Sabtu, 29 Juni 2013

Hari Ulang Tahun Sehat Dengan Kacang Merah

Es kacang merah bikin awet muda.

Semua orang ingin sehat, dari muda sampai tua bangka keinginan banyak orang adalah menikmati hidup yang diberikan oleh Tuhan dengan sehat. Setiap tahun setiap orang saling mengucapkan selamat hari ulang tahun, lalu ditambahi dengan kata-kata semoga panjang usia, semoga sukses, kemudahan dapat jodoh, dan seterusnya, dan seterusnya. Tidak ada yang tahu sampai berapa lama Tuhan memberi umur kepada seseorang. Kalau engkau melihat ada orang yang mempunyai umur panjang, itu bukan jerih payah orang itu menjaga kesehatan melainkan karena kemurahan kasih Tuhan memberi kehidupan secara demikian. Hari esok masih milik Tuhan yang tidak engkau ketahui apakah engkau masih ada di peredaran udara di bumi bulat ini, tetapi saat ini adalah hari yang telah dinyatakan oleh Tuhan untukmu dan engkau mengelola sepanjang hari dari sejak matahari terbit sampai terbenam dengan kehidupan sehat. Apa itu kehidupan sehat? Kehidupan sehat itu dimulai dengan berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Hari ulang tahunku jatuh pada awal Juni tahun ini dimeriahkan dengan sup kacang merah kemudian disusul dengan es kacang merah. Semua serba merah. Isteriku yang telah membuat hidangan istimewa pada hari yang istimewa ini. Warna kacang ini sebetulnya bukan merah melainkan cokelat. Orang Amerika menyebut kacang merah ini sebagai kidney bean karena bentuknya seperti ginjal. Orang Belanda menyebutnya sebagai bruine bone, artinya kacang cokelat; bruine artinya cokelat dan bone artinya kacang. Itu sebabnya ada masakan orang Belanda yang disebut bruinebonen soep, orang Indonesia menerjemahkannya sebagai sup kacang merah. Untuk selanjutnya dalam posting ini aku menyebut kuliner ini sebagai bruinebonen soep. Aku merasakan nikmatnya sup ini kira-kira tiga puluh delapan tahun yang lalu, ketika aku masih menetap di kota kecil Pla.ju 10 kilometer dari Pa.lem.bang bersama satu keluarga keturunan Belanda. Jadi, kira-kira tiga puluh delapan tahun kemudian aku mengulangi nikmatnya sup ini. Aslinya sup ini diolah dengan kaki dan daging babi. Sebab isteriku tidak menyukai daging babi, maka diganti dengan daging iga sapi.

Selesai makan bruinebonen acara dilanjutkan dengan minum es kacang merah. Ada dua macam es kacang merah, yakni Palembang style dan Manado style. Di Indonesia es kacang merah adalah salah satu minuman yang digemari oleh banyak orang. Di Palembang paling afdol setelah makan pempek ka.pal se.lem dilanjutkan dengan minum es ini. Palembang style hanya mengandalkan rasa manisnya saja, sedangkan Manado style tidak hanya manis saja, tetapi diberi sentuhan aroma dan rasa kayu manis. Isteriku memilih Manado style untuk hari ulang tahunku ini. Warna es ini cokelat karena warna kacangnya kemudian dikentalkan dengan bubuk cokelat manis yang telah diberi aroma kayu manis. Mengapa hari ulang tahunku harus dimeriahkan dengan serba kacang merah? Yang serba merah itu memang hemmmmmm, lekker. Kostum Man U merah, Liverpool juga merah, maka mereka disebut The Reds, bibir gadis Manado juga merah, kalau diber lipstick. Wajah seorang perempuan kalau lagi senang luar biasa juga memerah wajahnya karena darah banyak mengalir di wajahnya. Merah pertanda ada darah mengalir, ada kehidupan. Well, mari bergembira dengan yang serba merah.

Karena aku sedang mempunyai perhatian khusus dengan bahan makanan bergizi tinggi yang disebut kacang-kacangan, khususnya kacang merah yang mempunyai tempat khusus dalam kisah keluarga Ishak yang mempunyai dua orang anak laki-laki bernama Esau dan Yakub. Yakub sampai usianya yang sangat tua tetap sehat karena makanan yang dibuat dari bahan kacang, tetapi Alkitab tidak menyebut kacang merah ini dibuat masakan apa. Kata ibuku, kakekku juga sehat sampai ajal menjemput karena sering mengonsumsi kacang tolo. Kacang tolo masih satu keluarga dengan kacang merah. Semua jenis kacang adalah sumber utama protein nabati, kaya mineral besi, kalsium, dan magnesium, dan kaya dengan serat yang mampu memperlambat penyerapan glukosa ke dalam usus halus. Protein adalah gabungan dari banyak persenyawaan kimia asam amino di dalam tubuh manusia. Fungsi utama protein adalah membangun jaringan tubuh manusia yang terdiri dari darah, otot, hormone, rambut, sperma, dan jaringan tubuh yang lain.

Dianjurkan oleh para akhli gizi sebaiknya konsumsi protein per hari adalah sekitar 12 persen dari total kalori. Sebab hasil reaksi protein dalam metabolisme selain melepaskan kalori juga menghasilkan sampah yang disebut ammoniahidroksida [NH4OH] yang membuat air kencing berbau pesing. Jika konsumsi protein per hari >>> 12 persen dari total kalori, jumlah sampah ammoniahidroksida juga akan semakin meningkat dan akan menjadi beban berat bagi ginjal dalam waktu lama kemudian. Karena itu banyaklah mengonsumsi air minum sampai 8 gelas per hari untuk membantu meringankan beban ginjal. Setiap hari selalu ada kerusakan jaringan karena satu dan banyak penyebab kerusakan-kerusakan jaringan yang harus segera diperbaiki oleh asupan segar protein. Polusi udara, makanan yang tidak higienis, tidur terlalu larut malam adalah penyebab umum kerusakan jaringan tubuh. Mengonsumsi kacang merah atau kombinasi dengan kacang yang lain, seperti kacang kedelai, tolo, koro, hijau, dan bahan makanan nabati yang lain seperti sayuran dan buah-buahan adalah alasan logis yang membuat seseorang mempunyai kesempatan hidup lebih lama

Posting ini menyajikan resep makanan dan minuman mengunakan bahan utama kacang merah, yakni bubur havermout kacang merah : kacang merah, 250 gram; havermout, 100 gram; susu bubuk sari kedelai, 50 gram; telur ayam, 3 butir; madu, 3 sendok makan; garam, ½ sendok teh. Komposisi bubur ini memiliki rendah kalori dan tinggi protein, untuk 3 porsi dan mempunyai total kalori kira-kira 2000 kalori. Resep berikut adalah minuman jus kacang merah susu kedelai : kacang merah, 200 gram; susu kedelai, 200 ml; madu, 3 sendok makan; es parut, 50 gram. Jus ini untuk satu porsi dan memberikan kira-kira 600 kalori. Well, selamat menikmati bubur dan jus kacang merah dan selamat panjang usia untuk Anda.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar