Selasa, 16 Juni 2015

Ketika Tuhan Hadir Dalam Bentuk Nasi Kotak


Kebahagiaan itu letaknya tidak jauh dari diri kita dan harganya juga tidak mahal. Mengatakan kebahagian itu mahal dan sulit untuk dijangkau, maka sebenarnya engkau adalah manusia yang paling tidak bahagia di dunia. Seseorang akan merasakan tidak bahagia kalau dia mulai membandingkan kekurangan dirinya dengan orang lain. Orang ini makan nasi dengan tempe goreng saja, sedangkan tetangga makan nasi dengan tambahan semur kentang daging sapi, ayam goreng, telur rebus balado, dan semur ikan lele goreng. Orang seperti ini tidak akan pernah merasa bahagia, manakala dia inward looking dari sisi kekurangan dirinya saja dibandingkan dengan orang lain.Tidak pernah ada perkataan Tuhan mengatakan, bahwa engkau menjadi bahagia karena makan nasi dengan ayam goreng dan rendang daging sapi. Perhatikan saja baik-baik, justeru banyak orang menyesal banyak makan ayam goreng sekarang badannya menjadi over weight.

Adalah seorang evangelis tua bernama Donatto Munoz menetap tidak jauh dari stasiun commuter line Bekasi. Dulu, lima belas tahun yang lalu sebelum dia memutuskan menjadi evangelis, dia adalah analis kimia di pabrik semen di Cibinong, Bogor. Demikianlah dia menuturkan kisah hidupnya kepadaku, bahwa ketika dia masih bekerja dan dompetnya tebal, dia biasa dapat makan tenderloin steak di restoran di mana saja. Ia pantas disebut seorang laki-laki penjelajah kuliner. Hampir semua restoran di Jakarta dan Bogor pernah dia singgahi. Sekarang dia harus berharap saja kalau ada yang mentraktir makan steak, barulah dia dapat menikmati makanan enak ini,.sebab sekarang dia telah pensiun dari pekerjaan lamanya. Marilah aku mulai kisah satu kotak berisi nasi yang telah mengubah hidupnya menjadi orang yang selalu bersyukur.

Nasi kotak adalah nasi yang diletakkan ke dalam kotak yang terbuat dari karton tebal, di dalamnya ada alas plastik kaku seukuran dengan alas kotak. Alas kotak ini mempunyai beberapa cekukan. Cekukan ini tempat meletakkan nasi, sayur, sambal, dan lauk. Nasi kotak tersedia mulai dari harga paling murah sampai yang paling mahal tergantung pesanan. Mau pilih menu seperti ini, nasi pulen beras Cianjur, ayam goreng, rendang daging sapi, sambal goreng hati ayam, perkedel, sayur tumis buncis udang, sambal terasi, kerupuk udang, dan satu gelas plastik air mineral. Nasi kotak seperti ini harganya antara IRD 20 ribu sampai 25 ribu. Tapi ada juga nasi kotak yang harganya setengah, bahkan satu per tiga dari harga ini, tentu dengan menu yang lebih sederhana. Nasi kotak biasa digunakan untuk acara kenduri keluarga, seminar, atau pelatihan di perusahaan. Namun, semahal-mahalnya nasi kotak biasanya orang lebih menghargai makan ala buffet. Orang sering meremehkan nasi kotak, apalagi nasi kotak murahan dengan menu sangat sederhana. Dengan pandangan mencibir …. aaaaah nasi kotak, nasi kotak lagi. Dari kualitas kotaknya saja sudah dapat ditebak menu apa yang terdapat di dalamnya. Kotaknya polos dan kualitas karton tipis, maka sudah tahu apa isi menunya, yakni nasi, bihun goreng, orak-arik tempe, tahu goreng, sambal terasi, dan satu gelas plastik air mineral. Inilah nasibnya nasi kotak selalu dianggap remeh.

Nasi kotak adalah kelanjutan nasi besek atau sego besek. Besek adalah anyaman bamboo yang dibentuk kotak sama sisi, di bagian bawah diberi alas daun pisang. Nasi besek berisi nasi kuning gurih, tambahannya adalah ayam goreng, bihun goreng, orak-arik tempe, sambal goreng hati ayam, daging sapi empal gepuk, sambal terasi, dan topping-nya rajangan telur dadar. Dalam perkembangan jaman selanjutnya bamboo dan daun pisang semakin sulit didapatkan, maka kotak terbuat dari karton adalah solusi pengganti besek terbuat dari anyaman bambu. Sego besek adalah kebiasaan orang Jawa memberikan bingkisan berisi makanan setelah acara kenduri slametan atau kenduri apa saja. Orang Jawa yang masih tradisional biasa menyebut sego besek sebagai ber.kat. Orang yang menerima ber.kat pasti senang membawa pulang, sebab dalam mind-set orang Jawa mendapat ber.kat, artinya mendapat sesuatu yang baik dari Gusti Allah. Dan, selain itu menu ber.kat jauh lebih enak dibandingkan nasi kotak jaman sekarang. Orang jaman sekarang yang tidak mengenal jaman emasnya ber.kat tentu tidak dapat membandingkan masalah rasanya. Pada jaman keemasan sego besek tidak ada ceritanya orang meremehkan sego besek dengan cibiran, ….. sego besek, sego besek neh, sebab sego besek adalah berkat. Dapat memahami filosofi sego besek atau ber.kat, maka nasi kotak itu tidak lain adalah berkat dari Gusti Allah juga.   

Hanya orang yang perutnya lapar sekali, maka orang seperti ini dapat menikmati makanan yang paling buruk sekali pun kualitasnya. Seperti apa makanan disebut berkualitas buruk? Nasi dengan ditaburi butiran garam saja, maka makanan seperti ini layak disebut berkualitas buruk. Kalau orang ini sudah mengenal betapa baiknya Tuhan, dia tentu mengetahui yang seharusnya dia lakukan sebelum memasukkan satu suapan nasi ke dalam mulutnya, yakni dia mengucap syukur terlebih dahulu. Tanyakanlah kepada orang yang bersungguh hati berpuasa, bagaimana rasanya saat berbuka puasa dengan satu piring nasi dengan ditaburi garam saja. Sungguh terasa nikmat sekali! Itulah manfaatnya berpuasa, yakni supaya engkau lebih dalam lagi mengenal Tuhan melalui pengucapan syukurmu. Adakah bagi seorang pelahap mempunyai rasa syukur setelah menikmati semua yang telah dicicipinya? Bagi seorang pelahap, walaupun perut telah penuh, mulut tidak akan berhenti meneteskan air liur terhadap semua hidangan yang tersaji di hadapannya. Sebenarnya bukan orang miskin atau orang kaya, melainkan orang yang mengenal kebaikan Tuhan saja yang dapat menikmati berkat makanan melalui pengucapan syukur.

Donatto mempunyai seorang anak perempuan yang masih bersekolah di Sekolah Menengah Atas Kristen. Tidak lama setelah anaknya mengikuti ujian akhir, anaknya mengikuti pelatihan calon agen asuransi perusahaan asing berkedudukan di Jakarta. Dengan bersusah payah pada akhirnya anaknya menyelesaikan sekolah di sini. Uang sekolah sering menunggak adalah hal biasa bagi anaknya. Anaknya dan teman-temannya telah dinyatakan lulus 100 persen. Ia mengharapkan anaknya dapat melanjutkan ke sekolah tinggi menejemen bisniz. Bapak gembala di mimbar sering berkata dalam khotbah, bahwa tidak ada yang tidak mungkin bagi Tuhan. Pelatihan diadakan oleh perusahaan asuransi ini setiap hari Sabtu, satu hari penuh. Kadang-kadang pelatihan dimulai pukul 13.00, maka tiba di rumah sering sampai pukul 22.00. Pada acara pelatihan seperti ini peserta calon agen diberi hidangan pengganjal perut berupa nasi kotak.

Selama pelatihan anaknya bermalam di rumah saudara dari istrinya di Tangerang Selatan. Pada suatu Sabtu anaknya dan istrinya berangkat bersama menuju tempat pelatihan dari stasiun Sudimara dan berhenti di stasiun Sudirman. Istrinya dan anaknya telah beberapa hari bermalam di rumah saudara istrinya dan Donatto sendirian di rumah. Ia juga menekuni kegiatan menulis sebagai bagian dari kegiatan evangelis, tetapi sampai saat ini kegiatan menulisnya belum menunjukkan hasil nyata. Lima tahun berjalan dia telah menjadi seorang blogger. Banyak hal ajaib yang tak dapat ditebak dalam dunia blogger sehingga seseorang berhasil mendapatkan nafkah dari kegiatan menulis di dunia maya. Dalam dunia nyata saja, Pramoedya Ananta Toer selalu memberi semangat kepada setiap the beginners, tulis terus, tak perlu tahu hasilnya seperti apa. Tekun dan sabar, itulah kuncinya. Go! Go! Go! Hari-hari menjelang anaknya perempuan mengikuti ujian akhir sekolah saat ini ekonomi keluarganya dalam keadaan minus. Sendirian dia berada di rumah dengan dibekali uang seadanya.

Malam hari kira-kira pukul delapan dia menjemput istrinya dan anaknya perempuan yang telah menunggu di depan stasiun commutter line Bekasi. Istrinya membawa bingkisan nasi kotak. Tiba di rumah istrinya bercerita kepadanya, bahwa istrinya ikut bergabung dengan kelompok pelatihan anaknya, karena itu istrinya mendapat jatah satu kotak pengganjal perut pada jam makan siang, … nasi kotak. Nasi kotak ini menu sangat sederhana, yakni nasi putih yang dicetak dalam mangkok kecil, bihun goreng, tempe goreng, sedikit sayur kacang panjang, dan sambal terasi murah. Istrinya teringat, bahwa dia di rumah belum makan, maka diambilah jatah nasi kotak makan siang peserta yang hadir di situ. Satu kotak saja, walaupun ada beberapa nasi kotak yang berlebih. Istrinya berpikir, kalau dibawa pulang berarti menunggu sampai delapan jam, sebagian isi nasi kotak dapat basi, maka istrinya memakan bihun goreng, sayur kacang panjang, dan tempe goreng. Jadi, yang dibawa pulang ke rumah adalah nasi kotak berisi nasi saja. Dulu, ketika masih ada uang cukup kalau dapat jatah makan nasi kotak di pabrik, sering meremehkan nasi kotak ….. aaaaah nasi kotak lagi, nasi kotak lagi, apalagi nasi kotak menu sangat sederhana seperti sekarang ini.

Kegetiran hidup yang pernah dirasakan oleh kedua orang tuanya dulu, kini dia mengalaminya sendiri, bahkan beberapa butir telur ayam untuk digoreng saja tidak ada. Beras sudah tak ada lagi. Terasi untuk membuat sambal sederhana saja tak punya. Hanya punya rodong plastik berisi garam. Kambing domba tak ada lagi dan lembu sapi tak ada. Semua terhalau. Ini adalah penggalan syair yang melukiskan kalau seseorang sudah tak mempunyai apa-apa lagi. Ia mengucap syukur kepada Tuhan, sebab masih dapat makan, walaupun nasi kotak saja dan ditaburi beberapa butir garam dari dalam rodong plastik tadi. Terasa nikmat. Nikmaaaaat sekali! Enaaaaaaaaak! Ia berkata kepadaku, bahwa rasanya melebihi satu piring tenderloin yang paling lezat di Jakarta. Rasanya melebihi satu piring nasi goreng paprika udang plus telur goreng setengah matang. Ia terharu dengan perhatian dari istrinya.

Kebahagiaan itu ada ketika seseorang selalu mengucap syukur atas berkat yang hadir dalam kehidupannya sesederhana apa pun. Masih bagus nasi kotak ini dia terima dari tangan istrinya, bukan dia mengambil dari tong sampah. Tuhan masih memuliakan Donatto sebagai manusia. Aku berkata kepadanya, bahwa dia manusia beruntung masih dapat makan nasi kotak dengan menu paling sederhana sekali pun, sebab masih banyak orang miskin yang mungkin pada saat ini belum makan. Tuhan hadir dalam bentuk nasi kotak menunjukkan, bahwa Dia masih setia memelihara hidupnya. Dan, hidup kita juga sebagai orang percaya.-


Cerita ini adalah kisah sejati, nama pelaku adalah samaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar