Kamis, 14 Agustus 2014

Air Minum Sumber Detoksifikasi Murah Dan Efektif

Aku sedang menunggu di ruang tunggu tempat anak perempuanku sekolah di sekolah menengah atas di Jakarta Timur. Aku datang ke sekolah pagi ini untuk memenuhi panggilan kepala sekolah, yakni tatap muka urusan administrasi sekolah. Mungkin ada tiga puluh orang tua siswa di situ menunggu dipanggil menurut urutan giliran. Satu giliran ada yang menghabiskan waktu sampai dua puluh menit. Untuk membunuh waktu yang membuat jemu, ada yang mengisi puzzle, ada yang asyik ngobrol, ada yang melamun, dan ada yang bertapa dengan tenang alias tidur dengan posisi duduk. Menunggu memang kondisi yang menjemukan, tetapi waktu yang menjemukan akan menjadi berharga melalui kegiatan yang berguna, misalnya berbicara tentang detoksifikasi murah dan efektif. Ternyata lawan bicaraku adalah anggota suatu mulati level marketing. Tentu saja dia berusaha membujuk aku untuk membeli produk MLM-nya, yakni cairan detoksifikasi untuk mendapatkan tubuh sehat.

Aku berkata kepadanya, bahwa detoksifikasi yang murah dan efektif adalah mengonsumsi air minum yang cukup setiap hari, menurut ilmu kesehatan adalah dua liter per hari atau delapan gelas [ukuran 250 ml] per hari.Mengonsumsi air minum cukup dan olah raga akan memberi kontribusi pembersihan racun terutama terhadap organ liver. Liver adalah organ yang bertugas sangat berat menjalankan fungsi membebaskan tubuh dari racun, secara simultan organ ini juga memproduksi zat yang berguna bagi tubuh. Jadi, boleh saja dikatakan liver adalah racun dan madu di dalam tubuh makhluk hidup seperti manusia, sapi, domba, kambing, ikan, dan semua golongan burung. Organ berikut adalah ginjal yang bertugas menyaring darah dan filtrat dari ginjal adalah limbah racun yang harus dibuang sebagai air kencing berbau pesing menyengat sebab berisi ammoniak. Semua racun harus dikeluarkan dari dalam tubuh supaya tidak menimbulkan penyakit. Bayangkan saja, seluruh jaringan pipa selalu bersih dan lancar, air harus selalu mengalir dan sedikit bertekanan. Konsep hidup sehat itu sederhana saja, yakni banyak minum air dan melakukan kegiatan fisik seperti bersepeda, jalan kaki, atau berkebun supaya aliran darah memiliki tekanan sedikit lebih tinggi dari biasa untuk membersihkan pembuluh darah.

Pembentukan batu ginjal, tekanan darah rendah, batu empedu, cepat lelah adalah beberapa masalah yang disebabkan kurang minum air. Minumlah air sebanyak mungkin sebelum engkau dibatasi minum air oleh dokter sebab engkau mengidap suatu penyakit. Mengapa dapat begitu? Jika engkau mengidap penyakit yang berhubungan dengan lambung, ginjal, atau jantung, engkau diharuskan oleh dokter membatasi minum air supaya ketiga organ ini tidak terlalu bekerja berat. Pamanku dan mertuaku perempuan tergeletak di tempat tidur diizinkan oleh dokter mengonsumsi air hanya 250 ml per hari. Satu gelas saja!!! Pamanku mempunyai masalah dengan lambung, sebaliknya mertuaku mempunyai penyakit hypertensi akut selama bertahun-tahun yang pada akhirnya mengganggu kerja jantung, yakni jantung tidak cukup tenaga mengembalikan darah dari jaringan di bawah kembali ke jantung. Limbah sebagai hasil metabolisme pasti selalu ada di dalam tubuh, sementara di dalam tubuh yang bagaimana pun sehatnya tidak ada yang terbebas seratus persen dari radikal bebas. Radikal bebas pada suatu ketika terhenti di suatu jaringan tubuh dan menetap di situ dalam jangka waktu lama semakin menumpuk dan membesar, maka kondisi seperti ini biasa disebut tumor, dan yang lebih ganas disebut kanker. Ingatlah baik-baik, bahwa tidak ada seorang pun dokter dapat mengetahui bilamana tumor atau kanker mulai tumbuh di suatu jaringan tubuh. Berjaga saja menjaga kesehatan tubuh dengan minum air yang banyak dan berhikmat dalam mengonsumsi makanan.

Jangan terkecoh oleh banyak iklan dari berbagai perusahaan pengolah air minum. Ada perusahaan yang menawarkan air bermolekul heksagonal, ada yang menawarkan air minum ultra tinggi oksigen, ada yang menawarkan air minum ozonized, dan seterusnya. Kasihan dengan konsumen yang tidak memahami ilmu kimia digombali oleh iklan omong kosong produsen air minum. Kebanyakan orang yang menetap di kota-kota besar selalu mengalami sindrom iklan air minum, sebagai akibat bombardier iklan-iklan gombal. Aku pernah minum air yang berasal dari sumur di suatu desa di Bogor, air ini oleh penduduk setempat diletakkan di dalam tempayan langsung tak perlu dirubus, siapa saja dapat meminum air ini, dan hasilnya aku tetap sehat, tidak mengalami diare. Air pegunungan memang okay. Air minum yang baik sebaiknya sedikit bersifat alkalis. Bersifat asidik atau alkalis ditentukan oleh kondisi pH air yang mempunyai jelajah dari -14 [sangat asidik], 7 [netral], dan sampai +14 [sangat alkalis]. Jika pH air sama dengan 7, air dinyatakan netral, tidak asidik dan juga tidak alkalis. Jadi, airminum bersifat sedikit alkalis memiliki pH kira-kira 7,2.

Untuk meningkatkan daya pembersih terhadap radikal bebas, maka ke dalam air minum dapat ditambahkan satu jenis atau kombinasi beberapa jenis herbal, direbus, dan diminum ekstrak rebusan air herbal ini. Beberapa jenis herbal di sini dapat mengatasi masalah yang sedang engkau hadapi, seperti rebusan kombinasi umbi temulawak, daun mimba, meniran, cakar ayam, sambiloto, dan pegagan umtuk membersihkan liver; rebusan kombinasi kurkuma domestika alias kunyit dan tamarin untuk masalah lambung, pencahar ringan, dan mencegah stroke. Penambahan beberapa jenis herbal ke dalam air minum sebatas pelengkap saja, dikonsumsi dua hari sekali sudah cukup. Begitu engkau bagun tidur pada pagi hari setelah berdoa, maka yang harus engkau lakukan adalah minum perlahan-lahan satu gelas air. Air saja. Good luck.-

  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar