Senin, 10 November 2014

Hakekat Kekayaan Dunia Adalah Kebahagiaan Fatamorgana

A man who lives with many riches but without understanding is like the beasts that perish [Proverb xlix:20].

Roti sobek untuk sarapan.
Aku sudah bertemu beberapa kali dengan Roberto Munoz selama dua minggu ini. Setiap kali kami bertemu dia memberikan pertanyaan yang sama, yakni hikmat itu apa. Jawabku kepadanya, hikmat itu adalah gabungan kecerdasan, pengetahuan, dan kearifan. Kecerdasan bersifat natural, bawaan sejak lahir, pengetahuan adalah upaya manusia mau belajar untuk meningkatkan taraf hidup, sedangkan kearifan diperoleh dari pengalaman hidup dalam pergaulan dengan sesama manusia selama bertahun-tahun. Hikmat itu jauh berharga dibandingkan dengan permata. Apa pun yang dimiliki orang di bawah langit ini, tidak dapat menyamai nilainya hikmat. Karena mempunyai hikmat, manusia menjadi makhluk ciptaan Tuhan yang paling mulia. Tapi mengapa ada orang lebih dimuliakan dibandingkan dengan yang lain? Sebab dengan mengejar dan memamerkan kekayaan dunia manusia berusaha bagi dirinya sendiri untuk mendapatkan kemuliaan. Banyak usaha keras dilakukan manusia untuk mendapatkan kekayaan berlimpah, misalnya menjadi pemain bola, pemain tennis, pembalab mobil atau motor, penghibur, dan seterusnya. Hitung saja berapa juta Euro nilai dari Cristian Ronaldo, pemain bola dari Portugas atau pembalab motor seperti Valentino Rossi dari Italia.

Jangan takut apabila ada tetangga makin kaya harta. Engkau tidak dilarang oleh Tuhan mendapatkan kekayaan dunia seberapa banyak yang engkau inginkan. Pada dasarnya manusia tidak akan pernah puas dengan segala sesuatu yang telah didapatkannya. Namun, sebelum memutuskan mendapatkan kekayaan berlimpah, engkau perlu mempunyai hikmat. Melihat tetangga di sebelah kiri, kanan, depan, dan belakang rumah tempat engkau menetap di suatu perumahan memang pantas membuatmu risih kalau kondisi ini dikaitkan dengan iman kepada Tuhan. Setiap minggu datang mengikuti kebaktian, mendengar bapak pendeta berkhotbah di mimbar, jangan takut Tuhan memberi berkat berlimpah melalui harta orang fasik kepada orang-orang beriman. Harta orang fasik berpindah kepada orang-orang beriman, tetapi mengapa mengapa hidup orang beriman semakin sulit, mungkin begitu di dalam hatimu berbicara. Bagi yang beriman tipis, pemandangan seperti ini tidak mustahil dapat membuat goyah keyakinan. Memang betul! Buktinya, semakin banyak serigala jahat mencuri domba-domba langsung dari kandang domba. Di rumahku mobil Daihatsu Espass tua yang aku miliki adalah mobil yang paling mewah dibandingkan dengan mobil semua tetanggaku, Mercedes Benz, Ki.jang Innova, Toyota Fortuner, Toyota Harrier, Honda Jazz, BMW, dan lain-lain.

Untuk apa banyak orang di negeri ini berlomba ingin menjadi anggota dewan perwakilan rakyat? Untuk apa banyak orang di negeri ini berlomba menjadi pegawai negeri sipil? Untuk apa banyak orang di negeri ini ingin menjadi penyanyi? Jawabannya sederhana saja, yakni uang, uang, uang, sekali lagi uang. Menjadi hamba Tuhan yang berdedikasi pilihan terakhir kalau segala usaha sudah deadlock. Ha ha ha, uang adalah raja dunia menguasai pikiran manusia. Ketika aku masih menetap di Palombang pada dekade 60, hanya ada tiga peluang utama yang tersedia bagi anak laki lulusan high school, yakni kuliah di Universitas Sriwijaya bagi keluarga mampu dan berpendidikan, mendaftarkan diri menjadi pegawai bea dan cukai [dulu bernama douane] bagi yang mempunyai uang atau hutang sana-sini untuk menyuap, dan yang ketiga adalah mendaftarkan diri menjadi tamtama TNI AD. Kalau upaya ketiga tidak berhasil juga, maka upaya keempat judulnya adalah dan lain-lain, maybe menjadi pengayuh becak, pendayung perahu di sungai Musi, jurutulis di kantor distrik, atau apa saja yang penting masih dimuliakan orang. Menjadi pengayuh becak tentu masih lebih mulia dibandingkan dengan pencopet di Pasar 16 Ilir. Pada waktu itu orang tidak begitu banyak tertarik menjadi pegawai negeri atau menjadi anggota dewan perwakilan rakyat daerah. Gaji kecil dan mau korupsi peluangnya juga masih kecil.

Sekarang konteksnya beda, banyak orang di daerah maupun di Jakarta berlomba dapat diterima menjadi pegawai negeri sipil dan berlomba terpilih menjadi anggota dewan perwakilan rakyat di pusat atau di daerah. Lihat saja di Banten sebagai contoh beberapa pegawai negeri sipil dinas kesehatan terlibat mark-up pengadaan alat-alat kesehatan untuk hospital umum daerah. Ini perbuatan korupsi yang dilakukan oleh pegawai negeri sipil untuk memperkaya diri. Institusi dewan perwakilan rakyat adalah tempat mendapatkan uang haram dengan cara meloloskan undang-undang yang menguntungkan pihak-pihak tertentu sehingga banyak orang beriman tipis tergoda untuk mengejar peluang ini. Sebagian besar anggota dewan perwakilan rakyat mempunyai masalah hukum dan dari jumlah ini terdapat 50 nama sangat berpotensi dipanggil oleh Komisi Pemberantasan Korupsi untuk diperiksa dan sebagai tersangka. Dari siapa bandit-bandit ini mendapatkan pengetahuan mencuri uang negara? Dari setan! Sekali lagi dari setan! Hari demi hari mereka ini makin lihay mencuri uang negara. Bayangkan di Jakarta ada seorang anggota dewan perwakilan rakyat memiliki rumah senilai 15 M rupiah. Dan, sekarang orang ini telah menjadi tersangka KPK. Banyak anggota legislatif telah dipenjarakan untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Tuhan memperingatkan supaya engkau tidak takut, jika ada tetangga menjadi kaya dan semakin kaya dan kemuliaan keluarga ini semakin meningkat. Engkau yang telah menerima kasih karunia dari Tuhan cukup beralasan untuk tidak takut melihat tetangga sekeliling rumahmu semakin bergelimang harta, sebab engkau telah mempunyai hikmat, bahwa pada waktu matinya tetanggamu, maka semua harta yang membuat dirinya mulia sewaktu hidup tidak akan dibawa ke lubang kubur dan kemuliaannya lenyap terkubur oleh debu. Sebenarnya Tuhan telah memberi kemuliaan kepada setiap bangsa-bangsa atau suku bangsa, sehingga hidupnya menjadi mulia sebab dihormati di antara bangsa-bangsa. Bekerja mengolah semua sumber daya alam di bumi adalah perintah yang diberikan oleh Tuhan kepada manusia sehingga kebutuhan hidup manusia tercukupi. Orang bekerja mendapat upah sebagai imbalan yang memang menjadi haknya. Siapa mau makan harus bekerja. Namun, ada banyak orang tidak mau bekerja keras melainkan melakukan jalan pintas untuk mendapatkan kekayaan berlebihan. Korupsi adalah jalan pintas jalan pintas yang dilakukan oleh orang-orang malas untuk mendapatkan kekayaan yang bukan haknya. Perbuatan yang diberi judul mencuri, entahlah mencuri ayam yang hanya bernilai 50 ribu rupiah atau mencuri uang negara senilai ratusan milyar rupiah, keduanya adalah perbuatan yang tidak mulia. Mencuri adalah perbuatan tidak memuliakan Tuhan. Bernafaslah dengan lega di bawah gubugmu dan makan nasi dengan sayuran saja, tetapi engkau merasakan kebahagiaan bersama isteri dan anak-anakmu, sementara di gerbang pagar rumah tetanggamu sudah ditempeli papan segiempat bertuliskan : STATUS DISITA OLEH NEGARA. DALAM PENGAWASAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI.

Memang ada juga manusia mendapatkan banyak kekayaan dengan kerja kerja keras luar biasa pada masa mudanya. Sekeras apa seorang manusia bekerja untuk mendapatkan banyak kekayaan sehingga harus melewatkan waktu demi waktu mengabaikan Tuhan? Puncak dari hikmat adalah pengertian, sebab mempunyai pengertia manusia mempunyai kearifan. Dapatkah seorang manusia menjadi bijak sebelum dia mengerti masalah yang dihadapi? Apakah masih ada gunanya mencari kekayaan dengan usaha all out? Dan, untuk siapa akhirnya kekayaan yang semakin menumpuk? Di Eropa ada seorang tua yang kaya raya, tetapi dia tidak mempunyai ahli waris bagi kekayaan ini, maka orang kaya ini mewariskan kekayaannya ini kepada seekor kucing angora miliknya sebesar 1 M USD. Sungguh sia-sia mengeluarkan tenaga all out, akhir hidupnya hanya untuk seekor kucing. Emas dan perak di bawah langit ini adalah milik Tuhan, satu cuilan saja dari emas dan perak ini sampai ke tanganmu itu bukan karena engkau orang hebat, melainkan atas perkenan kemurahan Tuhan. Inilah yang dimaksudkan 'understanding', apakah orang tamak dengan kekayaan semakin menumpuk mau mengerti, bahwa kalau Tuhan mau, Dia dapat mengambil semua kekayaan berlimpah milik seorang kaya di suatu tempat di bawah langit ini.

Kekayaan dunia mendatangkan kebahagiaan semu. Ketika engkau mengetahui, ternyata tetanggamu yang semakin kaya adalah koruptor klas berat incaran komisi pemberantasan korupsi, maka sampai di sini engkau menyadari apa artinya mengucap syukur tidak tergoda ikutan menjadi garong uang negara. Tuhan menyelamatkan engkau. Engkau perhatikan dengan seksama tetanggamu yang hidupnya semakin kaya dan mulia, dia juga rajin ke rumah ibadat seperti pada umumnya orang mengaku beragama, rajin berpuasa sehinggabanyak orang memujinya sebagai orang saleh yang patut diteladani, rajin mengunjungi orang susah, dan rajin berderma sehingga kehadirannya selalu menjadi kerinduan banyak orang. Pujian datang setinggi langit. Manusia Sejuta Umat! Manusia Murah Senyum! Dermawan Dari Langit! Untuyk apa dia rajin berderma? Untuk pencitraan supaya kejahatan yang dilakukannya tidak tampak di mata manusia. Inilah yang disebut kebebalan, dia menyangka, bahwa semua tetangga tidak ada yang mengetahui kejahatannya, tetapi Tuhan tidak pernah tidur, sebab mata-Nya mengawasi kelakuan semua orang di bawah langit.

Walaupun tetanggamu banyak berbuat kebaikan, rasa hatinya jauh dari kebahagiaan. Orang seperti ini memberikan sesuatu kepada orang lain sebagai kelebihan yang dia miliki, bukan keikhlasan dari hatinya terdalam. Kekayaan yang diperoleh dengan cepat melalui jalan pintas alias korupsi, maka cepat juga hilangnya seperti uap air cepat hilang ditiup air angin atau seperti ada sayapnya lalu terbang menghilang bersama angin. Gone away with the wind. Hakikat kekayaan dunia walaupun nyata dapat engkau pegang, tetapi kenyataannya adalah kebahagiaan fatamorgana. Fatamorgana adalah pemandangan semu dilihat dari kejauhan di padang pasir. Uang hanya membuat hati senang sesaat, tetapi tidak membuat jiwa tenteram. Orang tidak akan merasakan bahagia dalam kondisi jiwa yang tidak tenteram. Setiap malam sulit dapat tidur, maka waktu dilewatkan dengan minum wine campur brandy. Di negeri ini ada banyak orang berpunya seperti berlomba kaya pada hari tertentu memberi derma kepada orang-orang tak berpunya, maka dengan demikian dia dipuji oleh banyak orang sebagai dermawan.

Manusia bebal tak kunjung mengerti, bahwa pada akhirnya semua kemuliaan dari kekayaan dunia tidak dibawa mati. Sebelum engkau berpikir mendapatkan kekayaan dunia, tanyalah pada dirimu sendiri, apakah engkau telah memiliki pengertian yang benar tentang kekayaan dunia. Apa kata Tuhan kepadamu tentang kekayaan dunia, yakni muliakanlah Dia dengan sebagian dari hartamu. Kalau sudah kaya jangan lupa dengan saudara-saudaramu, dengan demikian engkau menjadi saluran berkat dari Tuhan.

Tuhan semesta alam memberi hikmat kepadamu, supaya engkau memiliki pengertian yang benar terhadap semua ketetapan Tuhan. Sekali lagi aku berkata kepadamu, bahwa semua perkataan Tuhan harus dimengerti dengan benar. Perkataan Tuhan itu menerangi pikiranmu sehingga engkau tidak tersesat berjalan ke mana pun engkau pergi. Manusia berbudi luhur membutuhkan hikmat, sedangkan sapi, kambing, domba, rusa, bebek, entog, kerbau, babi, onta, dan seterusnya tidak membutuhkan. Jika ada orang yang dalam puncak kejayaannya tetap tidak mempunyai understanding tentang hakekat hidup setelah nyawa lepas dari badan, orang seperti ini dapat disamakan dengan sapi dan teman-temannya, sebab perkataan Tuhan itu berbicara tentang masa depan yang tidak tampak oleh mata manusia, tetapi percaya oleh karena iman. Masa depan itu adalah keselamatan kekal yang disediakan oleh Tuhan kepada siapa saja yang percaya di dalam Kristus Yesus.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar