Jumat, 12 Juli 2013

Minum Susu Kedelai Dapat Menurunkan Kholestrol Dalam Darah



Susu kedelai Mang Ipul.
Dulu ketika aku masih bekerja di satu pabrik semen di pinggiran kota Bogor setiap tahun semua pekerja melakukan general check-up kesehatan yang disediakan oleh perusahaan. Satu dari banyak item check-up ini adalah check kadar kholestrol dalam darah. Aku tidak pernah mendapatkan hasil memuaskan setiap kali check kholestrol selama menjadi pekerja di sini, yakni selalu tinggi di atas maksimum [maksimum, 200 mg per dl], sedangkan HDL tidak pernah lebih dari 20 mg per dl [minimum, 50 mg per dl]. Kita sudah sering mendengar obrolan di warung kopi atau di mana saja tentang kholestrol, bahwa benda yang satu ini adalah hantu yang sangat ditakuti kehadirannya kalau tubuhmu mau sehat. Betapa tidak ditakuti, sebelum jantungmu menampakkan gejala tidak beres, kadar kholestrol sudah menunjukkan indikasi ke arah jantungmu. Benda yang namanya kholestrol ini beredar-edar mulai dari liver lalu ke seluruh tubuh di dalam pembuluh darah dan tentu saja mampir ke dalam jantungmu. Jumlah kadarnya mau banyak atau sedikit tentu saja ada yang menempel di pembuluh darah bersama lemak darah. Kholestrol yang menempel di sepanjang pembuluh darah inilah yang biasa disebut LDL, singkatan dari light density lipoprotein atau kholestrol jahat [bad kholestrol], bentuknya berupa padatan putih seperti mutiara. Seperti kata orang Cina dalam ajaran yin dan yang, bahwa di alam semesta ini jika ada benda atau kondisi bernilai negative, di tempat yang sama itu juga ada benda atau kondisi bernilai positif sebagai penyeimbangnya. Penyeimbang keberadaan LDL ini adalah HDL, singkatan dari heavy density lipoprotein atau kholestrol baik [good kholestrol], bentuknya lebih cair dibandingkan dengan LDL yang padatan.  HDL juga beredar-edar di dalam pembuluh darah mengeliminasi LDL, hantu yang sangat di takuti oleh banyak orang.

Kalau engkau pernah belajar ilmu kimia karbon atau kimia organic, tentu dengan cepat engkau mempunyai satu simpulan, bahwa kholestrol masuk golongan alcohol. Well, kok begitu? Semua penamaan unsur-unsur persenyawaan kimia organic memang mempunyai keseragaman, misalnya metana [gas alam], etana, propana, butana, pentana, heksana, heptana, oktana, nonana, dekana, dan seterusnya, mereka disebut golongan alkana. Kalau persenyawaan kimia masuk golongan alcohol, penyebutannya demikian dimulai dari methanol, etanol, propanol, butanol, dan seterusnya … termasuk kholestrol. Rumus molekul methanol adalah CH3OH; etanol, C2H5OH; propanol, C3H7OH; butanol, C4H9OH; dan seterusnya sampai kholestrol adalah C27H45OH. Semakin panjang ikatan rantai karbonnya, maka semakin kental dan padat bentuk fisiknya dan ikatan karbon ada yang jenuh, ada pula yang tak jenuh. Ikatan karbon tak jenuh, ada yang disebut ikatan karbon tak jenuh tunggal dan ada pula yang tak jenuh majemuk. Jadi, kholestrol masih termasuk golongan alcohol ikatan rantai karbon panjang, tak jenuh, dan bentuk fisiknya lebih padat dibandingkan dengan methanol atau etanol. Kholestrol tidak dapat larut di dalam air kecuali dengan alkohol. Keberadaannya di dalam peredaran darah yang bermedium air, karena dia mempunyai alat transport [carrier] yang disebut lipoprotein, yakni dikemas dalam bentuk persenyawaan gugus lemak-protein. Lipoprotein larut di dalam air. Bersama kholestrol dengan alat transport lipoprotein turut mengalir juga trigliserida, yakni lemak di dalam darah, tetapi tidak dibicarakan di sini. Rumit, ya kalau bicara pakai ilmu kimia. Yang namanya ilmu atau ngelmu kimia itu rumit, karena engkau harus mikir dan membayangkan, begini, begitu, simpulannya begini. Kita kembali ke parameter yang praktis saja, ya sehingga semua orang termasuk sopir bajay, sopir mikrolet yang ikut nimbrung di warung kopi mudah memahami pembicaraan tentang kholestrol ini.

Hamburger dan ayam goreng. Sumber kholestrol.
Akhirnya aku diberhentikan oleh perusahaan pabrik semen dengan hormat karena umurku sudah waktunya harus meninggalkan pekerjaanku. Ini peraturan pemerintah. Aku mengucap syukur kepada Tuhan karena aku telah menyelesaikan darmaku di perusahaan secara penuh. Ada juga teman-temanku sebelum menyelesaikan darma di perusahaan pada usia muda harus rela dengan yang namanya takdir, yakni dead. Ada banyak jalan menuju Makassar, begitu kata pribahasa. Tentu ada banyak jalan menuju takdir yang disebut dead, one of them is pembuluh darah yang tersumbat oleh kholestrol. Menurut pengalamanku kholestrol tidak dapat dihindari secara signifikan melalui olah raga melainkan engkau harus mengubah secara revolusioner cara makanmu, yakni menjauhi sama sekali sumber makanan kholestrol tinggi. Semua makanan bersumber dari hewan terutama hewan kaki empat pasti mempunyai kholestrol tinggi, terutama bagian otak, liver, jantung, limpa, organ pencernaan seperti usus dan babat. Liver manusia sebenarnya juga menghasilkan kholestrol, jika ditambah kholestrol tambahan dari luar karena cara makanmu yang jorok, bayangkan saja engkau sudah menabung berapa banyak kholestrol di dalam tubuhmu sendiri. Lebih dua puluh tahun aku telah tidak mengonsumsi sumber makanan seperti yang aku sebutkan di atas. Namun begitu, total kholestrolku tetap di atas maksimum ketika aku meninggalkan perusahaan ini.

Aku mempunyai kebiasaan mengonsumsi susu kedelai secara rutin dan teratur, paling sedikit satu gelas per hari atau setara dengan 250 ml per hari. Tentu saja aku telah membaca melalui banyak literature, bahwa susu kedelai mempunyai satu zat ajaib yang mampu mengeliminasi kholestrol jahat di dalam darah. Tidak terasa waktu telah berlangsung selama tiga tahun aku telah menabung ke dalam perutku setiap hari satu gelas susu kedelai Mang Ipul, karena yang jualan susu ini nama lengkapnya adalah Saipul, orang Sunda. Dan, selama tiga tahun ini setelah meninggalkan perusahaan, dapat dikatakan aku tidak pernah check kadar kholestrol lagi, maka pada awal bulan ini aku mau tahu berapa kadar kholestrolku. Aku melakukan check kadar kholestrol di satu laboratorium rumah sakit dekat rumahku. Hasilnya? Surprised. Total kholestrolku sekarang jauh di bawah maksimum, yakni 150 mg per dl, sedangkan HDL telah meningkat sampai 50 mg per dl. Hal ini terjadi karena ada zat ajaib di dalam susu kedelai yang telah mengeliminasi sebagian kholestrol jahat di dalam darahku. Apa sih zat ajaib itu Heng? Coba saja kalau engkau bertanya kepada seorang dokter di rumah sakit mana saja, percayalah denganku, dokter ini biasanya berkata begini, sudahlah minum saja kalau memang sudah terbukti susu kedelai ini mengatasi masalah kholestrol.  Apalagi dokter-dokter puskesmas di kecamatan, memang mereka mau memikirkan zat ajaib apa di dalam susu kedelai. Orang bijak kalau punya masalah kholestrol, mengatasi dengan cara murah dan effektif, yakni minum susu kedelai. Paling bagus minum susu ini sedikit saja diberi gula, jangan sampai terasa manis gulanya. Tidak usah repot bikin sendiri, karena sudah banyak dijual dalam industri rumah di kampung-kampung dari harga Rp 10000,- per liter sampai harga Rp 25000,- per  liter yang dijual di supermarket, mahal karena ada merek perusahaan. Aku tidak membutuhkan merek, yang penting khasiat ampuh dan murah. Mang Ipul pasang harga Rp 2500,- per gelas @ 250 ml. Murah tapi ampuh.

Sebaiknya engkau abaikan nasehat mengeliminasi kholestrol dengan obat tradisonal, obat herbal maupun obat farmakologi, karena nasehat seperti ini hanya akan membuat engkau tergantung dengan obat, bukan yang seharusnya engkau lakukan, yakni merubah cara makanmu. Lihat saja iklan tv yang menyajikan tayangan cara mengatasi masalah kholestrol, -- mulai sekarang tak usah khawatirkan makan apa saja, karena … [menyebutkan merek obat tertentu] mampu mengatasi masalah kholestrol --. Ibaratnya tangan kananmu memegang makanan pembangkit kholestrol dan tangan kirimu memegang obat anti kholestrol. Semakin sering tangan kananmu menyuapi mulutmu dengan makan rendang daging sapi, gulai kambing, atau hamburger, setelah itu semakin sering juga tangan kirimu menambahkan dosis obat anti kholestrol ke dalam mulutmu. Pada satu kondisi, obat anti kholestrol sudah melampaui takaran sementara kholestrol dan lemak sudah terlampau banyak melekat di sepanjang arteri dan obat tak mampu lagi mengeliminasi kholestrol. Tapi biasanya penyesalan datang selalu terlambat ketika keadaan sudah terlalu parah untuk diatasi. Kalau sudah begini, solusinya adalah siapkan saja peti mati terbuat dari kayu yang kuat. Aku pernah melihat seorang temanku terbaring lemah di atas tempat tidur di satu rumah sakit di Jakarta karena masalah kholestrol. Pandangan matanya hampa tanpa harapan. Aku masih ingat ketika dia masih sehat kami pernah mengobrol sangat asyik di satu warung Tegal tentang pemuaian logam. Pekerjaannya memang berkaitan dengan pengelasan. Di satu warung Tegal? Ya, warung Tegal satu di antara banyak sumber makanan berkholestrol dan pada waktu itu aku masih doyan sekali makan semur usus sapi. Kebiasaan makan makanan di restoran fast food juga memberi kontribusi peningkatan kholestrol. Jadi, jangan terlalu sering ke tempat-tempat seperti ini.

Jika Tuhan sudah menciptakan satu system kholestrol dikeluarkan dari dalam liver, pasti ada tujuannya, jadi tidak perlu takut sampai berupaya mengeliminasi seluruh kholestrol dari dalam tubuh. Kholestrol bukan dihabisi tanpa sisa sehingga pembuluh darah absolute cholesterol free, melainkan engkau mengelola keberadaan kholestrol sampai pada kondisi aman bagi tubuhmu. Jika tubuhmu dalam kondisi sehat, system metabolisme mempunyai kendali secara alamiah mengendalikan kadar kholestrol di dalam darahmu sampai pada tingkat aman. Jadi, sebanyak berapa pun engkau mengonsumsi susu kedelai, katakan saja 2 liter per hari, jangan kuatir tubuhmu akan kehabisan kholestrol. Baik HDL maupun LDL pada satu kondisi yang seimbang, maka keduanya bersinergi menghasilkan energi yang dibutuhkan sebagai tenaga untuk gerak otot-otot tubuhmu. Konsumsi minyak goreng dari asam lemak tak jenuh tunggal [monounsaturated fatty acid] dan tak jenuh majemuk [polyunsaturated fatty acid] jauh lebih baik dibandingkan dengan minyak goreng dari asam lemak jenuh [saturated fatty acid]; karena asam lemak jenuh cenderung menaikkan kadar kholestrol. Asam lemak tak jenuh tunggal lebih baik dibandingkan dengan asam lemak tak jenuh majemuk. Menggoreng makanan dengan minyak goreng cair lebih baik dibandingkan dengan margarine yang lebih padat. Minyak goreng kelapa sawit dan kedelai termasuk golongan minyak goreng asam lemak tak jenuh majemuk; minyak masak zaitun dan canola tergolong asam lemak tak jenuh tunggal; sedangkan minyak kelapa atau minyak palem adalah asam lemak jenuh.

Selain minum susu kedelai, engkau juga dapat makan tempeh, yakni makanan khas orang Jawa terbuat dari kacang kedelai yang sangat popular di Indonesia, tetapi sebaiknya tempeh direbus atau dikukus. Banyak aneka ragam resep makanan dengan bahan dasar kedelai yang dapat engkau jumpai di banyak toko buku. Misalnya, ta.hu petis Semarang, ta.hu dadar telur bumbu petis dari Surabaya, taoge goreng dari Bogor, terik tempeh dan ta.hu, gado-gado Betawi, ketoprak, ta.hu gejerot dari Cirebon, semur ta.hu, dan seterusnya. Ingin mencoba pengalamanku? Di Indonesia, khususnya di Jakarta dan sekitarnya kesehatan adalah satu kemewahan. Tak ada rumah sakit murah. Orang miskin jangan sakit di Jakarta. Jagalah kesehatanmu, jika engkau menyadari bahwa kesehatan itu juga berkat dari Tuhan. Kiranya Tuhan memberkati kesehatanmu setelah mencoba pengalamanku.-

Info terkait :

inovasikesehatan.blogspot.com/2013/05/susu-kedelai.html 
manfaatdaunobat.blogspot.com/2013/07/manfaat-khasiat-susu-kedelai-untuk.html 

 
           

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar