cinta suami istri, memang perlu extra breakfast yang berkualitas. Namun, tadi malam sebelumnya ada kegiatan extra atau tidak di atas tempat tidur, sarapan itu penting dan harus dilakukan. Dan, sarapan tidak hanya sekedar makanan pengganjal perut, melainkan juga harus berkualitas, yaitu bikin sehat.

Apa sarapan yang akan Anda nikmati? Sarapan pada umumnya adalah makan dengan menu sederhana tetapi cukup memenuhi kebutuhan gizi dan kalori yang membuat tubuh tetap sehat. Setiap bangsa, suku, dan keluarga mempunyai kebiasaan masing-masing, Anda bebas menentukannya sendiri. Ketika saya masih menetap di Palembang, kebiasaan sarapan orang di sini adalah makan burgo, yakni dadar gulung tepung beras dan diberi kuah sop ikan gaboes, tetapi ada juga yang sarapan pempek bersaus cuko yang serba asam. Di Padang atau Bukittinggi kebanyakan orang di sini sarapan dengan ketupat atau lontong sayur pakis. Di Surabaya banyak yang menyukai sarapan dengan lontong ba.lap Surabaya. Sarapan itu identik dengan kesederhanaan, kenikmatan, tetapi tidak mengabaikan kesehatan tubuh. Di bawah ini saya menunjukkan enam macam sarapan yang popular menurut versi saya sendiri.

Sandwich. Orang Inggris biasa breakfast makan sandwich, yaitu 3 lembar roti tawar yang diisi dengan bacon atau smoked beef, keju lembaran, telur ayam goreng, dan sayuran. Makanan ini kemudian menyebar ke seluruh dunia dengan berbagai variannya, di Amerika ada yang menyebut makanan ini sebagai hamburger dan roti sosis. Orang Indonesia terutama di kota-kota besar sangat menikmati sarapan berbahan dasar tepung terigu ini. Roti tawar tidak hanya dibuat sandwich, variasi lain dibuat roti panggang, isinya menurut selera Anda. Saya menyukai diisi peanut jam dan parutan keju, kemudian dipanggang pakai pan atau dengan pemanggang gas.  


Sandwich.
Pancake. Orang Amerika menyebut makanan ini pancake terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Adonan tepung terigu dipanggang di atas penggorengan datar sampai berwarna kuning kecokelatan. Biasanya satu porsi untuk tiga lapis disiram dengan madu atau syrup jagung, dan pakai topping keju. Tetapi dapat juga dimakan dengan taburan gula halus saja. Orang Indonesia juga mempunyai makanan seperti ini, namanya serabi kinca, bedanya adalah serabi menggunakan bahan dasar tepung beras. Kinca adalah saus terbuat dari gula aren dicampur dengan santan kelapa, ya semacam syrup begitu. Di Indonesia pancake masuk golongan kue jajanan pasar tradisional, jadi termasuk macam-macam kue ini antara lain, carabikang, dadar gulung isi unti atau fla soes, kue balapis, getuk, donat, kue mangkok, dan seterusnya.

Cheese Caramel Pancake.
Nasi. Banyak variannya, ada nasi goreng, nasi uduk, nasi timbel, nasi lengko dan nasi jamblang dari Cirebon, nasi pecal, nasi ketan urap, nasi soto, nasi rawon, nasi lamak, dan seterusnya. Nasi goreng juga banyak variannya. Nasi goreng sayuran paprika sederhana tetapi lezat rasanya. Nasi uduk banyak digemari di Jakarta dan sekitarnya. Nasi timbel adalah nasi ketika masih hangat digulung dengan daun pisang, dimakan dengan orekan tempe goreng dan tahu goreng, special breakfast of Bandung. Nasi pecal berasal dari Blitar, yaitu nasi hangat dimakan dengan beberapa jenis sayuran yang telah direndam di dalam air hangat seperti bayam, taoge, kacang panjang, dan bunga turi; di atas sayuran ini disiram dengan sambal pecal kacang tanah.

Soto ayam.
Bubur. Makanan berbahan dasar beras, tepung beras, maizena, sagu, kacang hijau, ketan hitam, dan havermout yang dimasak sampai menjadi cairan kental. Untuk bubur berbahan dasar beras biasa disebut bubur saja. Varian bubur juga banyak seperti nasi, ada bubur ayam, bubur sayuran Manado [tinotuan] dimakan dengan ikan asin dan sambal terasi, bubur Cina pakai topping daging babi merah, bubur sumsum dari tepung beras dengan kinca gula aren, bubur sagu, bubur kacang hijau campur ketan hitam, dan seterusnya. Bubur ayam saja variannya banyak, seperti bubur ayam kuah santan, bubur ayam Betawi dengan semur tahu, bubur ayam campur telur ayam setengah matang, dan seterusnya. Bubur ayam digemari oleh banyak orang di Jakarta dan di kota-kota besar lain di pulau Jawa.

Bubur Manado.
Lontong dan ketupat. Makanan berbahan dasar beras. Dimasak dengan cara butiran beras yang telah dicuci dimasukkan ke dalam cetakan berbentuk silinder terbuat dari daun pisang. Ini namanya lontong, sedangkan ketupat cetakannya berbentuk kubus terbuat dari daun kelapa. Keduanya direbus di dalam dandang. Lontong atau ketupat dipotong-potong dan diletakkan di dalam piring. Dulu, tahun-tahun yang lalu, di Jakarta orang sarapan dengan ketupat dicampur dengan sayur labu Siam. Di Surabaya terkenal dengan lontong ba.lap Surabaya. Pengaruh dari orang Minang yang banyak domisili di Jakarta, maka sarapan juga dimeriahkan dengan gaya Minang, yakni ketupat sayur daun pakis. Di Semarang ada lontong cap gomeh. Ketupat juga dapat dimakan dengan sayur nangka.


Lontong Cap Gomeh.
Mie ayam. Dulu pada decade 60 di Jakarta hanya ada dua restoran mie bakso terkenal, yaitu Bakmie Gang Kelinci di Jalan Pasar Baru dan Bakmie Gondangdia di Jalan Gondangdia. Untuk konsumen segmen bawah, mie bakso banyak dijual sampai ke pelosok kampong dengan pikulan. Masuk decade 80 banyak bermunculan restoran sejenis sampai konsumen segmen bawah, yakni segmen gerobag, disebut demikian karena barang jualan diangkut dengan gerobag dorong. Sebutannya berubah menjadi mie ayam, mie ayam bakso atau mie ayam pangsit, pangsitnya juga ada yang rebus dan ada yang goreng. Dalam perkembangan selanjutnya mie ayam menjadi sarapan yang sangat popular, bukan hanya di Jakarta dan sekitarnya, melainkan sudah merambat ke banyak kota di provinsi lain.  

Mie ayam pangsit.

Selamat menikmati sarapan.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar