Senin, 22 Februari 2016

Selamat Tinggal Parasit, Hipertensi, dan Sariawan


Dendeng balado masakan Padang.
Siapa yang tidak kenal dengan sayuran bernama cabe yang membuat mulut rasanya panas terbakar dan membuat anus terbakar kalau berak. Bermacam-macam cabe, ada cabe kecil merah atau rawit, cabe hijau besar, cabe merah besar, dan cabe merah keriting, paprika merah, hijau, dan kuning. Orang Manado paling doyan pedas, menyusul orang Minang juga penggila rasa pedas. Mau punya pacar orang Manado harus kuat makan pedas. Bibir Manado paling hot tahan pedas. Pedas, pedas, pedas, hot, hot, hot, huaaaah luar biasa pedasnya. Semua orang Indonesia mengenal betul sayuran ini membuat orang lahap makan dengan racikan berbagai macam kuliner. Namun, tidak banyak yang mengetahui khasiat dahsyat dibalik rasanya yang bikin hot lidah dan bibir. Rasa pedas cabe disebabkan kehadiran alkaloid di dalamnya. Perhatikan baik-baik, mengapa orang yang suka melahap cabe, maka orang ini jarang terkena penyakit sariawan, hipertensi, dan parasit usus.


Cabe memiliki kadar gizi yang cukup besar sehingga sanggup melawan penyakit-penyakit yang mengganggu kesehatan tubuh. Ia memiliki vitamin C dengan kadar setinggi 84 mg per 100 gram cabe. Vitamin C dalam bahasa kimia disebut ascorbic acid, bersifat asam, memiliki kemampuan mempercepat kesembuhan luka, mencegah sariawan, dan influenza. Tubuh manusia adalah jaringan hidup [bio], walaupun dengan berkadar hanya 84 mg hasilnya jauh lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi vitamine C dosis tinggi yang diperoleh dari chemical product. Vitamin C dosis tinggi dari chemical product dengan tingkat keasaman yang tinggi cenderung dapat mengganggu tingkat keasaman pada lambung, sehingga orang bersangkutan yang mengonsumsi vitamin C ini akan mengalami iritasi lambung. Bagi orang Manado yang menyukai nikmatnya makan nasi plus super pedasnya rica-rica ikan tongkol atau daging ayam, maka lezatnya menu ini tidak ada gantinya yang lain. Well, semakin banyak makan cabe, semakin hot, maka katakan selamat tinggal sariawan.



Bumbu bali Bandeng dari Jawa. Pakai 3 ons cabe.
Cabe memiliki unsur mineral kalium yang secara kimiawi dan secara umum penting untuk pemeliharaan. Otot-otot jantung berfungsi secara normal dan keseimbangan elektrolit di dalam darah adalah kontribusi keberadaan mineral ini. Mengonsumsi makanan yang memiliki kalium dalam kadar yang signifikan memadai, maka resiko mendapat serangan stroke dapat terhindarkan. Stroke diawali dengan tekanan darah yang berangsur cenderung naik terus, sebab sering mengonsumsi makanan rasa asin berlebih yang berasal dari unsur natrium [baca : garam dapur]. Kalium secara berangsur akan mengisi kekurangannya di dalam darah sampai tercapai keseimbangan antara kedua mineral ini. Kebutuhan kalium yang aman bagi tubuh orang dewasa adalah antara 1875 – 5625 mg per hari. Cabe memiliki kadar kalium yang cukup memadai, yakni 350 mg per 100 gram cabe.  Well, semakin banyak makan cabe, semakin hot, maka katakan selamat tinggal hipertensi.


Dokter memberi nasehat supaya engkau meminum obat cacing enam bulan sekali. Cacing adalah parasit usus yang merugikan bagi pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan tubuh. Sayuran yang kita beli dari penjual sayur memang harus dicuci sebersih mungkin. Engkau memang bukan membeli cacing sewaktu membeli sayuran, tetapi satu dua butir telur cacing terselip diantara sayuran siapa tahu. Bagaimana kalau membeli sayurannya di supermarket? Siapa yang dapat menjamin 100 persen, bahwa membeli sayuran di super market bebas parasit, memangnya engkau berbelanja sambil membawa mikroskop. Siapa saja yang mempunyai kesukaan makan tenderloin steak, maka bahaya parasit juga sudah mengintip. Solusi murah meriah terbebas dari parasit adalah makan kuliner berbasis cabe yang bikin bibir dan mulut jadi hot.

Nasi goreng ala Manado. Pakai rica-rica.
Bagaimana rasa pedas, seberapa tingginya kadar vitamin C maupun kalium di dalam per 100 gram cabe tergantung dengan kondisi tanah di tempat cabe tersebut di tanam.  Ada beberapa tempat panenan cabe yang menghasilkan vitamin C sampai 120 mg dan kalium mencapai 420 mg. Cabe hijau besar memiliki kadar vitamin C lebih tinggi dibandingkan dengan cabe merah besar. Cabe rawit segar memiliki kadar vitamin C paling tinggi di antara semua cabe, yakni 120 mg, memiliki kadar vitamin A yang hampir mendekati wortel, yakni 11000 SI, dan cabe jenis ini mempunyai zat paling pedas di antara semua cabe. Konon cabe di Minahasa lebih pedas dibandingkan dengan cabe di tempat lain di Indonesia. Beberapa menu pedas cabe tersaji di sini, antara lain : bumbu bali ikan bandeng, rica-rica daging ayam, nasi goreng bumbu rica-rica ayam [nasgor Manado], tumis cabe hijau, dan dendeng balado dari Padang. Makanlah steak pakai saus Tabasco untuk menghindari parasit. Cabe juga dapat disajikan dalam bentuk jus. Lima cabe merah besar dicampur dengan dua buah tomat merah besar, dengan nanas matang, atau dengan mangga, campur dengan sedikit es batu. Buat jus dengan mesin blender kecepatan tinggi.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar