Jumat, 31 Oktober 2014

6 Nasehat Mencegah Stroke

Stroke adalah satu kondisi karena pembuluh darah di dalam otak pecah secara tiba-tiba sehingga pasokan oksigen tidak mencapai tujuannya, yakni memberi kehidupan jaringan urat saraf di dalam otak. Kekurangan pasokan oksigen secara tiba-tiba di tempat jaringan saraf ini, maka sebagian atau seluruh tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya lagi. Jaringan urat saraf tersebar dari otak ke seluruh tubuh sampai ke ujung bagian paling tepi, maka di tempat ini disebut saraf tepi.. Urat saraf itu seperti jaringan kabel listrik sangat halus mengirimkan rangsangan dari luar melalui impuls-impuls saraf dikirim ke otak dan dari otak mengirimkan pesan ke saraf otonom untuk melakukan sesuatu yang diperintahkan oleh otak. Kabel listrik sangat halus dalam arti sebenarnya terbuat dari bahan tembaga dapat terganggu fungsinya sebab kabel mengalami korosi sehingga aliran listrik terputus. Jaringan urat saraf itu mendapat kehidupan sebab ada darah mengalir yang membawa oksigen yang dibawa oleh pembawa oksigen [oxigen carrier] yang disebut haemoglobin. Oksigen yang membuat kehidupan jaringan saraf ini beraksi seperti yang dikehendaki oleh refleksi otak, maka perlu dan penting sekali untuk memperhatikan 6 nasehat dibawah ini, yaitu :

Kendalikan tekanan darah. Tekanan darah dapat berupa tekanan darah tinggi [hipertensi] dan tekanan darah rendah [hipotensi]. Kedua jenis tekanan darah ini mempunyai potensi yang sama menyebabkan stroke. Tujuan mengontrol tekanan darah secara rutin adalah supaya tekanan darah tetap terkendali dalam kisaran 120 - 160 mm Hg untuk sistolik dan 80 - 120 mm Hg untuk diastolik. Orang dapat dianggap telah mempunyai hipertensi, jika tekanan darah telah mencapai atau di atas 160/120 mm Hg. Tekanan darah yang sangat tinggi dapat memecahkan pembuluh darah di bagian dalam otak. Pembuluh darah di dalam otak pecah menyebabkan pendarahan, maka segera pasokan oksigen terhadap jaringan saraf terjadi dengan cepat. Sementara seseorang disebut mempunyai masalah hipotensi, jika tekanan darah pada posisi jauh di bawah 110/70 mm Hg. Tekanan darah serendah ini memang tidak menyebabkanpembuluh darah di dalam otak pecah, tetapi pasokan oksigen semakin lama menjadi miskin, sehingga refkes gerakan semakin lemah atau tidak ada refleks sama sekali. Jangan abaikan tekanan darah, periksalah secara rutin satu minggu sekali.

Kendalikan kadar gula. Di dalam darah orang sehat terdapat glukosa antara 85 - 100 mg per dL darah. Kadar glukosa yang sangat berlebihan dapat menyulitkan oksigen beredar di dalam darah mencapai jaringan saraf di dalam otak. Tidak usah dipikirkan nilai berlebihan itu berapa tingginya. Anyhow, begitu mencapai nilai 150 mg per dL, waspadalah segera. Kadar gula yang sangat tinggi dan akut dapat menyebabkan saraf otonom batang kontol tidak berfungsi sehingga Mr Penis tidak dapat ereksi sama sekali. Mr Penis mengalami stroke sebab sensor saraf otonom kekurangan oksigen, tetapi kasus ini biasa disebut impotent. Lakukan kontrol gula darah sewaktu secara rutin satu minggu sekali dan kontrol gula darah puasa setiap perioda enam bulan sekali. Aku mempunyai seorang guru laki menetap di daerah Sawangan, Bogor. Pada satu hari dia sedang berjalan di satu taman di rumahnya sendiri, tiba-tiba jatuh dan tidak dapat bangun lagi. Ia memang penderita diabetis mellitus yang sudah parah. Sampai akhir hidupnya dia berjalan dengan kursi roda.

Membuat pembuluh darah tetap lentur. Kondisi yang paling berbahaya sebetulnya adalah ketika pembuluh darah halus di otak pecah. Kalau tidak pecah, kondisi yang paling sering dialami adalah kepala pusing berdenyut. Banyak kasus orang merasakan kepalanya sakit dan berdenyut setelah terkena benturan, tetapi dianggap pusing biasa saja dan nanti sebentar lagi juga akan sembuh sendiri. Minum obat akit kepala aspirin, sembuh, biarkan lagi. Sakit kepala lagi? Ulangi lagi seperti yang pertama, sampai akhirnya keadaan parah terjadi, yakni ambruk tidak dapat berdiri lagi. Ketika kepala dilakukan scan, barulah terlihat ada infark kecil, tetapi keadaan sudah terlambat. Kondisi seperti ini mungkin memang sudah ada pembuluh darah yang pecah, tetapi dirasakan masih dapat berdiri dan sedikit pusing saja, biasanya keadaan seperti ini sering diabaikan begitu saja. Ada seorang teman berkata kepadaku, bahwa tangan yang kita miliki itu dipakai untuk berpegangan terhadap sesuatu di dinding kamar mandi. Usia semakin tua juga menjadi sebab pembuluh darah semakin tidak lentur, maka untuk memperpanjang umur kelenturan pembuluh darah disarankan mengonsumsi vitamin E satu hari satu kaplet.
 
Benturan di kepala. Siapa yang tidak mengetahui Muhammad Ali, pemilik nama asli, Cassius Clay dari sumber berita mana pun di dunia. Ia pernah menjadi petinju legendaris klas berat dari Amerika Serikat dan dia mencapai puncak kemenangan klas berat pada decade 70. Ia mengalahkan Sonny Liston, Joe Frazier, Joe Bugner, Ken Norton, George Foremen, dan Larry Holmes. Namun, ada akhir karirnya sebagai petinju tak terkalahkan, dia mengalami stroke Parkinson akibat benturan-benturan keras yang mengenai kepalanya selama bertahun-tahun bertinju. Ia masih hidup sampai sekarang Parkinson. Kepalan tinju siapa yang paling fatal yang membuat dia mengalami Parkinson? Pertanyaan ini akan dapat dijawab apabila setelah Ali wafat dilakukan otopsi atas otaknya. Sudah banyak peristiwa pertandingan olah raga tinju berakhir dengan kematian di atas ring. Sebetulnya bukan pertandingan adu tinju yang menjadi masalah stroke, melainkan siapa saja yang pernah mengalami benturan keras di bagian kepala oleh sebab apa saja, maka seharusnya memeriksakan diri sejak awal ke dokter. Di kamar mandi lebih banyak orang menjumpai terkena stroke sebab jatuh terpeleset dengan kepala membentur lantai atau dinding kamar mandi.
 
Kendalikan kadar kolestrol. Mengonsumsi makanan yang berbasis hewani akan meningkatkan kadar LDL [bad cholestrol], sehingga semakin banyak menumpuk di dalam arteri dan seterus sampai ke pembulus darah paling halus di dalam otak. Liver menghasilkan banyak LDL, maka jangan menambahi lagi jumlah LDL melalui makanan sehari-hari. LDL bersama trigliserida, yakni substansi lemak di dalam darah akam semakin banyak melekat di sepenjang dinding arteri sampai seterus ke pembuluh darah paling halus di dalam otak dan seterusnya membuat elastisitas pembuluh darah menjadi berkurang [rigid]. Trigliserida semakin meningkat, kecenderungan peningkatan gula darah juga semakin meningkat. Sumber kolestrol kadar tinggi adalah ayam goreng, hamburger, daging bebek goreng,rendang daging sapi, soto babat + usus sapi, nasi goreng babat, gulai otak sapi,dan semua bagian dalam sapi. Kadar kolestrol semakin meningkat di dalam darah lebih banyak disebabkan gaya hidup di kota-kota besar yang lebih mengutamakan makanan cepat saji dan makanan instan.

Kekurangan nutrisi. Mengonsumsi makanan dengan nilai gizi di bawah standar minimum kalori per hari dengan tujuan puasa itu baik untuk kesehatan. Berpuasa yang baik itu ada takarannya, berapa lama puasa itu dilakukan. Tanpa takaran yang jelas, setiap hari mengonsumsi makanan dengan nilai gizi minimum, maka orang yang melakukan puasa seperti ini bukan membawa kebaikan bagi kesehatan tubuh, bahkan sebaliknya akan merusak tubuh. Orang yang kekurangan gizi baik dalam kualitas dan kuantitas dalam jangka waktu lama, maka jaringan saraf yang ada di dalam otak pada suatu saat akan kekurangan pasokan oksigen. Jumlah dan kualitas protein adalah jawaban atas kebutuhan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Protein mempunyai responsibilitas terhadap pembentukan enzyme, hormon, kolestrol, haemoglobin, pengendali pH  dan tekanan darah, dan pembangun sel-sel rusak. Bahan makanan sehat dan banyak mempunyai protein adalah ikan salmon, gindara, blue marlene, black pomphret, ga.bus [semacam snakehead], lobster, kacang merah, kacang tolo, dan kacang kedelai.

Aku mempunyai pengalaman 7 kali menjalani rawat inap di dua hospital, di Jakarta dan Bekasi. Dan, terakhir aku harus menunggu ibuku yang yang pernah dirawat di hospital di Bekasi sebab usia sudah sangat tua dan menderita stroke. Aku menggali banyak informasi riwayat setiap pasien di hospital yang pernah aku kunjungi. Aku hanya ingin berbagi pengalaman dengan siapa saja yang mendambakan hidup sehat.-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar