Kamis, 30 Mei 2013

5 Bahan Masakan Membuat Awet Muda

Bacalah Kitab Kejadian, engkau akan mendapatkan beberapa fakta, bahwa pelaku-pelaku yang nama mereka tertulis di dalam kitab ini memiliki usia rata-rata di atas 100 tahun. Berapa panjang umur masing-masing setiap orang adalah Tuhan yang menentukan dan Dia Yang Maha Mengetahui bila kehidupan seseorang dicabut pada waktu kehendak-Nya. Ketika manusia pertama dan isterinya diusir dari Taman Firdaus pasti sudah ada dalam blue print penciptaan semesta alam, bahwa bumi dan seluruh isinya masih dalam keadaan atmosfir yang bersih, langit biru, tanah dan air sungai belum tercemar pollutant. Dalam kondisi seperti ini manusia pertama sampai beberapa generasi masih diijinkan oleh Tuhan menikmati usia panjang. Namun, yang penting adalah bagaimana menikmati hidup ini dengan kondisi sehat dan Tuhan memanggil kita masing-masing dengan tenang tanpa penyakit. Yakub pernah memberikan satu mangkuk sup kacang merah kepada saudara tuanya yang bernama Esau dan kakaknya sangat menikmati makanan ini. Mungkin pada masa itu masakan ini enak dan sehat dan sangat digemari oleh banyak orang. Pada masa tuanya Yakub meninggal dunia dengan tenang tanpa penyakit, hal ini memberi indikasi bahwa masakan yang dimakan oleh Yakub sehat, yakni sup kacang merah [Kejadian xl:33]. Selama ribuan tahun manusia berusaha memperpanjang umurnya dengan cara hidup sehat, termasuk di dalamnya mengonsumsi makanan yang menyehatkan. Berhasilkah? Kakekku meninggal dunia pada umur 102 tahun tanpa penyakit. Ibuku berkata, bahwa kakekku semasa hidupnya sering makan sup kacang tolo. Apakah engkau juga ingin hidup sehat dan panjang umur? Tidak ada salahnya engkau mencoba beberapa masakan yang bikin awet muda. --- hengkiblackcoffee.blogspot.com/2012/08/sehat-dan-bahagia-sampai-tua.html ---
  • Kacang. Beberapa jenis kacang dengan nama lokal, yakni kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang koro, kacang tolo, kacang kedele kuning, kacang kedele hitam, kacang mede, dan kacang Bogor. Kacang memiliki tiga sumber gizi utama, yakni protein, lemak, dan hidrat arang dan sejumlah vitamin dan mineral. Protein mendominasi sumber gizi semua jenis kacang yang berfungsi sebagai zat pembangun sel-sel tubuh dan kacang mempunyai kadar serat yang tinggi. Semua jenis kacang disebut sumber protein nabati. Minyak yang terdapat di dalam semua jenis kacang sehat untuk dikonsumsi karena tidak membahayakan kesehatan jantung. Dengan tingginya gizi yang terdapat di dalam semua jenis kacang, maka tak mengherankan Yakub, anak Ishak sehat dan panjang umur. Mengonsumsi kacang tanah [telah dikupas dari kulitnya] secara sehat dianjurkan dengan cara dipanaskan di dalam oven pada temperature 150 derajat Celcius selama 30 menit. Kacang tanah dapat dibuat selai kacang, dihaluskan dengan mesin puncher, ditambahkan minyak zaitun, madu, dan fruktosa; aduk sampai rata. Kacang merah dapat dimasak menjadi sup dengan menggunakan kaldu daging sapi tanpa lemak [orang Belanda menggunakan kaki dan daging babi] === tanawangkobigland.blogspot.com/2013/02/resep-masakan-sup-brenebon-sulawesi.html ===. Kacang hijau dibuat bubur dicampur dengan susu atau santan kelapa. Kacang tolo dan koro dapat dibuat menjadi sup dicampur dengan santan dan potongan-potongan daging sapi. Kacang kedele dibuat menjadi tempeh, tofu, dan susu; karena kedele mempunyai lechitin, baik sekali dikonsumsi untuk membersihkan pembuluh darah, jantung, dan lever.
  • Sayuran. Dimakan mentah biasa disebut salad. Jangan mengartikan salad hanya dalam persepektif masakan sayuran berasal dari Amerika yang disantap dengan mayonnaise. Pecal masakan dari Jawa, gado-gado masakan dari Jakarta, lotek yang punya orang Bandung, dan asinan dari Bogor, mereka juga tergolong masakan yang disebut salad. Indonesian salad. Pecal, gado-gado, lotek, dan asinan menggunakan bahan olahan kacang tanah, aku menyarankan menggunakan kacang tanah yang dipanaskan di dalam oven. Gunakan semua jenis sayuran, semakin bervariasi semakin baik, seperti wortel, bayam, kangkung, kecambah, slada, kol, pakis, kacang panjang, turi, daun singkong, pariah, dan seterusnya. Cuci semua sayuran dengan larutan garam sebelum disantap, kemudian bilas dengan air biasa. Semua jenis sayuran baik untuk melancarkan pencernaan dan membuat pH air kencing menjadi sedikit alkalis. Pecal dan gado-gado, semua sayuran dicelupkan di dalam air yang telah direbus, lakukan selama kira-kira 10 menit.
  • Jamur. Orang Inggris menyebutnya dengan kata mushroom. Ada banyak macam jamur dengan nama-nama lokal Indonesia sesuai menurut bentuknya, seperti jamur kancing karena bentuknya seperti kancing baju, jamur kuping karena bentuknya seperti kuping manusia, ada lagi disebut jamur tiram. Jangan lewatkan menikmati masakan jamur karena jamur banyak mempunyai zat besi yang baik untuk mencegah anemia. Tidak semua jenis jamur dapat dimakan, karena ada juga beberapa jenis jamur yang bersifat racun bagi tubuh. Di masa lalu di Cina para koki tidak melewatkan masakan terbuat dari jamur untuk kaisar. Seorang kaisar mempunyai gundik dapat mencapai ratusan orang, maka supaya kuat fisik salah satu makanan yang dimakan adalah masakan yang terbuat dari bahan jamur.
  • Madu, susu, dan santan. Madu adalah sumber protein dan glukosa yang didapat dari peternakan lebah. Di alam bebas madu banyak dijumpai di hutan, pohon-pohon randu, pohon-pohon mahoni, pohon mangga, dan seterusnya. Ada binatang disebut beruang madu, karena makanan utamanya adalah madu. Beruang madu berwarna hitam dan banyak dijumpai di daerah Lampung. Madu yang engkau jumpai di peternakan madu memiliki warna bermacam-macam, karena tergantung dari mana lebah itu mengambil madu. Jika lebah mengambil madu dari bunga-bunga yang berasal dari pohon randu, warna madunya adalah cokelat muda. Madu sudah dikenal manusia dari sejak jaman Mesir purba digunakan sebagai pengobatan dan bahan makanan. Yohanes Pembaptis yang membaptis Tuhan Yesus Kristus di sungai Yordan setiap hari mengonsumsi madu dan belalang di padang gurun. Belalang? Ya, belalang! Di kabupaten Wonosari, Yogyakarta, banyak petani di sini menangkap belalang berwarna cokelat sebesar kira-kira dua kali jempol orang dewasa. Belalang-belang ini dicampur dengan tepung beras dan digoreng menjadi peyek belalang. Belalang adalah sumber protein yang berguna sekali sebagai pembangun jaringan tubuh manusia. Itu sebabnya maka Yohanes Pembaptis mempunyai daya tahun tubuh luar biasa selama menetap di padang gurun. Susu kacang kedele dapat digunakan sebagai pengganti susu sapi. Santan juga mempunyai kadar protein. Gunakan semua jenis bahan penambah rasa masakan ini sesuai menurut resep. Misalnya, madu sebagai olesan untuk ayam panggang madu, susu untuk soto Betawi. Santan akan menjadi bahan masakan tidak sehat jika dipanaskan terus-menerus sehingga santan pecah mengeluarkan minyak. Jadi, santan harus diperlakukan dengan hati-hati. Sebaiknya masakan yang menggunakan santan sekali diolah untuk masakan, habiskan pada hari itu juga. Bubur kacang akan terasa lebih nikmat jika ditambahkan santan. Sekarang sudah diproduksi santan dalam bentuk tepung yng lebih aman untuk dikonsumsi.
  • Kaldu. Kaldu adalah rebusan air dengan bahan masakan hewani, seperti ikan darat atau laut, daging ayam, kambing, sapi, dan babi, karena itu kaldu mempunyai banyak protein dan lemak di dalamnya. Kaldu digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sup. Bumbu dasar sup adalah merica, garam, bawang putih, dan pala. Untuk mendapatkan kaldu kambing dan sapi yang baik, lakukan langkah-langkah berikut : rebus daging sampai mendidih dan biarkan sampai 15 menit, hentikan perebusan dan biarkan sampai dingin, lemak beku yang mengapung di permukaan kaldu dibuang, dan pakai kaldu bebas lemak untuk sup. Mengingat issue penyakit jantung koroner dan kholestrol tinggi, maka kaldu ikan lebih baik dibandingkan dengan kaldu ayam dan kaldu ayam lebih baik dibandingkan dengan kaldu kambing atau sapi. Untuk mengurangi bau amis pada kaldu ikan, gunakan air jeruk nipis dan beberapa potong lengkuas atau jahe. Kaldu ikan atau ayam menyehatkan untuk pemulihan kesehatan bagi orang yang baru sembuh dari sakit.
Dimulai dari nabati, kacang dan salad dan diakhiri dengan hewani yakni kaldu, karena mengonsumsi nabati lebih baik dibandingkan dengan hewani. Alkitab memberi informasi, bahwa manusia mengenal konsumsi daging hewan, yakni kambing dan sapi dari sejak Nuh sebelum Air Bah. Daging kambing atau sapi lezat jika dimasak dengan bumbu semur, bumbu bali, atau dipanggang untuk steak ===  [dyahprasetyo.blogspot.com/2012_03_01_archive.html] ===. Buah tidak dimasukkan ke dalam bahan masakan, karena sebagian besar fungsi buah memang bukan sebagai bahan masakan. Engkau akan mendapatkan kegunaan yang lebih baik jika bahan-bahan masakan di dunia ini dimakan dalam keadaan mentah, direbus, dikukus, atau dipanggang pelan-pelan. Semoga engkau menikmati hidup sehat dan panjang usiamu.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar