Sabtu, 01 Oktober 2016

Roh Kudus Memimpin Kehidupan Orang Kristen

Orang Kristen diperintahkan oleh Tuhan untuk menjadi saksi Kristus di muka bumi ini dari Yerusalem sampai ke ujung-ujung bumi, maka orang Kristen membutuhkan keberanian. Dari mana datangnya keberanian untuk bersaksi? Setiap gereja membutuhkan firman Tuhan yang menyegarkan jiwa melalui seorang gembala akan menghidupkan gereja. Dari mana datangnya kehidupan gereja? Banyak gembala dikaruniai secara khusus berupa kuasa adikodrati. Selain bakat yang dimiliki oleh seorang gembala, Tuhan mempunyai otoritas memberikan satu dua karunia adikodrati kepada seorang gembala sehingga pelayanannya berkembang efektif dan efisien. Bakat dan karunia keduanya berharga dibutuhkan oleh gereja, yakni tempat perteduhan rohani orang Kristen. Setiap individu Kristen mempunyai potensi mengembangkan diri melalui bakatnya untuk memuliakan Tuhan. Gereja adalah sekumpulan individu ini, maka individu-individu yang semakin berkembang akan membuat gereja berpotensi luar biasa menjadi saksi Kristus sampai ke ujung-ujung bumi. Masih banyak di belahan bumi ini orang yang sama sekali tidak mengenal Yesus Orang Nazaret. Namun, sesuai dengan janji Tuhan, bahwa kita tidak sendirian dalam menjalankan misi ini, melainkan Dia akan menyertai kita sepanjang masa bersama Roh Kudus, Roh Kebenaran, Roh Tuhan, Roh Allah atau Roh Kristus adalah sebutan-sebutan yang bermakna sama sebagai Penolong orang Kristen.


Gereja GPIB PAULUS di Menteng, Jakarta.
Siapa Roh Kudus itu? Ia adalah Allah dan Allah itu adalah Roh. Ia adalah Roh yang memberi hidup. Engkau dapat hidup sebab mengalami lahir baru yang membuat engkau mengalami perubahan mind-set yang hanya dialami oleh orang yang hidupnya di dalam Kristus. Engkau dapat melihat Kerajaan Sorga di dalam dirimu setelah Roh Kudus mengubah mind-setmu sehingga engkau hidup dalam Roh. Dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak mungkin, bahwa orang yang telah diperbaharui oleh Roh membawa pada kesombongan, bahkan kesombongan rohani pun tidak. Ia adalah Penghibur yang memiliki empat aspek : a) sebagai Penghibur, kedudukan-Nya menggantikan Kristus menyertai orang Kristen selama-lamanya; b) bersaksi segala sesuatu tentang Yesus melalui mulut orang Kristen; c) mengajar  dan mengingatkan orang dunia; d) permanen bersama orang Kristen. Ia adalah Guru. Ia memberi kuasa kepada gereja untuk pengampunan dosa. Ia memberi kuasa kepada gereja untuk misi penginjilan.

Ketika seorang Kristen mengalami curahan Roh Kudus. Engkau menerima kebenaran Kristus tanpa banyak pikir. Matius atau Lewi adalah seorang pemungut cukai yang bertugas di setiap jalan ekonomi di sekitar Jerusalem. Ia adalah cermin kehidupan masa kini, yakni eksekutif pada posisi puncak atau banker kaya yang rakus merampas harta orang tak berdaya membayar pinjaman serta bunganya. Roh Kudus membuat jiwanya tenteram dan dengan hati damai dia langsung mengikuti ajakan Kristus untuk meninggalkan pekerjaannya. - Pada masa Yesus masih hidup di Palestina, pemungut cukai adalah figure paling dibenci dalam masyarakat Yahudi.- Paulus orang Yahudi dari Tarsus bertobat, mengalami lahir baru, dan ditentukan oleh Tuhan sebagai alat pilihan untuk mewartakan Injil di antara bangsa-bangsa tak bersunat. Kalau menurut konteks masa kini, orang Kristen ada yang ditentukan oleh Roh menginjili orang Kedar saja, ada yang ditentukan untuk kelompok intelektual, ada yang ditentukan untuk kelompok dukun, ada yang ditentukan untuk kelompok Kedar abangan, dan seterusnya. Engkau mengalami keberanian luar biasa dalam curahan Roh. Seorang penginjil masa kini membutuhkan keberanian dari Roh Kudus dalam menjalankan misinya. Petrus adalah seorang nelayan dengan pikiran sederhana. Ia pernah menyangkal sampai tiga kali, bahwa dirinya adalah murid Kristus. Karena ketakutan. Namun, dia mengalami keberanian luar biasa ketika Roh Kudus memenuhi dirinya. Ia berkotbah di Bait Allah di bagian Serambi Salomo berbicara tentang Yesus Kristus yang disalibkan oleh bangsa-Nya sendiri. Ia berkhotbah di sini ditemani oleh rasul lainnya, Yohanes. Dalam curahan Roh, engkau menjadi lebih peka terhadap suara Tuhan. Paulus tidak diijinkan oleh Roh Kudus untuk memberitakan Injil di Asia. Ia juga tidak diijinkan oleh Roh menuju Bitinia. Namun, dia diijinkan oleh Roh menuju ke Makedonia oleh suatu penglihatan. Paulus peka atas petunjuk Roh dan mematuhi-Nya. Engkau rindu menjadi hamba Tuhan untuk mewartakan Injil? Itu ide bagus. Namun, yang penting menunggu komando dari Roh, bukan hanya modal nekat tanpa hikmat. Engkau menjadi orang yang dipimpin oleh Roh. Hanya orang yang hidupnya dibawah pimpinan Roh dapat mengatakan, bahwa Allah di dalam Yesus Kristus adalah Tuhan dan Juru Selamat manusia. Roh memimpin orang percaya sehingga hidupmu tidak di bawah kendali hukum yang telah membuatmu mati dibawah kuasa dosa. Hidupmu  selalu  diperbaharui oleh Roh dan Roh memampukan engkau menghasilkan buah-buah roh dalam kepribadianmu. Roh memampukan engkau hidup dalam kekudusan. Engkau mengalami damai sejahtera dan sukacita luar biasa.

Bagaimana supaya Roh Kudus hadir dalam kehidupanmu? Hadirat Roh Kudus atau Roh Tuhan dalam dirimu menjadikan dirimu Bait Allah, tempat kediaman Roh Kudus. Kehadiran Roh Kudus di dalam jemaat Tuhan menjadikan gereja tempat kediaman Roh Kudus yang menghidupkan suasana batin sehingga jemaat bergairah. Bait Allah itu kudus dan mulia, maka orang berdosa atau yang membawa ajaran sesat berarti mengotorkan bait Allah. Hiduplah kudus, maka Roh Kudus tetap hadir dalam kehidupanmu. Janganlah engkau sesat dalam pergaulan, sebab pergaulan yang buruk dapat merusakkan kebiasaan baik. Banyak remaja Kristen kehilangan motivasi dan jatuh dalam lembah kemerosotan moral, seperti seks bebas, narkotiks, dan perjudian, karena salah pergaulan. Banyak gembala dan pekerja gereja terlibat seks bebas atau hidup dalam kenajisan. Gembala dengan anggota perempuan jemaatnya melakukan hubungan seks bebas. Pekerja-pekerja gereja melepaskan hasrat birahi di hotel-hotel. Ibu gembala melepaskan birahinya dengan pekerja laki-laki yang ganteng. Tetanggaku, seorang nenek sudah mencapai usia tingkat bau tanah alias bau tanah kuburan, tetapi masih suka judi dan minum. Kebiasaan baik seorang Kristen adalah berdoa. Orang Kristen yang terjerumus dalam dosa seks bebas, apakah masih rajin berdoa kepada Allah di dalam Kristus. Berdoa adalah kegiatan batin di hadapan Tuhan, sementara perbuatannya bertentangan dengan kehendak Tuhan. Di dalam batinmu terjadi pertentangan antara kehendak Roh dan kehendak bebasmu yang saling menuduh. Kehendak bebas yang semakin mengarah ke arah negative, maka semakin lemahlah jiwamu dan semakin jauh dari kehendak Roh Kudus. Semua ini terjadi bermula dari salah pergaulan. Engkau dapat memohon di dalam doa kepada Tuhan supaya Roh Kudus hadir dalam kehidupanmu. Engkau memohon kepada Roh supaya wilayah pelayannmu di perluas. Kehadiran Roh membawamu ke dalam suasana damai di hatimu yang terdalam dan tenteram jiwamu.

Orang Kristen sejati berpikir, berbicara, dan bertindak sepatutnya sesuai dengan tuntunan Roh Kudus, maka engkau akan sampai pada tujuan kekekalan, seperti bangsa Israel berjalan di padang gurun dipimpin oleh tiang api dan tiang awan sampai pada tujuan di Tanah Perjanjian, Kanaan. Aku di sini tidak berbicara tentang karunia Roh Kudus atau kuasa adikodrati dari Tuhan, tetapi syarat utama dan mutlak untuk mendapatkan karunia Roh adalah siapa saja yang telah menerima kasih karunia dari Allah di dalam Kristus. Bertobatlah dan terimalah Yesus sebagai jalan lurus menuju kekekalan, maka engkau mendapatkan Roh Kudus sebagai pemimpin hidupmu.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar