Minggu, 30 Agustus 2015

Kesuksesan Membutuhkan Kesungguhan Hati

Orang sukses sebab hidupnya mengandalkan Tuhan. Menurut KBBI arti kesungguhan adalah berusaha dengan sekuat-kuatnya dan dengan sepenuh hati untuk mendapatkan sesuatu. Yerikho adalah kota perdagangan yang cukup ramai dan banyak orang kaya di sini. Kota dagang sekecil apa pun pasti ada pengemis. Bartimeus, anak Timeus adalah pengemis buta di kota ini. Ia sedang duduk di pinggir jalan. Ketika Yesus dan murid-murid-Nya keluar akan meninggalkan kota ini. Bartimeus tidak melewatkan kesempatan ini. Ia berteriak menyebut nama Yesus dalam kerumunan banyak orang. Suaranya ditelan oleh hiruk pikuk suara orang-orang yang mengikuti Yesus. Banyak orang merasa terganggu dengan suaranya yang dianggap membuat berisik dan mereka menyuruh dia diam. Tapi dia tak perduli. Baginya mungkin ini adalah satu kesempatan yang tak akan terulang lagi. Ia berteriak semakin keras berulang kali menyebut nama Yesus Anak Daud dan dia memohon belas kasihan dari Yesus. Yesus mendengat teriakan Bartimeus memanggil nama-Nya, lalu berhenti dan menyuruh pengemis ini datang kepadanya. Seorang dari mereka berkata kepadanya, bahwa Yesus memanggilnya dan meminta kepadanya supaya dia menguatkan hatinya. Bartimeus begitu besar keinginannya untuk bertemu dengan Yesus, maka tanpa ragu-ragu lagi dia menanggalkan jubahnya dan segera menemui Yesus. Ia dapat menemui Yesus, sebab dengan kesungguhan hatinya dia berhasil mengalahkan rintangan-rintangan [Markus 10:46-52].  

Walaupun banyak rintangan, tak ada alasan untuk mundur. Ada harga yang harus dibayar untuk menuju hidup yang berhasil, yakni perjuangan mematahkan rintangan demi rintangan. Iblis membangun banyak rintangan supaya orang percaya pada gagal. Di banyak tempat di mana saja, banyak orang seperti Bartimeus mempunyai keinginan besar untuk dapat berjumpa dengan Kristus, tetapi menjumpai banyak sekali rintangan dan rintangan terdekat adalah keluarga sendiri dan kemudian teman-teman. Apalagi Bartimeus adalah pengemis dan penyandang cacat fisik, maka dia begitu diremehkan oleh lingkungannya sendiri. Ingat saja penulis amsal berkata, bahwa orang miskin berbicara dengan memohon-mohon, tetapi orang kaya menjawab dengan kasar. Maju terus, maju tak gentar. Orang buta ini berteriak terus semakin kencang menyebut nama Yesus. Ia berusaha sekuat tenaga melewati rintangan-rintangan sosial. Paulus berkata, bahwa Allah di dalam Kristus memberikan kepada orang percaya bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih, dan ketertiban. Lebih lanjut kepada Timotius, Paulus berkata bahwa Roh Tuhan menyertai roh-nya dan kasih karunia menyertai dirinya. Roh Tuhan membangkitkan kekuatan luar biasa pada diri semua orang percaya sehingga semangat hidup tetap menyala-nyala, walaupun lingkungan tak bersahabat.

Tuhan memberi penghiburan kepada orang yang bersungguh-sungguh. Tuhan perduli terhadap kebutuhan orang yang tak berdaya. Dari sejak engkau memanjatkan permohonan doamu sampai datangnya jawaban dari Dia adalah suatu proses panjang, bahkan mungkin penantian yang sangat panjang. Bukan banyaknya kata yang keluar dari mulutmu ketika engkau berdoa, melainkan Dia melihat kesungguhan hatimu. Dari hatimu yang terdalam engkau berteriak menyebut nama Tuhan yang engkau muliakan. Misalnya : Yesus, El Gibbor, Engkau Pengawalku Yang Perkasa, Engkau tempat perlindunganku. El Gibbor, artinya Allah Yang Perkasa. Tuhan memberi penghiburan, sebab firman Tuhan itu menghibur jiwa orang percaya. Bartimeus si pengemis buta sangat antusias mendengar nama Yesus. Baginya, nama Orang Nazaret ini disebutkan adalah hiburan yang sangat luar biasa. Yesus memanggil pengemis ini, artinya Tuhan memberi penghiburan. Engkau berada di rumah Tuhan, sebab Dia memanggil engkau, bukan karena kebetulan, yakni Roh-Nya menjamah roh-mu. Di tempat ini engkau mendapatkan suasana kedamai hati dan ketenteraman jiwa, walaupun permohonan doa belum terkabulkan. Bersaat teduh tempatnya tidak hanya di gereja, yang penting tempatnya tenang, seperti di taman yang luas. Tidak jauh dari rumahku di dalam lingkungan perumahan ada taman. Taman ini tidak luas, tetapi kerimbunan pepohonan di taman ini membuat pikiran tenang.

Tinggalkan segala sesuatu yang dapat menghambat kesuksesan. Ia menanggalkan jubahnya, lalu pergi menjumpai Yesus. Jubah adalah atribut masa lalunya ketika dia masih menjadi pengemis buta. Ia meninggalkan masa lalunya. Engkau yang menginginkan masa depan sukses, maka tinggalkan semua kebiasaan buruk yang pernah menjadi atributmu. Nafsu makan terlalu besar, selera makanan tertentu yang berlebihan, menyebarkan gossip, bicara latah, boros, serakah, rakus, kikir, tingkah laku tidak sopan, dan seterusnya semua ini adalah kebiasaan buruk yang harus engkau tinggalkan. Tinggalkan masa lalu yang tidak dapat diubah lagi. Untuk apa memikirkan kekasih yang telah meninggalkanmu dan dia telah menikah dengan orang lain. Kebiasaan makan petai berlebihan dapat menimbulkan bau mulut yang luar biasa dapat mengganggu lingkungan sosial di tempat pekerjaan. Engkau menginginkan posisi karir di bidang public relation, yakni juru bicara perusahaan, maka mutlak kebiasaanmu makan petai berlebihan harus ditinggalkan selamanya. Mudah bosan terhadap pekerjaan adalah perilaku yang sangat merugikan untuk jangka panjang, sebab orang seperti ini tidak akan pernah mencapai karir puncak.

Tuhan bertindak sesuai dengan iman kita. Roh Tuhan memimpin roh-mu dalam berdoa supaya keinginanmu itu sesuai dengan alam bawah sadarmu. Dalam berdoa seharusnya engkau mengetahui hubungan yang jelas antara sesuatu yang engkau butuhkan dan doa permohonanmu. Steve Wonder penyanyi buta kulit hitam dari Amerika bersuara merdu dan pandai main piano, belum pernah aku dengar apakah dia berdoa kepada Tuhan memohon supaya dapat melihat. Di satu panti asuhan di India ada beberapa orang buta meminta supaya diajarkan berdansa tango. Dan, hebatnya mereka dapat melakukan. Tuhan bertindak sesuai dengan iman seseorang yang berdoa kepada-Nya. Berdoa itu harus dengan hati yang suka cita, tidak ada rasa permusuhan apalagi dendam terhadap seseorang, katakan dengan jelas dan tegas permohonanmu. Minta uang kepada Tuhan? Katakan berapa! Sepuluh milyar rupiah. Caranya? Menjadi blogger sejati. Tujuannya untuk apa? Untuk membayar hutang, untuk membayar biaya kuliah anak di universitas, dan untuk biaya pergi ke UK. Jangan takut doamu ini salah terucapkan, sebab Tuhan yang menyempurnakan doamu. Bartimeus mengatakan dengan jelas dan tegas permohonannya, bahwa supaya dia dapat melihat. 
                     
Bartimeus dengan kesungguhan hatinya dia berhasil melewati rintangan untuk bertemu dengan Yesus. Dengan kesungguhan hatinya dia beroleh iman. Iman berarti berjumpa dengan Tuhan Yesus. Iman kepada Tuhan Yesus telah menyelamatkan dia. Banyak rintangan yang harus engkau hadapi dalam perjalanan menjadi orang sukses. Menjadi orang sukses bukan dalam pemahaman umum, yakni memiliki harta berkelimpahan, memiliki power, dan memiliki status sosial tinggi, melainkan sukses itu artinya doamu dikabulkan oleh Tuhan. Kesuksesan besar dimulai dari  kesuksesan-kesuksesan kecil. Berdoa harus dengan iman yang sungguh-sungguh dan iman itu menyelamatkan engkau.-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar