Kamis, 31 Maret 2016

Pecal Makanan Sehat Dari Blitar

Kesehatan fisik dimulai dari keadaan pencernaan yang sehat. Perut yang sehat diliputi rasa bahagia. Dalam konteks kesehatan rasa bahagia ada, sebab ada keharmonisan antara yang engkau makan dengan kondisi enzyme dan bakteri yang tersedia di dalam sistem pencernaan makananmu mulai dari mulut sampai ke usus besar. Sering menceret dan kentut adalah dua indikasi fisik, bahwa engkau mempunyai masalah dengan pencernaanmu. Bagaimana engkau merasakan kebahagiaan dalam kesehatanmu, sudah siap mau pergi dinner party, tiba-tiba kebelet berak, menceret lagi. Sering menceret dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan kematian, sebab penderita mengalami dehidrasi. Bakteri collie dapat menyebabkan menceret, tetapi kondisi enzyme yang sedang bermasalah juga dapat menimbulkan masalah yang sama. Tujuan menjaga kesehatan secara total adalah menjaga enzyme harus berkualitas prima dan cukup tersedia di dalam perutmu.

Kota Wlingi (sebelah timur Blitar).
Sayuran segar atau setengah segar memiliki sumber enzyme yang dibutuhkan oleh tubuhmu. Sayuran setengah segar diperoleh setelah mengukus atau menyiram sayuran tersebut dengan air panas. Perut selain membutuhkan enzyme untuk pencernaan sehat, maka di dalam sayuran juga terdapat banyak serat yang sangat berguna untuk melancarkan berakmu. Sulit berak dalam jangka waktu lama akan menyebabkan varises di sekitar anus, biasa disebut ambeien atau hemorroids. Banyak pabrik farmasi menawarkan solusi sulit berak dengan cara gampangan, yakni minum obat pencahar. Obat sebenarnya bukan sahabat manusia, sebab dalam jangka waktu lama obat-obatan akan menimbulkan masalah baru. Milikilah pencernaan sehat dengan cara yang benar, yakni banyak makan sayuran. Tidak ada salahnya engkau mencoba cara hidup sehat dengan cara makan pecel setiap hari.

Bahan-bahan pecel: bayam, 200 gram; kacang panjang, 200 gram; taoge, 100 gram; daun papaya, 100 gram; kacang tanah untuk saus, 200 – 250 gram. Cara membuat : semua sayuran dirajang kasar dan kemudian dikukus 2 – 3 menit saja. Bumbu pecal diencerkan dengan air secukupnya. Makanan pecal ini dapat memberi sajian untuk 5 orang. Bumbu pecal siap pakai ada tersedia di supermarket dalam kemasan 250 gram.

Orang Blitar dan Wlingi di Jawa Timur biasa menikmati sarapan nasi dengan pecel dan tambahan peyek teri, peyek kacang tanah, atau tempe goreng. Di Jawa Tengah, khususnya di Semarang dan sekitarnya kuliner ini biasa disebut dengan janganan. Dalam bahasa Jawa janganan artinya adalah sayuran. Resep tersebut di atas sudah diperhitungkan memberikan nilai gizi sebesar, masing-masing : kalsium, 140; fosfor, 200; kalium, 440; vitamin C, 110; vitamin A, 3890 [SI], semua [kecuali vitamin A] dalam mg per 100 gram sayuran [tidak termasuk tambahan]. Penambahan peyek teri atau tempe goreng sifatnya pilihan saja, walaupun tidak dipungkiri tambahan ini juga memberi nilai tambah gizi. Satu keluarga kecil terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka kebutuhan kalsium, fosfor, kalium, vitamin C, dan vitamin A dari kombinasi sayuran ini sudah cukup terpenuhi untuk suatu pagi hari yang indah bersama keluarga. Untuk makan siang dan makan malam kombinasi sayuran ini dapat diolah menjadi ketoprak, gado-gado, sayur be.ning, sayur bobor, sayur lodeh, telur dadar sayur [fuyonghai sayur], mie telur dadar sayur, atau nasi goreng sayur [bulgogi].

Sering makan kombinasi sayuran ini dan makan sayur menjadi suatu gaya hidup sehat, maka engkau tidak akan pernah mengalami sakit sariawan, sembelit, anemia, katarak, kanker usus, kejang, hemorroids, obesitas, prostate, osteoporosis, arteriosclerosis, liver, diabetis mellitus, jantung koroner, hipertensi, stroke, dan kepikunan. Sayuran adalah sumber kalsium dan fosfor yang melimpah ruah, beberapa di antara mereka adalah sumber vitamin C dan A melimpah. Misalnya, daun papaya, rasanya memang pahit, tetapi demi gizi tinggi dan khasiatnya, maka lupakan saja rasa pahit ini. Daun papaya dan bayam memiliki kadar vitamin A yang melimpah, sedangkan daun bayam dan taoge memiliki keandalan vitamin C yang tinggi. Semua unsur mineral dan vitamin berasal dari sayuran lebih mudah diterima oleh tubuh. 

Orang mengalami kepikunan melalui proses yang panjang puluhan tahun, tanpa terasa umur telah mencapai 60 tahun. Pikun artinya otak sebagai sumber memori mengalami sebagian kecil atau total kehilangan daya ingat. Jangan dibiarkan terjadi kepikunan sebelum waktunya. Kepikunan pasti akan terjadi pada suatu saat, tetapi alangkah baiknya dihambat sehingga engkau masih dapat menikmati hidup yang nyaman bahagia bersama anak-anak dan cucu-cucumu. Kepikunan juga dapat menyerang manusia pada usia produktif. Pada kasus seperti ini tidak akan memberi hasil efektif memberi asupan gizi prima, walaupun satu hari diberi makan sepuluh piring pecal. Lebih baik dimulai dari sejak dini sekali dibiasakan makan pecal. Tambahan makan pecal yang dianjurkan adalah peyek kacang tanah, peyek teri, tempe goreng, tahu goreng, dan telur rebus atau goreng dadar. Pilih sesuai dengan seleramu. Yang paling penting adalah pecalnya, bukan tambahannya.-

Links : 
Nikmatnya makan pecel Blitar. 
Delapan tanda pencernaan perut lancar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar