Rabu, 24 Juni 2015

Air Sehat Adalah Air Yang Jernih Dan Air Yang Mengalir

Pemahaman bangsa Yahudi tentang air hidup adalah jika air mengalir lancar dari sumbernya ke tempat-tempat yang lebih jauh. Air sungai yang mengalir lancar dan jernih, maka sungai seperti ini layak disebut sehat dan memberi kehidupan. Sebagaimana mereka melihat air sungai Jordan mengalir lancar dari sumbernya di lembah Gunung Hermon menuju Danau Galilea terus bermuara di Laut Mati. Mereka memiliki pemahaman berkaitan dengan jiwa yang dahaga kepada Allah perlu dipuaskan dengan air hidup. Air hidup adalah suatu ekspressi yang sering diartikan sebagai hikmat Allah juga dengan Roh Allah. Air yang menyehatkan kehidupan jasmani adalah air yang mengalir lancar dari sumbernya, sebaliknya Roh Allah adalah seumpama air yang lancar mengalir yang menyehatkan kehidupan rohani.

Air adalah bentuk kehidupan dalam arti nyata. Setiap hari penduduk kota membutuhkan air baku untuk diolah menjadi air minum dan berbagai keperluan yang lain. Air minum harus jernih dan tak berbau. Keberadaan sungai mempunyai daya guna sebagai penggerak roda ekonomi yang meliputi industri, pertanian dan transpor. Sungai yang sehat itu airnya jernih dan mengalir lancar. Di negera-negara industri maju adalah satu kewajiban utama bagi setiap pabrik membersihkan air limbah pabrik sebelum dibuang ke dalam aliran sungai. Pada dekade 60 sungai-sungai di Bekasi, Jakarta, dan Tangerang masih layak untuk mandi sebab air sungai masih mengalir lancar dan relative masih bersih. Sekarang banyak pabrik dan limbah dibuang semau saja sementara pemerintah membiarkan saja pura-pura tidak tahu. Disuap? Wilayah luas hutan di perbukitan seharusnya tidak digunakan untuk perluasan pemukiman, sebab tempat ini adalah tempat penyimpanan air di bawah tanah dalam areal yang sangat luas. Air bawah tanah ini berfungsi menahan perembesan garam dari air laut, walaupun letak cadangan air bawah tanah ini puluhan kilometer dari garis pantai. Inilah fungsi air untuk pelestarian lingkungan. Kehidupan nyaman hanya ada di planet bumi, sebab atmosfir bumi memenuhi syarat untuk kebutuhan manusia, yakni uap air, gas karbondioksida, gas nitrogen, dan suhu yg nyaman.   

Pengajaran yang benar itu seperti air jernih yg mengalir. Air hidup itu adalah suatu ungkapan. Air yang jernih dan mengalir lancar pasti air sehat, sebaliknya ajaran yang benar juga mengalir lancar ke dalam pikiran seseorang. Ajaran yang benar membuat pikiran damai dan jiwa menjadi tenteram, sebaliknya ajaran yang tidak benar pasti akan menimbulkan pertentangan di dalam batin, pikiran yang saling menuduh antara ide yang satu terhadap ide yang lain. Dan, pertentangan seperti ini pada akhirnya membuat jiwa menjadi tidak tenteram. Air sehat identik dengan ajaran yang benar. Suatu ajaran sangat sulit diterima oleh satu kelompok masyarakat, sebab ajaran ini tidak memberi indikasi lebih unggul dari ajaran yang sedang dianut oleh kelompok masyarakat ini, atau belum ada kesejajaran logika antara ajaran ini dengan mind-set kelompok masyarakat ini. Orang harus banyak belajar. Orang yang tidak pernah belajar, maka horizon orang ini menjadi sempit, mudah putus asa, dan mudah marah. Orang yang memiliki horizon sempit sulit menerima eksistensi orang lain, takut eksistensi dirinya akan terdesak oleh orang lain, inilah sebabnya membangun gedung gereja di Indonesia ukuran kecil sekali pun sulit direalisasikan. Orang yang mempunyai banyak pengetahuan karena banyak belajar, maka orang seperti ini tidak mudah putus asa. Orang yang mempunyai sedikit pengetahuan, hatinya mudah marah untuk menutupi kekurangan dirinya. Orang harus banyak belajar melalui pengajaran yang benar.

Pengajaran yang benar itu berasal dari perkataan Tuhan. Seperti apa perkataan Tuhan yang diterima sebagai ajaran yang benar. Orang bebal mempercayai kebenaran sebab Roh Kebenaran memberi terang ke dalam pikirannya sehingga dia memiliki pemahaman yang benar akan perkataan Tuhan. Inilah perkataan Tuhan yang membimbing orang percaya menuju kebenaran. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Dia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa [Yohanes 3:16]. Berbahagialah orang-orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati, yang juga tidak melakukan kejahatan tetapi yang hidup menurut jalan-jalan yang ditunjukkan-Nya [Mazmur 119:2]. Aku adalah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku [Yohanes 14:6]. Hati-hatilah, supaya jangan ada yang menawan kamu dengan filsafatnya yang kosong dan palsu menurut ajaran turun-temurun dan roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus [Kolose 2:8].

Simpulan : Jangan membiarkan ada kuasa-kuasa jahat yang dapat mengganggu kelancaran aliran hikmat Allah ke dalam jiwa saudara. Ajaran Kristus harus mengakar kuat di dalam pikiranmu. Ajaran Kristus yang telah mengakar di dalam hatimu, maka ajaran ini seperti air yang keluar dari sumbernya tak ada habisnya, ajaran Tuhan meluap terus-menerus dari hatimu memberi ketenteraman bagi jwa orang lain.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar