Jumat, 13 Januari 2017

Pengetahuan Khusus

Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Supaya terbentuk perubahan, maka orang harus banyak belajar dan mengikuti banyak pelatihan. Hasil dari pendidikan yang berhasil adalah memperoleh pengetahuan. Misalnya : seseorang atau kelompok masyarakat dilatih di tempat pelatihan welding, menyadari bahwa bukan hasil kerja saja melainkan bekerja dengan aman memperhatikan keselamatan kerja. Seorang yang berpendidikan adalah orang yang berhasil mengembangkan pikirannya sedemikian rupa sehingga dia dapat memperoleh apa saja yang diinginkannya tanpa melanggar hak-hak orang lain.

Berbagai sumber pengetahuan :
  • Pengalaman hidup.
  • Diskusi.
  • Universitas.
  • Pelatihan singkat tenaga kerja.
  • Perpustakaan.
  • Kursus-kursus. 
Untuk membangun sesuatu dan semakin besar sesuatu itu, maka diperlukan kekuatan besar. Kekuatan ini diperoleh dari pengetahuan yang diorganisasi secara sangat baik serta pengetahuan khusus yang diarahkan secara cerdik. Pengetahuan baru dapat berharga apabila diaplikasikan ditempat yang benar. Untuk membangun satu kapal induk besar [craft carrier] pasti dibutuhkan banyak orang berpengetahuan dan keahlian khusus. Orang-orang berpengetahuan ini dikelola untuk ditempat pada tempat yang benar. Juru masak pasti ditempatkan di dapur, tentu tidak ditempatkan sebagai welder.
Pengetahuan khusus adalah pelatihan aplikasi terapan yang dapat digunakan langsung secara praktis. Misalnya : kursus juru las, kursus bubut, kursus dynamo, kursus masak. Kursus masak diperoleh dari pendidikan utama yang kompleks diperoleh di universitas, yakni fakultas perhotelan. Anda tidak perlu mempelajari segala sesuatu di universitas jurusan perhotelan, kalau hanya ingin mengetahui bagaimana cara membuat beef rib steak melainkan ikuti saja kursus memasak dan khusus memberi pelatihan grilled dan barbeque. Tidak sedikit orang berhasil dalam hidupnya setelah belajar sendiri pengetahuan khusus secara praktis.
Orang-orang sukses dalam segala bidang kehidupan tidak akan pernah berhenti mencari pengetahuan khusus yang berhubungan dengan tujuan khususnya, seperti bisniz atau professinya. Mendapatkan pengetahuan khusus adalah usaha pencarian yang tiada akhir. Kalau pengetahuan khusus yang ingin diperolehnya tidak ada di kota tempat tinggalnya, maka dia mencari ke kota lain, bahkan ada orang yang berlibur ke suatu negara di Eropa diisi sambil mengambil kursus. Kursus membuat spaghetty Napolitana di kota Napoli, misalnya.
Jaman sekarang yang dicari adalah spesialisasi!!! Bersekolah adalah cara mengarahkan pendidikan seseorang untuk mempelajari bagaimana harus mendapatkan pengetahuan yang terspesialisasi. Tanpa bersekolah memang orang akan sulit memperoleh pandangan tentang interestnya akan diarahkan ke mana. Banyak orang muda salah memilih jurusan ketika kuliah telah berjalan satu tahun pertama. Namun, ada banyak orang juga tanpa kuliah tetapi telah menetapkan hidupnya dengan penuh keyakinan memilih jurusan spesialisasi interestnya melalui jalur kursus setelah dia lulus dari bangku sekolah menengah atas. Biasanya orang seperti ini dibesarkan dilingkungan kerja yang sudah mengondisikan pikirannya sampai dia besar. Misalnya : ayahnya montir motor starter dan alternator mobil sejak kecil yang dilihat adalah pekerjaan teknik yang dilakukan oleh ayahnya. Pengetahuan khusus ditambah dengan imajinasi merupakan ramuan yang dapat membentuk karya unik. Awal kesuksesan dimulai dari impian. Orang yang berpengetahuan sederhana bermimpi sederhana, sebaliknya orang yang berpengetahuan khusus memiliki impian khusus juga. 


Will be continued ......

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar