Selasa, 31 Januari 2017

Menjaga Pipa Saluran Tetap Bersih

Pipa saluran, apa saja seperti saluran air, minyak, saluran septik tank, saluran bahan kimia cair harus dijaga kebersihan bagian dalamnya supaya lancar mengalir. Pembuluh darah yang mengalirkan darah di dalam tubuh manusia atau hewan tidak bedanya dengan pipa saluran tersebut di atas yang harus dijaga kebersihan bagian dalamnya, supaya darah mengalir lancar tanpa hambatan. Pembuluh darah utama yang disebut arteri dan pembuluh balik yang disebut vena membentuk jaringan seperti jaringan pipa air minum perkotaan, dari pusatnya masih memiliki diameter besar kemudian bercabang di banyak tempat. Ada satu atau beberapa tempat terdapat sumbatan sebab banyak kotoran lumpur, maka tekanan air akan meningkat dan jika dinding pipa tak kuat menahan tekanan yang semakin besar, jebohlah pipa. Pipa jebol menyebabkan air terbuang percuma ke mana-mana.

Seorang suami yang memiliki tekanan darah semakin meningkat dan kepala pusing, maka isteri akan panik dan bawel. Isteri akan bawel berkata seperti ini, daddy terlalu banyak makan soto babat, terlalu banyak makan bistik sapi, makan kurang serat, banyak minum kopi di coffee, was, wes, wos dan sebagainya dan sebagainya. Tindakan bawel seperti ini tidak banyak menyelesaikan masalah, malah memperparah masalah, sebab kenaikan tekanan darah banyak penyebabnya. Penyebabnya bukan melulu yang aku sebutkan di atas. Banyak pikiran, kurang olah raga, banyak minum kopi, kadar sodium di dalam darah semakin tinggi, pembuluh darah yang semakin kurang elastis, kadar kolestrol semakin tinggi adalah beberapa penyebab yang umum yang menyebabkan tekanan darah semakin tinggi. Pada usia 60 tahun dan memiliki tekanan darah yang mencapai 150 mm Hg [dia] dan 100 mm Hg [sys], ini adalah tekanan darah tinggi tingkat medium dan disertai kolestrol setinggi 200 mg per dl [maksimum], maka waspadalah terhadap kondisi seperti ini. 

Ketika aku masih berusia 40 tahun total kolestrol pernah mencapai di atas maksimum, tetapi aku diuntungkan dengan tekanan darah yang selalu rendah. Jadi, di disin terlihat tingginya kadar kolestrol bukan suatu alasan meningkatnya tekanan darah. Kopi dapat menyebabkan denyut jantung meningkat, denyut jantung meningkat membuat frekuensi pemompaan darah meningkat, maka akibatnya tekanan darah meningkat. caffein yang terdapat di dalam kopi kecenderungannya merangsang jantung memompa darah lebih banyak ke seluruh pembuluh darah. Namun, tidak sedikit juga penggemar kopi yang minum kopi sampai lebih dari dua cangkir sehari tidak membuat tekanan darah mereka meningkat secara signifikan. Jadi, sekali lagi penyebab meningkatnya tekanan darah bukan karena minum kopi saja. Lebih baik engkau melakukan evaluasi apa yang menjadi habitmu sehari-hari yang kira-kira mendekati sehingga tekanan darahmu meningkat. Hati-hati, bung!!! Be careful, man!!! Masalah tekanan darah dapat menyebabkan batang kontolmu macet.

Apakah engkau memikirkan suatu masalah sangat serius?

Will be continued.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar