Minggu, 19 Mei 2013

10 Saran Memelihara Kesehatan

  • Sediakan waktu untuk Tuhan. Berdoa paling sedikit 2 kali sehari, yakni pada pagi hari bangun tidur pada pukul 05.00 dan malam hari sebelum tidur pada pukul 10.00 malam. Berdoa adalah napas kehidupan orang percaya, tanpa doa berarti napas kehidupan rohanimu lambat laun akan mati, tanpa doa engkau menjadi tidak sensitive terhadap kehadiran Tuhan. Sediakan waktu setiap hari untuk membaca dan merenungkan firman Tuhan, maka kau akan mendapatkan, bahwa orang yang berserah kepada pemeliharaan Tuhan, hidupnya akan jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang setiap hari kuatir terhadap hari esok [Matius vi:25-34].  
  • Banyak makan makanan yang mengandung serat. Terutama serat yang larut di dalam air. Sayuran hijau adalah sumber makanan berserat dan berfungsi menjaga pH tubuh tetap alkalis. Wortel adalah sayuran yang berkalori, minum 1 liter jus wortel [tanpa ampas dan tanpa diberi tambahan gula pasir] per minggu baik untuk detoksifikasi lever. Semua buah baik untuk dikonsumsi, kecuali buah yang mengandung kalori tinggi memang harus ekstra perhatian apalagi untuk mereka yang umurnya telah mencapai 50 tahun atau lebih. Beberapa buah yang kalorinya tinggi, seperti durian, nangka, dan beberapa jenis pisang. Buah apple mengandung antibiotic alami sementara jeruk, manggis, anggur, dan kiwi mengandung zat anti oksidan, maka mereka sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kekebalan tubuh. Buah semangka baik untuk menjaga kesehatan ginjal sementara pisang Cavendish baik untuk kesehatan jantung. All fruits are useful for your health. 
    Menyanyi itu menyehatkan dan menyenangkan hati.
  • Tingkatkan kekebalan tubuh. Istirahat yang cukup, yakni tidur 8 jam dalam satu hari. Tidak efektif sama sekali mengonsumsi makanan yang mempunyai gizi tinggi tanpa disertai istirahat yang memadai. Jika waktu istirahatmu sangat kurang, radikal bebas semakin banyak menumpuk di dalam tubuh, dan lever semakin kerja keras mengeliminasi radikal bebas ini. Ketika engkau kurang istirahat, maka keletihan terjadi diseluruh tubuh dan beberapa bagian tubuh mengalami penurunan kekebalan, virus-virus tertentu segera menyerang bagian tubuh yang mengalami penurunan kekebalan. Bukankah penyakit hepatitis disebabkan oleh serangan virus? Jangan bekerja melampaui waktu yang seharusnya engkau gunakan untuk istirahat]. 
  • Relaksasi. Udara terdiri dari sebagian besar 79 persen nitrogen dan 21 persen oksigen. Dari 21 persen oksigen yang digunakan oleh manusia untuk bernapas, maka hanya 10 sampai 15 persen saja yang dapat diserap oleh paru-paru. Apalagi dengan adanya issue pemanasan global yang disebabkan oleh peningkatan gas karbondioksida di dalam udara dan banyak gas lain yang mempunyai sifat karsinogen [kanker] akibat kebakaran hutan, maka volume oksigen yang dapat diikat oleh haemoglobin juga semakin sedikit, karena ternyata gas-gas beracun lebih mudah diikat oleh haemoglobin dibandingkan dengan oksigen. Kau sebaiknya melakukan latihan relaksasi untuk memaksimalkan pemakaian oksigen dengan cara, tarik napas perlahan, tahan napas selama lebih kurang 30 detik, lepaskan napas juga perlahan. Lakukan dengan rileks paling sedikit 30 menit sehari di lapangan terbuka pada pukul 05.30 pagi. Lebih disukai lagi kalau tempatnya sejauh mata memandang adalah hijau oleh banyak pohon. Banyak orang Cina melakukan Tai Chi untuk relaksasi ini. 
  • Jaga posisi postur tubuh, baik ketika sedang duduk, berdiri, maupun berjalan dalam keadaan tegak lurus. Kalau kau tidur, biasakan tidak menggunakan guling, karena hal ini akan membuat tulang belakang melengkung dalam jangka waktu lama kemudian. Tidurlah dalam posisi terlentang. Sebetulnya tidur yang sehat itu tanpa kasur, alias di atas papan lurus dan tanpa bantal. Tidak enak? Memang yang membuat sehat itu biasanya memang tidak enak. Pakailah kasur yang membuat tidurmu nyaman, tetapi yang juga membuat kau sehat. Keadaan tubuh dengan posisi tulang belakang yang tegak akan membuat engkau tambah percaya diri. 
  • Sediakan waktu untuk teman. Luangkan waktu melakukan sosialisasi dengan tetangga, bukan untuk bikin gossip atau cerita jorok, melainkan bicara ringan, tetapi menghibur. Mengelola hati dengan pikiran positip, bersyukur atas segala yang telah kau miliki sampai saat ini. Orang yang selalu gembira tanpa prasangka kepada orang lain, maka hidupnya jauh lebih sehat dibandingkan dengan orang yang sering menyimpan prasangka dan dendam kepada orang lain. Engkau menikmati kegembiraan ketika bersedia sharing dengan tetanggamu, misalnya cerita ketika engkau bertemu pertama kali dengan bekas pacarmu itu. Bersama dengan teman-teman engkau menyediakan waktu untuk enjoy piknik ke pegunungan, ke pantai, mandi di kali di pegunungan, dan seterusnya. 
  • Sediakan waktu untuk membaca. Kesehatan bukan hanya mengelola fisik melainkan pikiran juga harus dijaga kesehatannya. Engkau harus menyediakan waktumu untuk membaca buku-buku yang membangun kepribadian yang baik. Buku-buku yang baik membuat jiwamu tenteram dan pikiranmu tenang. Kebiasaan membaca buku akan memperlambat proses pikun saat tiba hari tuamu nanti. Membaca buku dan mempunyai kesediaan menulis blog alias menjadi blogger adalah dua paduan kegiatan yang sangat membantu memperlambat kepikunan. Orang cepat menjadi pikun karena otaknya tidak dirangsang untuk berpikir. Membaca dan menulis adalah kegiatan berpikir. Well, mumpung umur masih muda, maka dari sekarang belajarlah menulis supaya engkau menjadi blogger sejati. 
  • Olah raga. Jangan biarkan hari berlalu tanpa olah raga. Jangan kau jadikan alasan, kesibukan pekerjaan menyebabkan tidak ada waktu untuk olah raga. Pilihlah olah raga yang membuat pemakaian oksigen semakin efektif sehingga jantung semakin sehat. Bagi mereka yang usianya telah mencapai 60 tahun ke atas, olah raga jalan kaki sangat dianjurkan. Sediakan waktu paling sedikit 60 menit sehari pagi atau sore untuk olah raga. Apabila kau tidak dalam waktu olah raga, gunakan segala kegiatan fisikmu lebih banyak, tanpa melibatkan orang lain, seperti berkebun [gardening], membersihkan halaman, atau mencuci mobil.-


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar