Selasa, 13 Desember 2011

Kesempatan Menggoda Orang Lemah Iman Untuk Korupsi


Kejahatan korupsi juga dapat terjadi karena difasilitasi oleh adanya kesempatan. Di negeri ini adalah istilah kalau dapat dipersulit, mengapa harus dipermudah. Di Indonesia sudah biasa pejabat negara level atas membangun institusi baru sebagai bentuk imbalan rasa terima kasih telah berhasil menduduki jabatannya. Institusi baru artinya meja baru. Meja adalah symbol kekuasaan. Karena itu, jangan heran jika Anda mau membangun corporate, tidak cukup meminta pengesahan dari 3 meja … mungkin 10 meja. Dan, setiap meja harus ada gratifikasinya.

Jika ada orang yang merasa mengalami kesulitan mengurus perizinan, datanglah orang yang berpura-pura menolong, padahal pada akhirnya uang juga yang diminta bukan pertolongan tulus hati. Dengan kata lain semakin panjang rantai meja birokrat, maka kesempatan melakukan korupsi juga semakin terbuka.

Peraturan Pemerintah, Peraturan Daerah, Undang-Undang banyak dibuat di negeri ini, tetapi pelaksanaannya di lapangan jauh berbeda dengan roh Undang-Undang yang ada. Dengan kata lain, kalau orang sudah mempunyai niat jahat, segala celah kalau ada dicari kelemahannya untuk berbuat korupsi.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar