Kamis, 17 Maret 2016

Balabala Makanan Sehat Untuk Tulang Dan Sel Otak

Balabala atau bakwan sayur.
Ada yang mengatakan kepadaku, bahwa makanan yang bernama balabala ini berasal dari Jepang. Ada juga sebagian orang lain mengatakan, bahwa nama makanan ini bernama bakwan. Di Jakarta dan sekitarnya nama makanan berbasis sayuran ini lebih dikenal dan familiar dengan nama balabala. Balabala dijual sebagai makanan gorengan murah yang sangat populer, disukai oleh banyak orang mulai dari anak-anak, remaja, orang dewasa, sampai orang ubanan. Di sekolah-sekolah, kantor-kantor, dan balai kelurahan sering dilakukan meeting, maka balabala atau bakwan ini menjadi makanan pilihan yang tidak terlewatkan sebab murah harganya dan mudah diperoleh. Untuk camilan di rumah atau suguhan tamu, makanan ini disukai oleh tamu dan tidak sulit membuat makanan goengan ini.Namun, balabala dapat menjadi satu jenis makanan yang memberikan gizi bernilai tinggi dan tampilan menarik, kalau dibuat dengan resep yang benar dan dengan cara yang benar. Tampilan yang menarik itu perlu supaya tidak memberi kesan, balabala itu makanan murahan. Balabala harganya memang sangat murah dibandingkan dengan tenderloin steak atau bebek goreng Hong Kong, tetapi dia bukan makanan murahan. Aku pernah melihat balabala disajikan dengan tampilan menarik di suatu pesta pernikahan mewah di Balai Sudirman, Jakarta, maka makanan ini segera habis disantap oleh para tamu. Rasanya, aduhai, mo!

Harga balabala yang paling mahal adalah sepuluh ribu rupiah satu bundaran sebesar telapak tangan orang dewasa. Harga setinggi ini jelas tidak dapat dibandingkan dengan harga per porsi tenderloin steak yang paling murah sekali pun. Tapi balabala bukan sejenis makanan murahan, kalau engkau mengetahui kadar gizi yang ada di dalam balabala super atau super balabala yang tak dapat dipandang sebelah mata begitu saja. Balabala yang beratnya sekitar 50 gram, sebesar telapak tangan orang dewasa itu memiliki zat kapur dan fosfor yang cukup andal menyehatkan tulang dan otakmu. Makanan kecil berbasis sayuran ini terdiri dari tiga sampai empat macam sayuran. Engkau bebas mau menggunakan kombinasi sayuran apa saja, tetapi biasanya adalah wortel, kacang panjang, taoge, dan bayam.

Bahan-bahan balabala super : wortel, 100 gram; kacang panjang, 200 gram; taoge, 100 gram; bayam, 200 gram; tepung terigu protein medium, 100 gram; udang pancet, 100 gram; telur ayam, 1 butir; bumbu masak merek apa saja, satu sachet @ 15 gram; air, 50 ml. Cara membuat : semua sayuran dirajang kasar; udang dikupas dan dirajang halus; kocok telur ayam sampai berbuih; masukkan terigu dan air dan aduk sampai halus; masukkan rajangan sayuran dan udang, aduk sampai rata; ditakar kira-kira 40 – 50 gram, goreng di atas minyak panas. Gunakan selalu minyak goreng baru. Olahan balabala ini dapat memberikan sajian untuk 20 pieces. Bagi yang tidak mempunyai timbangan, maka gunakan saja gelas sebagai alat penakar.

Balabala biasa dimakan sebagai camilan keluarga dengan tambahan cabe rawit, tetapi dapat juga dijadikan lauk dimakan dengan nasi untuk sarapan. Mau menginginkan sensasi rasa, cobalah makan balabala super ini dengan kuah cuko yang biasa digunakan oleh orang Palembang untuk makan pempek. Resep tersebut di atas sudah diperhitungkan memberikan nilai gizi sebesar, masing-masing : kalsium, 120; fosfor, 160; kalium, 460; vitamin C, 120; vitamin A, 4140 [SI], semua [kecuali vitamin A] dalam mg per 100 gram sayuran [tidak termasuk telur ayam dan udang]. Penambahan telur ayam dan udang sifatnya pilihan saja, walaupun tidak dipungkiri telur ayam dan udang juga memberi nilai tambah gizi. Satu keluarga kecil terdiri dari ayah, ibu, dan dua anak, maka kebutuhan kalsium, fosfor, dan kalium dari kombinasi sayuran ini sudah cukup terpenuhi untuk suatu pagi hari yang bahagia bersama keluarga. Untuk makan siang dan makan malam kombinasi sayuran ini dapat diolah menjadi pecal, ketoprak, gado-gado, sayur be.ning, sayur bobor, sayur lodeh, telur dadar sayur [fuyonghai sayur], mie telur dadar sayur, atau nasi goreng sayur [bulgogi].

Varian II
Wortel, 200 gram.
Kacang panjang, 100 gram.
Taoge, 100 gram.
Bayam, 200 gram.
Nilai gizi, mg per 100 gram sayuran :
Kalsium, 120.
Fosfor, 100.
Kalium, 440.
Vitamin C, 120
Vitamin A, 6090 [SI].

Varian III.
Wortel, 200 gram.
Cabe merah [tanpa biji], 100 gram.
Kacang panjang, 100 gram.
Bayam, 200 gram.
Nilai gizi, mg per 100 gram sayuran :
Kalsium, 120.
Fosfor, 100.
Kalium, 450.
Vitamin C, 40
Vitamin A, 6160 [SI].

Varian IV.   
Wortel, 200 gram.
Taoge, 100 gram.
Kacang panjang, 100 gram.
Sawi hijau, 200 gram.
Nilai gizi, mg per 100 gram sayuran :
Kalsium, 100.
Fosfor, 100.
Kalium, 280.
Vitamin C, 120
Vitamin A, 6210 [SI].


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar