Senin, 13 April 2015

Getuk Lindri

Rebuslah singkong dari singkong yang terbaik kemudian letakkan di piring besar, dan sajikan di etalase atau show case yang paling mewah, tunggulah dengan sabar, siapa tahu saja ada yang bersedia membeli singkong rebus ini. Singkong rebus itu temannya satu cangkir kopi tubruk. Ternyata sampai pukul 21.00, waktu tutup tempat engkau menyewa food court di mall, tak ada satu orang pun yang mau membeli satu piring singkong rebus ini. Mungkin, banyak orang berkata, bahwa aku ini mengada-ada saja. Aku tidak mengada-ada. Di satu tempat di Jakarta ada mall bernama Kelapa Gading, di situ ada banyak food court yang menjual bermacam-macam makanan jenis jajanan pasar, seperti getuk lindri, resoles ragout, klepon, lemper, lumpia, bolu kukus, serabi kinca, balapis, dan seterusnya. Jajanan pasar sebanyak ini tentu tidak semua laku terjual, maka tepat pukul 21.00 oleh masing-masing penyewa food court jajanan ini dijual korting sampai 50 persen. Tapi tidak ada ceritanya singkong rebus dijual di sini, kecuali singkong rebus ini telah dikonversi menjadi makanan lain yang mempunyai nilai tambah. Ambil satu contoh saja jajanan pasar yang bernama getuk lindri. Apa itu getuk lindri?
Getuk lindri. Cokelat dan putih. 

Nama dasarnya adalah getuk, tergolong jajanan pasar, sebab banyak dijumpai di pasar tradisional. Makanan ini berasal dari Jawa Tengah terbuat dari singkong rebus. Singkong rebus ini dicampur dengan gula kastor, ditambah vanilli secukupnya, dan diberi pewarna kue kemudian ditumbuk sampai halus dan lembut. Selesai, jadilah hasil tumbukan singkong rebus ini disebut getuk. Supaya penampilan getuk menarik, maka getuk dicetak dalam bentuk belah ketupat. Getuk ini juga dapat dimasukkan ke dalam cetakan selongsong berulir dan keluar berbentuk noodle dan dipotong-potong menurut ukuran panjang tertentu, maka getuk ini biasa disebut getuk lindri. Getuk lindri sudah tersebar ke mana-mana di seluruh Indonesia, bahkan sudah sampai ke negeri Belanda dan Suriname. Ada yang berwarna putih [origin], kuning, merah, hijau, dan cokelat tua, tergantung pewarna kue yang digunakan. Warna yang disukai adalah warna muda, kecuali cokelat memang harus tua. Magelang kota di antara Semarang dan Jogjakarta terkenal dengan getuk trio, disebut demikian mungkin getuk ini mempunyai tiga warna, yakni cokelat, putih, dan merah muda, bentuknya persegi panjang dan dikemas di dalam boks karton kecil ukuran 30x20x7 centimeter. Well, getuk lindri jelas mempunyai nilai ekonomi yang lebih tinggi sebagai nilai tambah dibandingkan dengan singkong rebus. Apakah engkau ingin nasibmu seperti singkong rebus terus sampai tua? Engkau akan menjadi seperti yang engkau pikirkan, itulah yang membentuk dirimu seperti apa nanti. Engkau dapat menjadi manusia kualitas unggul, maka berubahlah dari sekarang membentuk dirimu.

Ini cerita masa lalu, lebih dua puluh tahun yang lalu ketika aku masih menetap di Cibinong, Bogor, dan masih pemuda lajang. Seorang gembala berumur sebaya denganku berkata, bahwa pada zaman sekarang gembala tanpa brevet strata satu siapa yang mau mendengar khotbahnya. Dua puluh tahun yang lalu untuk menjadi seorang pendeta atau gembala cukup dengan kursus pendalaman Alkitab selama enam bulan, tetapi saat ini zaman telah berubah, tuntutan kebutuhan informasi semakin meningkat. Firman Tuhan dari dulu, sekarang, dan sampai kapan pun tidak pernah berubah, tetapi cara menyampaikan firman Tuhan yang banyak berubah, sebab metoda berkomunikasi yang dipelajari di universitas juga semakin maju. Dari singkong rebus kemudian diubah sehingga mempunyai nilai tambah setelah menjadi getuk lindri, maka engkau juga harus diubah kebiasaan lamamu sehingga mempunyai nilai tambah yang berguna. Dari malas diubah menjadi rajin, dari tidak perduli lingkungan diubah menjadi perduli lingkungan, dari bodoh diubah menjadi pandai, dari tidak bertanggungjawab menjadi bertanggungjawab dan seterusnya.


Bangunlah nilai tambah yang memiliki bobot yang meyakinkan dan handal dalam pribadimu sehingga lingkunganmu memberikan penghargaan yang selayaknya kepadamu. Kebutuhan manusia paling tinggi di dalam masyarakat itu adalah dihargai. Dihargai karena satu prestasi yang engkau capai. Dokter Lukas berkata dalam kitabnya, bahwa Yesus semakin bertambah hikmat-Nya. Bertambah artinya ada proses yang membuat sesuatu itu meningkat. Prestasi hebat tidak datang begitu saja, maka engkau pun seharusnya semakin bertambah dalam banyak hal seiring bertambahnya umurmu. Jangan perutmu yang bertambah gendut, melainkan intelektualitasmu yang bertambah luas. Setelah menjadi pendeta jangan tahunya hanya Matius, Markus, Lukas, Yohanes, dan Kisah Para Rasul, melainkan engkau harus menyadari, bahwa engkau masih hidup di dunia fana, maka informasi sekuler juga jangan diabaikan begitu saja. Informasi sekuler juga digunakan sebagai jalan masuk ke dalam jiwa seseorang yang belum mengenal Tuhan.

Dari singkong rebus kemudian diubah menjadi getuk lindri yang aneka warna, tentu ini hanya penampilan luar saja yang berubah, sebab yang paling penting adalah rasanya enak dimakan dan menumbuhkan kerinduan untuk menikmati getuk ini. Begitu juga dengan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan teologia di universitas, maka dia berhak menyandang brevet sarjana theologia. Brevet ini juga bentuk penampilan luar atau atribut saja, sebab yang paling penting adalah pertanggungjawaban moral dan intelektual penyandang brevet. Aku sering menjumpai evangelis yang tidak pernah menikmati pendidikan formal teologia tingkat universitas, tetapi begitu relaksnya orang seperti ini menghadapi orang Kedar. Tuhan tidak pernah kekurangan cara menggunakan orang yang dipakai sebagai pengabar Injil Kristus sesuai menurut takaran kasih karunia dari-Nya. Ada yang dipakai Tuhan mengabarkan Injil Kristus sebagai penulis blog. Seberapa jauh perlunya pendidikan tingkat tinggi teologia di universitas? Siapa pun orang percaya memerlukan landasan berpijak yang kokoh dan benar supaya tidak mudah terpengaruh oleh berbagai ajaran, maka diperlukan satu cara berpikir yang teratur dan terarah sehingga dapat mempertanggungjawabkan iman secara konsisten. Mempelajari teologi secara teratur memposisikan diri memiliki cara berpikir yang teratur supaya tidak bingung menghadapi mereka yang memiliki cara berpikir demikian.

Jangan bergantung dengan kekuatan sendiri, melainkan tetap mengandalkan kekuatan Tuhan. Pencapaian setelah memiliki brevet strata satu, ini barulah langkah awal dari satu lompatan besar untuk berkarya. Lihatlah Petrus, suaranya dan sikapnya paling garang di antara murid-murid Yesus, tetapi dialah yang paling duluan menyangkal Yesus sampai tiga kali sebelum ayam jantan berkokok, sebab dia banyak mengandalkan kekuatannya sendiri. Namun, setelah Roh Tuhan memperbarui jiwanya pada hari Yesus naik ke sorga, maka dia menjadi lebih berani dibandingkan dengan keadaan sebelumnya. Untuk ukuran zaman sekarang, Paulus adalah sarjana teologi, sebab dia adalah murid Rabbi Gamaliel yang tersohor. Ia mempunyai pandangan yang benar terhadap ajaran Kristus setelah Roh Tuhan menaungi jiwanya, sejak pertemuannya dengan Roh di Damsyik. Prestasi apa pun yang telah memberi nilai tambah pada anak-anak Tuhan, yang terpenting adalah Roh Tuhan selalu menyertai hidup mereka. Roh Tuhan menaungi rumah-Nya ke mana anak-anak Tuhan mendengar suara-Nya.    

Singkong bukan saja dapat diolah menjadi getuk lindri, dia juga dapat diolah lebih lanjut menjadi bahan makanan yang memiliki nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan getuk lindri, yakni ta.pe [fermented cassava] yang memiliki kadar vitamin B kompleks. Pati yang diperoleh dari singkong dinamakan tapioca adalah bahan dasar makanan Palembang yang terkenal biasa disebut pempek kapal selem. Kalau comro bagaimana? Dulu, long years ago aku anggap enteng makanan yang disebut comro, sebab makanan ini biasa disantap oleh masyarakat ekonomi lemah. Ini bukan cerita kosong kalau ada comro diberitakan pernah masuk ke istana presiden Indonesia. Ini pasti bukan sembarang combro. Comro ini lembut dan di tenggorokan tidak membuat seretan. Comro adalah akronim dari oncom dijero, dari bahasa Sunda di jero artinya di dalam. Di dalam makanan ini disisipkan oncom. Pernah ada seorang direktur utama satu perusahaan besar memesan comro ini sampai lima puluh pcs untuk acara rapat. Harganya lima kali dari combro biasa dan lebih besar bentuknya. Nilai tambah luar biasa dari comro. Masih tetap ingin menjadi gembala atau evengelis yang handal? Tingkatkan nilai tambahmu.-  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar