Sabtu, 23 Januari 2016

Senyum Tulus Membuat Hati Bahagia

Senyum dua orang cantik.
Orang tersenyum belum tentu hatinya sedang bahagia, sebaliknya orang yang hatinya bahagia pasti tersenyum tulus dari lubuk hatinya yang terdalam. Ada senyum manis, ada senyum kecut, ada senyum sinis, dan ada pula senyuman menggoda iman. Ada orang tersenyum untuk menutupi masalah yang sedang dihadapinya. Ini namanya terpaksa tersenyum supaya dilahat orang lain hatinya sedang happy. Di Indonesia banyak orang yang terlibat korupsi berusaha sedapatnya tersenyum lebar setelah keluar dari Gedung Kejaksaan Agung. Tersenyum selebarnya supaya supaya dilihat orang lain, bahwa dia pasti menang perkara , padahal dia itu hatinya kecut sekali, ... berapa ratus juta lagi harus dikeluarkan dari dalam dompetnya untuk membayar pengacara. Namanya juga terpaksa, wajah kelihatan ramah, tetapi isi hatinya sedang kusut. Orang seperti ini walaupun bibir tampak tersenyum, batinnya sangat tersiksa. Perhatikan anak-anak, mereka hatinya polos, tidak ada kepura-puraan. Tuhan berkata kepada murid-muridnya, barangsiapa tidak dapat bersikap seperti anak-anak, maka dia tidak layak memasuki Kerajaan Sorga. Wajah yang tersenyum keluar dari hati yang tulus bukan saja membuat orang lain merasa bahagia, sebaliknya bagi diri sendiri juga juga ikut merasakan hati yang bahagia.

Senyum tulus anak-anak.
Engkau merasakan suasana hati yang bahagia bukan karena makan satu piring tinoransak iga sapi atau rica-rica daging ayam pada Hari Natal, melainkan engkau mempunyai hubungan yang harmonis antara engkau terhadap Tuhan, engkau terhadap sesama manusia, dan engkau terhadap dirimu sendiri. Yesus berkata kepada orang-orang Farisi supaya mereka mengasihi Tuhan Allah dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa dan dengan segenap pikiran. Selanjutnya Yesus juga berkata supaya mereka mengasihi sesama manusia seperti mengasihi diri sendiri. Dalam dua perkataan Yesus ini ada tiga pihak engkau harus memiliki hubungan harmonis, yakni terhadap Tuhan Allah [Yehovah Elohim], terhadap sesama, dan terhadap diri sendiri. Memiliki segitiga hubungan harmonis ini, maka merasakan sejatinya bahagia. Bukan kebahagiaan semu. Tuhan merindukan engkau menikmati hati yang bahagia dalam umurmu yang singkat di planet bumi ini. Ada satu lagu yang pernah dinyanyikan oleh pastor Niko Njotorahardjo, sairnya begini : Bapa pegang tanganku, Bapa kurindu selalu, berada dekat-Mu melihat senyum-Mu, Bapa kumengasihi-Mu ... Oleh penulis lagu ini Tuhan dipersonifikasi sebagai manusia yang tersenyum ramah. Satu kebahagiaan yang didambakan oleh setiap orang dalam keluarga, daddy, mom, dan anak-anak satu sama lain berbagi senyum.

Ayub berkata kepada Tuhan, bahwa hari-hari umurnya hanya sedikit, kiranya dia memiliki kegembiraan sejenak, sebelum dia pergi ke negeri yang gelap dan kelam pekat, ke negeri yang gelap gulita, tempat yang kelam dan kacau balau, di mana cahaya terang serupa dengan kegelapan. Sebelum pergi ke dunia orang mati atau masuk ke liang kubur, kiranya Tuhan memberikan kegembiraan sedikit waktu saja. As Australian people say to come to Bali before die. Yesus menyadarkan kepada semua orang percaya, bahwa tidak ada kebahagiaan tanpa disertai kasih, sebab kasih itu sabar, tidak iri hati, dan selalu mema'afkan. Engkau tidak akan merasakan hati yang bahagia ketika engkau datang ke rumah Tuhan tanpa disertai kasih. Kasih itu membuat engkau selalu rindu datang ke rumah Tuhan untuk memuji, menyembah, dan mendengar firman. Dan, bahkan engkau tidak merasakan hati yang bahagia ketika memberi persembahan di rumah Tuhan tanpa disertai kasih. Hati yang bahagia membuat wajahmu bercahaya.

Senyum lebar.
Kemarahan, iri hati, kekuatiran, rendah diri, kesepian, dan rasa bersalah adalah faktor-faktor  umum yang mengurangi kebahagiaan. Tuhan tidak pernah membuat blue print kehidupan manusia yang penuh duri dan onak, sebaliknya manusia sebab ketidaktaatannya, maka kebahagiaan menjauh dari padanya. Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, maka faktor-faktor ini melilit jiwa manusia tanpa daya dapat melepaskan diri seperti seorang penjahat terpenjara di dalam penjara yang paling kelam. Mana yang engkau pilih di antara dua pilihan ini, ingin menjadi orang sukses atau ingin m,enjadi orang bahagia? Orang muda lebih fokus ke arah pencapaian kesuksesan. Misalnya : sukses menjadi penyanyi jazz, sukses menjadi menejer pabrik, sukses menjadi petinju klas berat, sukses menjadi aktor, sukses menjadi komedian, dan seterusnya adalah semua bentuk kesuksesan yang kasat mata yang langsung dapat dinikmati, sebaliknya hidup yang bahagia adalah filosofi yang menguras waktu dan energi untuk perenungan sepanjang hidupmu. Yang namanya merenung bikin mumed. Perhatikan baik-baik dan seksama! Daud sukses memperkuat kerajaan Yehuda, membunuh ribuan orang Filistin, orang Moab, orang Amon, tetapi dia tidak memiliki hati yang bahagia, sebab Tuhan menubuatkan dirinya melalui nabi Natan, bahwa keluarganya tidak akan jauh dari pedang. Salomo pada awal pemerintahannya di Yehuda, dia diberi hikmat dan kelimpahan harta luar biasa dari Tuhan, tetapi pada hari tuanya dia mengalami keletihan mental. Mengapa? Ia mempunyai istri sebanyak tiga ratus orang dan gundik sebanyak tujuh ratus orang. Mereka adalah perempuan dari berbagai bangsa asing. Dan, yang pasti biaya operasional mengurus istri dan gundik ini menguras dompet Salomo. Kalau Saul? Wah, orang ini lebih parah lagi. Bagaimana dia dapat mempunyai hati yang bahagia, sedangkan hatinya dipenuhi iri hati dan dendam kesumat terhadap Daud. Yudas Iskariot? Orang ini paling buruk kondisi mentalnya. Orang ini telah mengkhianati Guru-nya, Yesus dan kelompoknya, yakni teman-temannya sendiri. Seorang pengkhianat apakah dia orang Yahudi, orang Indonesia, atau orang mana saja adalah orang yang sama sekali tidak mempunyai hubungan yang harmonis terhadap Tuhan, sesama, dan dirinya sendiri. Bagaimana dengan Yusuf? Orang disebut sukses sebab telah berhasil menggapai impiannya. Yusuf tidak pernah bermimpi menjadi mangkubumi Mesir, sebaliknya dia banyak belajar dari Tuhan untuk mendapatkan hati yang bahagia sehingga ketika Tuhan menganugerahkan jabatan tertinggi setelah raja, dia disebut orang sukses disertai hati yang bahagia. Ia taat kepada perintah Tuhan, dia tidak mempunyai  dendam kepada tante Portifar, kepada juru minum raja, maupun kepada saudara-saudaranya yang jahat, dan dia tidak pernah mengeluh tentang nasibnya. Ia mempunyai hubungan yang harmonis terhadap Tuhan, terhadap sesama, dan terhadap dirinya sendiri.

Apakah engkau memiliki hubungan harmonis terhadap Tuhan? Kekuatiran merupakan problema manusia terbesar pada jaman ini. Perasaan kuatir, gelisah, dan takut adalah reaksi atas bahaya yang ada atau hanya imajinasi saja. Sumber kekuatiran adalah penyakit, ekonomi, sosial, masa depan, menghadapi persaingan, dan seterusnya. Sering kali vonnis dokter terhadap seorang pasien yang mengidap satu penyakit, katakan saja penyakit jantung, membuat pasien ini kuatir. Faktor-faktor yang membuat pasien ini kuatir juga banyak  seperti biaya operasi, anak-anaknya masih kecil siapa nanti yang mengurus kalau dia mati, dan mendengar banyak cerita tentang operasi, maka sudah cukup membuat orang ini cemas. Seorang pelaku bisniz bekerja di kantor perusahaannya sampai larut malam dan tiba di rumah pada saat istri dan anak-anak sudah tidur semua. Ia kuatir memikirkan margin perusahaan sedan merosot, sebab nilai USD yang semakin menguat sementara buruh di semua sektor menuntut kenaikan upah. Tidak ada lagi waktu yang tersedia untuk Tuhan. Besok diulanginya lagi begitu. Setiap hari hidupnya semakin jauh dari Tuhan. Lihatlah orang-orang di sekelilingmu, mereka yang hidupnya semakin jauh dari Tuhan sebab mengandalkan kekuatannya sendiri dan bergantung kepada kekuatan manusia, mereka akan mengalami hati yang semakin gersang, seperti tanah kering di padang tandus. Masing-masing orang tingkat kekuatiran dan masalah yang dikuatirkannya berbeda satu dengan yang lain. Bagi umumnya orang Indonesia ada rasa kuatir tentang masa depan, kalau sampai umur tiga puluh lima tahun masih belum menikah, sebab mereka berpikir siapa nanti yang akan mengurus pada hari tua nanti. Berbeda dengan mereka yang berada di negara-negara maju secara ekonomi, jangankan sampai umur tiga puluh lima tahun, bahkan banyak yang tidak menikah sampai mati pun sebab asuransi bagi mereka adalah jaminan ketenangan hidup di hari tua. Intinya, masalah ekonomi apa pun kaitannya dengan ekonomi membuat orang kuatir. Dua puluh persen laki-laki di seluruh dunia mengalami impotensi permanent maupun temporer. Satu di antara banyak penyebabnya adalah rasa kuatir tidak mampu melayani istrinya. Ada rasa inferior sebab diameter penisnya kurang besar, kurang panjang, dan kurang tahan lama. Kekuatiran ini mengganggu pikiran.  

Apakah engkau memiliki hubungan harmonis terhadap sesama manusia? Kemarahan adalah emosi yang dapat dialami oleh setiap orang pada saat-saat tertentu, yang dapat diekspresikan secara terpendam atau terbuka, dapat berlangsung singkat atau berlangsung lama. Sumber kemarahan adalah ketidakadilan, frustrasi, terancam, kebiasaan, dan rohani yang tidak sehat. Seorang atasan membuat keputusan yang salah terhadap salah satu dari dua bawahannya sehingga ada pihak yang dirugikan atas putusan yang tidak adil ini, maka kejadian ini menimbulkan kemarahan. Orang yang berturut-turut di tempat berbeda mengikuti beberapa test untuk beberapa bidang yang diminati, seperti pilot, tentara, pegawai negeri, operator pabrik, tetapi satu pun tidak ada yang mencapai goal, maka keadaan ini dapat membuat orang ini menjadi frustrasi. Orang yang terancam harga dirinya akan melawan sekuat tenaga terhadap orang yang membuatnya marah. Seorang anak melampiaskan kebiasaan marahnya biasanya meniru dari satu dari kedua orang tuanya, daddy atau mom. Orang yang tidak bergaul akrab dengan Tuhan, yakni berdoa, membaca Alkitab, dan sempit pergaulan, maka orang ini mudah tersinggung dan marah. Dalam keadaan lapar orang juga dapat marah. Oh, ya, singa betina atau singa jantan, macan belang kalau lapar pasti marah mereka. Itulah sebabnya seorang raja menjaga rakyatnya jangan sampai kelaparan. Revolusi Prancis meledak awalnya disebabkan karena raja tidak dapat menyediakan roti yang cukup buat rakyatnya sementara di istana pesta pora jalan terus. Apa namanya ini? Ketidakadilan! 

Orang Sunda. Ganteng, ya.
Tindakan yang dapat dilakukan oleh orang yang sedang marah, antara lain adalah menarik diri dari lingkungan, menyimpan kemarahan, mencari kambing hitam, dan yang paling parah adalah tindakan balas dendam. Keluar dari ruangan, pergi berlibur ke luar kota, minum minuman alkoholik, dan mengonsumsi obat-obatan penenang adalah cara-cara menarik diri dari lingkungan ketika sedang marah. Menyimpan kemarahan selama bertahun-tahun sampai emosi reda dengan sendirinya, tetapi ingatan terhadap orang yang membuatnya marah tetap tersimpan di dalam memori otaknya. Kalau toh pada suatu hari bertemu kembali dengan orang yang membuatnya marah, yang terjadi adalah hubungan dingin dan jaga jarak dan jaga imej. Pelampiasan kemarahan dengan mencari kambing hitam adalah yang paling sering terjadi. Kambing hitam adalah satu istilah korban pelampiasan kemarahan dari orang yang sedang marah. Korban pelampiasan kemarahan dapat siapa saja, istri, anak, tetangga, atau orang-orang di kantor. Dapatkah orang yang sedang marah bibirnya menampilkan senyum tulus dari dalam lubuk hatinya?


Apakah engkau memiliki hubungan harmonis terhadap dirimu sendiri?
Iri hati adalah perasaan tidak senang yang timbul sesab sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Dan, perasaan ini biasanya terjadi sebab perasaan kehilangan atau kekurangan yang timbul sebab melihat sesuatu yang dimiliki oleh orang lain. Sumber iri hati adalah merasa dirinya gagal, rendah diri, cinta uang, dan tidak pernah mengucap syukur. Efek iri hati adalah ingin orang lain celaka, tidak pernah suka-cita, kejahatan, tidak kooperatif, dan dosa. Pada saat seseorang berusaha sekuat tenaga untuk mendapatkan jabatan menejer produksi suatu pabrik. Ia gagal mendapatkan kesempatan ini, sebab dia tidak berhasil dalam test and proper, sementara temannya berhasil mendapatkan posisi menejer keuangan pada pabrik yang sama. Yang satu berhasil, sementara yang lain ada yang gagal. Mereka berasal dari satu sekolah yang sama, tetapi nasibnya yang beda. Namun, apabila dia sejenak saja bersedia melihat ke bawah seharusnya dia menyadari, mungkin masih banyak teman-teman satu angkatannya masih berjabatan kepala regu saja.


Saul itu sudah menjadi seorang raja, tetapi dia iri hati kepada Daud yang hanya komandan lapangan pasukan. Jabatan Daud itu dibawah Saul. Ia iri hati karena satu nyanyian yang mengatakan, bahwa Daud membunuh musuh lebih banyak dibandingkan dengan Saul. Nyanyian ini membuat dia merasa rendah diri di hadapan Daud. Demikian bencinya terhadap Daud, maka dia selalu berusaha mendapatkan kesempatan untuk membunuh Daud, tetapi tidak pernah berhasil. Iri hati adalah seperti penyakit kanker menggerogoti jiwa manusia sehingga orang yang bersangkutan sangat tertekan jiwanya.

Cinta uang atau cinta kebendaan adalah satu pandangan hidup yang memfokuskan, bahwa dengan uang segalanya dapat diraih, maka bagi orang seperti ini segala cara ditempuh untuk mendapatkan uang sebanyak mungkin. Seseorang menginginkan sesuatu yang dilihatnya tetangga memilikinya, tetapi dia tidak mempunyai kemampuan untuk memilikinya. Bagi orang yang beriman tipis, maka segala cara ditempuh sehingga keinginannya terpenuhi. Bagaimana caranya? Di Indonesia cara yang lumrah dilakukan adalah korupsi, jika dia seorang birokrat negara. Orang yang menjadikan uang sebagi tuhannya tidak akan pernah terpuaskan nafsu hedonismenya. Walaupun berkelimpahan harta dan uang, seorang koruptor selamanya tidak pernah tenang hidupnya.

Putuskan faktor-faktor yang menihilkan kebahagiaan. Faktor-faktor tersebut di atas kalau dibiarkan terus-menerus pada satu saat akan menimbulkan bermacam-macam penyakit baik secara psikhis maupun fisik, seperti stress luar biasa, keletihan mental, depresi, hipertensi, kardiovaskular, gatal-gatal, diabetis mellitus, jantung, dan lain sebagainya. Apalah artinya satu kesuksesan yang telah engkau capai menjadi menejer pabrik atau menjadi penyanyi tenar, tetapi dari hasil satu konspirasi kecurangan? Orang yang telah melakukan kejahatan suara hati terdalamnya setiap saat menegur jiwanya sepanjang hidupnya. Pada waktu dia bangun dari tidurnya di pagi hari, merenung sendirian pada waktu minum kopi di coffe shop, atau pada waktu malam sebelum tidur, anytime dia dikejar dosa. Dikejar dosa itu tekanan mental yang memboroskan energi, akhirnya dia mengalami keletihan mental. Tiga hal saja yang harus dilakukan oleh seseorang yang ingin memperoleh kebahagiaan yang sejati, yakni : berdamai dengan Tuhan, berdamai dengan sesama, dan berdamai dengan diri sendiri.

Burung-burung di udara tidak pernah menyimpan makanan di lumbung dan sapi lembu tidak menanam rumput, tetapi mereka tidak kelaparan. Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling mulia dari seluruh ciptaan-Nya, maka pastilah Tuhan sangat memperhatikan manusia lebih dari burung-burung maupun sapi lembu atau kambing domba. Jadi, jangan mengkuatirkan apakah besok masih dapat makan. Jangan mengkuatirkan lagi apakah besok nilai tukar rupiah akan menguat. Tidak perlu mengkuatirkan yang tidak tidak dapat diubah lagi. Mengucap syukur saja Tuhan memberimu diameter dua inchi dan panjang enam inchi. Serahkan rasa kuatirmu kepada Tuhan, maka Dia yang menyelesaikan masalahmu. Carilah Kerajaan Allah dan kebenarannya. Kerajaan Allah adalah satu tempat di situ Tuhan mempunyai kuasa menghadirkan sejatinya hati yang bahagia kepada orang yang dikasihi-Nya. Tuhan memberi satu piring nasi plus ayam goreng kepada orang yang dikasihi-Nya, ketika orang yang dikasihi-Nya sedang tidur. Kiranya engkau terhitung sebagai orang yang dikasihi oleh-Nya.

Marah itu bukan dosa, tetapi dibalik kemarahan itu dosa sedang mengintip. Cukuplah marah itu satu hari saja. Sebelum matahari terbenam engkau harus menyelesaikan masalahmu dengan seseorang yang membuat engkau marah. Engkau yang harus memiliki inisiatif menyelesaikan. Engkau tidak menyelesaikan masalah yang membuat engkau marah sampai lewat matahari terbenam, maka engkau sudah menyimpan bom waktu di dalam tubuhmu sendiri. Hari esok engkau ulangi lagi dengan orang yang sama atau dengan orang lain, begitu terus engkau menyimpan kemarahan. Susu ditekan, maka keju yang keluar. Barangsiapa menahan kemarahan, maka setiap saat dia akan menumpahkan pertengkaran. Bertengkar artinya berbicara dengan hati yang marah dengan mengungkit-ungkit masalah-masalah lama. Orang yang sering bertengkar kecenderungannya menyebabkan tekanan darah semakin meningkat, bahkan dapat melewati ambang aman, yakni 150/110 mm Hg. Inilah yang disebut bom waktu yang setiap saat dapat meledak, yakni mendapat serangan stroke.

Manusia dengan segala kejayaannya tidak mempunyai pengertian, boleh disamakan dengan hewan yang dibinasakan. Apakah tetanggamu seorang menejer produksi pabrik semen, apakah temanmu seorang menejer personalia pabrik keramik, apakah ada tetanggamu kaya raya yang dermawan menyumbangkan kekayaannya untuk berbagai yayasan sosial, mereka semua yang aku sebutkan ini pada akhirnya pergi menuju ke negeri gelap gulita. Mereka segera dilupakan orang dan kejayaan dunia yang dikejar dengan susah payah tidak dibawa mati. Tubuh orang mati menjadi debu dan jiwa menyatu dengan tanah, sementara nafas kehidupan kembali kepada Pencipta. Engkau dapat mengucap syukur dengan hati yang tulus, jika engkau mempunyai pengertian, bahwa hidup ini pada akhirnya menuju kekekalan.-




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar