Rabu, 30 Maret 2016

Tuhan Yesus Meneguhkan Murid-Murid-Nya

Siapa saja atau kelompok besar yang akan menjalankan tugas besar demi negara layak diberi taklimat singkat sebagai peneguhan mental supaya pikirannya tidak bimbang dalam menjalankan tugas. Panglima tertinggi pasukan gabungan sekutu pada saat PD II pecah, Jenderal Eisenhower memberikan peneguhan mental tempur setinggi-tingginya kepada tentara Amerika yang akan dikirim ke medan perang di Eropa. Yosua menerima tugas dari Tuhan Allah untuk menaklukkan suku-suku bangsa kafir di Tanah Kanaan, maka dia diberi peneguhan iman dari Tuhan supaya tidak bimbang pikirannya dalam menjalankan tugas. Siapa saja yang diberi tugas penggembalaan atau pengabaran Injil layak diberi peneguhan iman supaya pikirannya tidak bimbang dalam menjalankan tugas. Semua graduate sekolah tinggi teologi juga diberi peneguhan mental oleh rektor dan pembantu rektor ketika mereka diwisuda. Semangat! Semangat! Semangat! Go! Go! Go! Iman teguh, maka mental ikut teguh.

Gereja di Ambarawa, Jawa Tengah.



Tidak semua orang Kristen harus menjadi seorang gembala, tetapi semua orang Kristen harus membawa tugas ini, yakni mengabarkan Injil Kristus. Tuhan yang menentukan siapa yang akan berangkat [goer] sebagai pengabar Injil dan siapa yang tetap tinggal sebagai gembala [doer]. Engkau memohon kepada Roh Kudus diberi keberanian untuk mewartakan Injil. Seorang murid Tuhan Yesus, Petrus, pada mulanya adalah seorang penakut dan pernah menyangkal Gurunya sampai tiga kali sebelum ayam berkokok, tetapi setelah Roh Kudus memberinya keberanian, dia menjadi seorang yang sangat militant dalam pengabaran Injil. Roh Kudus memberi kelengkapan dalam pengabaran Injil berupa karunia Roh. Walaupun engkau tidak memiliki karunia Roh, bukan suatu alasan untuk tidak mewartakan Injil Kristus. Misal : karunia berbicara menyampaikan firman Allah adalah pemberian dari Roh Kudus. Walaupun engkau tidak memiliki karunia Roh, Tuhan sudah memberi jaminan, bahwa Dia menyertai engkau sampai kesudahan jaman.

Karunia Roh adalah mutlak otoritas Roh Kudus, maka engkau tidak perlu meminta karunia, sebab Allah Yang Mahatahu saja yang menilai apakah engkau perlu harus memiliki karunia. Perlukah orang berteologi? Orang perlu berteologi, tetapi yang paling utama adalah memiliki iman yang teguh. Teguh tak tergoyahkan oleh godaan dunia. Teologi adalah usaha manusia mempersatukan dan menata pengetahuan tentang Tuhan kemudian menarik kesimpulan sendiri. Iman yang teguh adalah tanda engkau mempercayai terhadap kuasa Tuhan. Ada lima tanda bahwa engkau adalah orang percaya.

Mengusir setan-setan demi nama Yesus. Engkau harus menyebut nama yang benar ketika engkau dalam posisi mengusir setan-setan. Iblis itu adalah penghulu setan atau roh jahat, mungkin tidak satu roh jahat saja ketika merasuki seseorang. Dapat lebih dari satu roh jahat, roh-roh jahat ini disebut legion, sebab banyak. Nama siapakah yang paling benar ketika engkau mengusir setan-setan? Seorang murid Yesus, Yohanes, berkata kepada Yesus, bahwa dia melarang seorang yang bukan murid Yesus mengusir setan demi nama Yesus. Tapi Yesus melarang dia bersikap demikian, sebab orang yang tidak melawan dia adalah orang berada di pihaknya [Lukas ix:49]. Nama yang benar ketika engkau mengusir setan adalah nama Yesus. Iblis penghulu setan-setan sangat mengenal nama Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi [Markus v:7 dan Lukas viii:28]. Engkau dapat mengusir mereka dengan kuasa Yesus, Anak Allah Yang Mahatinggi, maka ucapkan dengan suara keras tanpa bimbang :“Di dalam nama Yesus, keluarlah engkau setan dari tubuh orang ini!” Demi Mardani, demi Gombloh, demi Gupito, demi Roy Marten, atau demi Muhammad, kuasa-kuasa di udara tidak mengenal mereka, maka setan-setan pun tak beranjak pergi engkau usir.

Penghulu setan mengetahui keadaan jiwamu dan setan mengetahui apakah engkau adalah milik Kristus atau bukan. Engkau bukan milik Kristus atau hidupmu tidak dalam kekudusan, maka Iblis dapat mendakwamu atau setan tidak mau pergi engkau usir, walaupun engkau menyebut nama Yesus. Satu kisah menarik dalam kitab Kisah Para Rasul tentang keluarga Skewa, orang Yahudi, anak-anaknya mengusir setan yang merasuk ke dalam tubuh seseorang. Setan langsung mendakwa mereka, bahwa mereka bukan milik Kristus, artinya tidak memiliki otoritas dari Kristus untuk mengusir segala kuasa-kuasa di udara. Semua anak Skewa dicabik-cabik oleh setan yang tengah merasuki orang ini sehingga mereka semua dibuat telanjang dan lari terbirit-birit. Tuhan adalah Allah Yang Mahatahu, tetapi Iblis maupun agen-agennya, yakni setan-setan tidak mengetahui segalanya yang ada di dalam pikiranmu. Mereka menggoda manusia berdasarkan segala gerak-gerik seleramu dan perkataanmu. Jadi, jagalah tingkah lakumu dan perkataanmu.

Banyak berdoa dan berpuasa. Berdoa adalah nafas kehidupan orang Kristen yang menyadari bahwa berseru kepada Tuhan atau berdoa adalah manifestasi ketergantunganmu kepada-Nya. Setan itu adalah makhluk yang memiliki kecerdasan, kelihaian, dan kekuatan fisik yang luar biasa melebihi yang dimiliki oleh manusia biasa, maka tidaklah mungkin engkau dapat mengusir Iblis dan teman-temanya hanya mengandalkan kekuatanmu sendiri, melainkan dengan bantuan otoritas Yesus. Katakan dalam doamu suatu permohonan yang spesifik dalam kaitannya terhadap orang yang engkau layani. Berdoa menunjukkan kepedulianmu yang besar terhadap orang lain. Berpuasa adalah suatu upaya manusia merendahkan diri di hadapan Tuhan. Jadi, memohonlah kepada Tuhan dengan merendahkan dirimu di hadapan-Nya bahwa engkau adalah orang tak berdaya.      

Berbicara dalam bahasa-bahasa baru. Bahasa adalah alat komunikasi yang digunakan oleh manusia sehingga dapat berhubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain. Ada bahasa internasional, seperti Inggris, Prancis, Spanyol, Cina, dan Rusia; bahasa pemersatu bangsa, yakni bahasa yang digunakan untuk mempersatukan semua suku bangsa di dalam suatu negara, misalnya bahasa Indonesia digunakan untuk mempersatukan suku-suku bangsa di Indonesia, bahasa Tagalog digunakan di Filipina. Kalau ada bahasa-bahasa baru, ada pula bahasa-bahasa lama. Seperti apa bahasa-bahasa lama itu? Ketika engkau dilahirkan ke dunia, engkau menggunakan bahasa yang setiap hari digunakan antara engkau dan ibumu sampai dewasa, orang biasa menyebutnya sebagai bahasa ibu. Ibunya orang Jawa, maka anaknya menggunakan bahasa Jawa. Ibunya orang Sunda, maka anaknya bicara dalam bahasa Sunda. Tapi ada juga, bahkan banyak juga, ibunya orang Batak asli, dilahirkan dan hidup sejak kecil sampai besar di lingkungan orang Jawa, maka perempuan ini berkomunikasi dengan anaknya dengan bahasa Jawa. Bahasa lamanya adalah bahasa Jawa.

Dalam tugas mewartakan Injil Kristus seorang pengabar Injil harus menggunakan bahasa yang dapat dipahami oleh orang yang sedang diajak bicara. Kitab Kisah Para Rasul menceritakan, bahwa murid-murid Yesus adalah orang-orang yang setiap hari berbicara dalam bahasa yang dapat dimengerti oleh mereka saja [Ibrani atau Aramic?], tetapi mereka diberi kemampuan oleh Roh Kudus sehingga dapat berbicara dalam bahasa-bahasa lain, seperti bahasa Partia, Arab, Latin, Yunani, dan bahasa-bahasa di Asia. Semua bahasa ini dapat dipahami oleh bangsa-bangsa yang menggunakan bahasa-bahasa ini. Berbicara dalam bahasa roh ditujukan kepada Roh Kudus, sebaliknya berbicara kepada manusia dengan hikmat dan pengetahuan adalah karunia dari Roh Kudus. Berbicara dengan hikmat adalah kemampuan berbicara dengan disertai perlambang-perlambang kata-kata bijak, sedangkan berbicara dengan pengetahuan adalah kemampuan berbicara dengan disertai logika.  

Mampu menghadapi tipu daya Iblis. Ular adalah lambang kejahatan, yakni kecerdasan dan kelicikan Iblis, roh-roh jahat, dan kejahatan pada umumnya. Rasul Paulus mengingatkan kepada jemaat di Kolose supaya hidup mereka berakar di dalam Kristus dan iman yang teguh dibangun di atas fondasi Kristus. Orang Kristen harus waspada terhadap berbagai tipu daya Iblis yang menawarkan filsafat dan ajaran nenek moyang yang dikemas dengan bungkusan indah sehingga banyak orang percaya yang menjadi terbuai [Kolose ii:7-8]. Membedakan roh atau ajaran adalah karunia dari Roh Kudus. Namun, kalau engkau rajin membaca firman Tuhan, membaca banyak buku yang membangun iman dan kepribadian, banyak berdoa, rajin ke persekutuan orang percaya, engkau akan memiliki kepekaan menolak terhadap roh-roh yang menyesatkan.

Di seluruh dunia, khususnya di Indonesia, Iblis mencengkeram manusia dengan ancaman obat-obatan yang membius atau drugs. Engkau dikelilingi oleh ancaman drugs. Dua puluh tahun yang lalu tidak ada tv news memberitakan, bahwa ada anggota tentara atau polisi yang terlibat menggunakan drugs. Tapi sekarang, berita keterlibatan anggota tentara dan polisi yang menggunakan drugs bukan berita baru lagi. Bukan berita luar biasa lagi. Coba engkau pikirkan sendiri betapa mengerikannya ancaman drugs. Ini berita dari satu stasiun tv di Jakarta yang menyiarkan berita, bahwa Sulawesi Utara sedang menghadapi darurat drugs. Mayoritas penduduk di sini adalah orang Kristen. Iblis memang tidak pandang bulu Kristen atau bukan, anyway digiring masuk ke neraka. Semoga tidak seorang pun yang menyandang jabatan gembala terlibat drugs. 

Terhindar dari serangan kejahatan. Perhatikan baik-baik semua nabi yang namanya tertulis di dalam Alkitab, tidak ada satu pun di antara mereka mati akibat diracuni oleh seseorang. Artinya mereka diluputkan oleh Tuhan dari malapetaka. Apakah ada seorang nabi yang mati akibat diracuni oleh seseorang? Namun, untuk suatu ujian iman Tuhan mengijinkan Iblis mendatangkan malapetaka atas keluarga Ayub. Inilah suatu tanda bagi orang percaya, bahwa dirinya diluputkan dari fitnah-fitnah keji oleh kuasa El Gibbor, yakni Allah Perkasa di dalam nama Yesus. Tuhan meluputkan semua orang yang hatinya melekat kepada-Nya. Sianida atau arsen adalah bahan kimia mematikan kalau sengaja dicampurkan ke dalam satu cangkir kopi atau teh. Tuhan meluputkan engkau dari upaya orang jahat yang akan meracunimu dengan suatu kejadian yang tampaknya biasa saja. Satu cangkir kopi siap akan diantarkan oleh seorang pelayan dari dapur menuju mejamu. Tanpa sepengetahuan pelayan seorang penjahat berhasil telah mencampurkan bubuk sianida ke dalam kopi untukmu ini. Namun, dalam perjalanan pelayan ini ke mejamu ini, tanpa disengaja seorang pengunjung perempuan cantik menyenggol lengan pelayan ini sehingga satu cangkir kopi beracun tumpah ke lantai. Dan, engkau terluput dari racun mematikan.  

Memberi tumpang tangan atas orang sakit. Penumpangan tangan selalu diberikan kepada makhluk hidup, terutama kepada manusia. Jangan melalaikan mempergunakan karunia Roh yang telah diterima melalui penumpangan tangan sidang penatua. Kuasa Tuhan atas penumpangan tangan bukan kuasa yang dapat digunakan sesuka hati, jadi jangan digunakan tidak pada tempatnya. Menumpangkan tangan di bagian tubuh orang yang sakit adalah karunia dari Roh Kudus. Jangan meletakkan dasar pertobatan dari perbuatan yang sia-sia dan dasar kepercayaan kepada Tuhan, seperti pelbagai pembaptisan dan penumpangan tangan. Misalnya : selama seseorang masih mengeraskan hatinya dalam kubangan dosanya, maka sia-sialah engkau melakukan penumpangan tangan atas dirinya untuk bertobat. Orang yang tidak percaya terhadap kesembuhan dari Tuhan, maka sia-sialah engkau melakukan penumpangan tangan atas diri orang sakit ini. Jangan melakukan perbuatan sia-sia atas penumpangan tangan! Tuhan memberi kesembuhan atas suatu penyakit karena iman orang percaya yang memberi penumpangan tangan dan iman orang yang sedang sakit.

Simpulan. Orang yang kuat harus menolong orang yang lemah. Orang yang kuat rohaninya dan teguh imannya sepatutnya menolong saudaranya yang masih lemah. Jangan meremehkan orang yang masih lemah imannya, sebab perbuatan ini justeru memberi peluang kepada Iblis untuk menggunakan kelemahanmu, yaitu engkau sombong secara rohani. Engkau sudah menerima warisan keselamatan atas janji Tuhan kepada Abraham, maka kewajiban yang harus engkau laksanakan juga untuk mewartakan warisan ini kepada angkatan yang berikut. Engkau melakukan dari lingkungan kecil, yakni keluarga sendiri.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar