Kamis, 12 Desember 2013

Lupakan Dosa Sesaat

Blueberry Cheese Cake.
Dosa adalah satu perbuatan yang tidak diijinkan untuk dilaksanakan, maka pelanggaran atas perbuatan yang tidak diijinkan akan mengakibatkan konsekuensi yang hebat.  Perkataan ini betul menurut ajaran agama bagi yang mempercayai. Dosa yang saya maksudkan di sini hanyalah satu istilah saja terhadap suatu perbuatan yang memang sengaja dilanggar, tetapi konsekuensinya hanya sebatas terhadap diri sendiri dan berlaku hanya pada saat kita masih hidup di dunia. Suatu pelanggaran yang sengaja dilakukan biasanya adalah satu perbuatan yang nikmat sesaat. tetapi akhirannya akan menghancurkan diri sendiri, jika dilakukan dalam jangka waktu panjang. Jika kau mempunyai masalah dengan kolesterol di dalam darah, kau seharusnya menjauhi semua makanan yang dapat meningkatkan kadar kolestrol ini, maksimum 200 mg per dl darah. Makanan yang mengandung kadar kolestrol tinggi biasanya enak, nikmat sampai membuat orang penderita penyakit jantung sering lupa diri. Banyak temanku yang telah pernah menjalani operasi jantung koroner, tetapi masih saja keterlaluan melanggar pantangan makan. Lupa kalau dirinya sudah bau tanah.

Plum Cheese Cake.
Umur saya sendiri sudah tidak muda lagi, tetapi jantung saya masih tergolong sehat dan total kolestrol tidak melewati batas maksimum. Jadi, secara medis saya tidak mempunyai masalah dengan makanan, tidak ada makanan yang harus dipantangkan, kecuali gula darah cendrung mudah naik sehingga setiap hari harus mengonsumsi tablet glibenclamide 5 mg sebagai antisipasi. Nah, saya akan mulai cerita saya di sini. Pertama, cerita ini namanya cheese cake. Dari namanya saja sudah membuat Anda tahu bahwa bahan utama cake ini adalah krim keju, yakni bahan makanan yang mengandung banyak protein, lemak, dan kalsium. Tambahan lain untuk membuat kue ini biasanya adalah tepung terigu, telur ayam, gula kastor, susu bubuk, dan mentega. Topping kue ini ada banyak macam, seperti cokelat siram, strawberry, blueberry, kayu manis, dan seterusnya. Beda toppingnya, maka beda pula namanya dan semakin panjang dan aneh namanya, maka semakin mahal pula harganya. Kalau belum tahu rasanya sekali mencoba satu sendok saja, woooooow, saya yakin, Anda sependapat untuk mengatakan enak sekali, sehingga Anda tega hati melupakan dosa sesaat, bahwa kue ini mampu meningkatkan racun yang membuat penyakit jantung atau diabetis mellitus Anda tambah masalah. Di dalam mulut jatuhnya lembut dan di lidah tidak berasa lemak yang mengenyangkan perut. Di beberapa coffee shop ternama di Jakarta, harga blueberry cheese cake, ukuran 8x4x6 cm [small size] antara 15 sampai 20 ribu rupiah. Satisfied, eventhough small because tasteful.

Jangan tanya kepada saya bagaimana cara membuat cheese cake ini, karena sekali Anda tahu cara membuatnya, Anda akan berniat membuatnya sendiri dan kemudian ketagihan menikmatinya terus sampai lupa diri. Istriku mempunyai seorang teman perempuan di mana ayah teman istriku ini menderita diabetes mellitus, tetapi setiap hari Juma’at selalu menikmati roti kasur yang dibeli oleh anak perempuannya dari istriku karena istriku memang jualan roti kasur setiap hari Juma’at saja. Apa kata ayah ini tentang roti kasur ini? Ia berkata bahwa hanya setiap hari Juma’at saja menikmati roti kasur ini. Roti kasur buatan istriku, katanya paling enak di antara yang ada di Jakarta. Lupakan dosa sesaat. Ya, aku memanjakan mulut dengan cheese cake yang nikmat ini sekali-sekali boleh, bukan? Enam bulan sekali belum tentu saya makan sepotong kecil. Lupakan sesaat saja. Apalagi sekarang Desember sebentar lagi Christmas, tentu bukan saja saya menikmati cheese cake, tetapi juga mungkin yang lain, seperti sate kambing, chicken steak, spaghetti, apple pie, kolak ketan durian, dan seterusnya. Rasanya tidak sopan kalau di rumah seorang teman pada bulan yang penuh suka cita ini lalu saya berkata, ‘ma’af, ya saya sedang puasa’. Karena itu, supaya disebut tamu yang tahu sopan santun alias tidak munafik, jangan lewatkan kesempatan satu tahun sekali ini.

Cerita kedua judulnya iga sapi bakar khas Makassar, orang sana menyebutnya konro. Iga sapi tidak termasuk makanan yang layak dikonsumsi dengan alasan kesehatan karena daging iga banyak mempunyai lemak yang melekat pada pinggirannya. Iga sapi bakar ini dimakan dengan bumbu kacang dan diolesi dengan kecap kental manis. Sebetulnya di dalam cerita yang kedua ini ada beberapa hidangan penggoda iman lainnya, seperti rendang daging sapi, gulai kepala ikan kakap, gulai daging kambing, gulai usus dan babat sapi, sirloine steak, dan udang goreng saus margarine. Ada satu cerita lama pernah terjadi kira-kira15 tahun yang lalu. Di antara dua puluhan orang yang hadir pada satu acara dinner, ada satu orang yang yang sebenarnya penderita hipertensi level atas. Mereka adalah sekelompok staff labour dari pabrik semen di Cibinong. Ia makan udang goreng saus margarine dari satu piring bundar besar. Lahap dan bernafsu sekali. Ini pasti udang pancet yang besar. Satu, dua, tiga, empat, pada udang ke lima segera keluar darah dari hidungnya dan langsung ambruk. Segera dia dibawa ke rumah sakit terdekat di Bogor. Untung segera dibawa ke rumah sakit, kalau terlambat, dia akan lewat dari peredaran di dunia. Orang ini sangat lupa diri dengan keadaan kesehatannya sendiri. Maksud saya lupakan dosa sesaat, orang juga harus berhikmat. Jika dia menyadari, dirinya telah divonnis oleh dokter, bahwa dia mengidap penyakit hipertensi, janganlah makan makanan yang memang seharusnya dipantangkan. Orang ini sekarang sudah pensiun. Saya mendengar dari teman-teman di Cibinong, Bogor, bahwa dia masih hidup. Yang penting heeeppy, friend! Kebanyakan penyakit dimulai dari terlalu memanjakan mulut, awasilah nafsu makan mulutmu!!! ----- 


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar