Senin, 28 Januari 2013

Hidup Itu Hanya Untuk Numpang Minum

Laki-laki mana yang tidak menginginkan seorang perempuan cantik, kaya, dan takut kepada Tuhan untuk dijadikan istri? Ada yang cantik, tetapi tidak setia kepada suami, ini namanya tidak takut kepada Tuhan. Ada yang takut kepada Tuhan tetapi miskin dan tidak cantik, tetapi kalau ada yang three in one mengapa harus ditolak. Contohnya, Abigail istrinya Nabal, dia cantik, kaya, dan setia kepada suaminya, si Nabal. Walaupun suaminya bebal, tetapi Abigail tetap setia kepada suaminya, bahkan lebih dari itu, Abigail itu perempuan cerdik. Ah, itu cerita yang hanya ada di dalam Bible, tetapi bagaimana dengan kenyataannya. Inilah ceritanya aku mulai dari sini.

Dosenku cantik sekali, namanya Diana Eugene Moniung, perempuan peranakan Manado-Jerman, sarjana teologia, dan pendeta. Suaminya bekerja sebagai konsultan di sebuah perusahaan minyak di lepas pantai Laut Jawa. Ia seorang doctor teologia lulusan Jerman dalam bidang Pendidikan Agama Kristen. Cara mengajarnya enak, yaitu seperti orang bercerita, tetapi tidak menggurui yang mendengarkan pelajaran darinya. Aku harus menambahkan tentang dirinya, yaitu cantik, kaya, takut kepada Tuhan, dan cerdas. Ya, dia cerdas, tangkas menjawab setiap pertanyaan yang kami ajukan kepadanya. Ia memberikan kuliah Teologi Perjanjian Baru.

Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya [1 Yohanes ii:15-17]. Rasul Yohanes memberi nasihat ini tentu bukan dalam arti yang sempit, bahwa kita secara absolut tidak memberi tempat sama sekali dalam pergaulan di dunia, karena kenyataannya kita masih hidup di dunia bergaul dengan orang dunia dan berhubungan dengan orang dunia dalam rangka penginjilan. Demikianlah kuliah sore ini dibuka pada pukul 13.30, waktunya orang mengantuk dan tidur siang, tetapi karena yang memberi kuliah orang secantik Diana, maka rasa mengantuk itu lenyap tidak berarti.

Ukuran kekayaan menurut setiap perioda zamannya tidak pernah sama. Pada zaman Perjanjian Lama orang dapat disebut kaya pada umumnya karena dilihat berapa banyak jumlah ternak yang dimiliki olehnya. Pernah juga pada suatu masa dan di suatu tempat rempah-rempah mempunyai nilai yang lebih tinggi dari emas. Pada decade 60-an orang Jakarta tidak disebut kaya kalau tidak mempunyai mobil sedan Impala, karena pada waktu itu mobil Mercedez-Benz dan BMW tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan Impala. Tetapi sekarang, jangan Anda tanyakan tentang nasib mobil-mobil Impala, mereka telah menjadi rongsokan besi tua, sementara di Jakarta sekarang banyak orang semakin berlomba untuk memiliki BMW dan mobil-mobil mewah lain, karena di situ prestise Anda dihargai di kota ini.

Mengasihi dunia, artinya Anda memberi tempat secara khusus terhadap semua yang bersifat fana, melebihi yang seharusnya diberikan oleh Anda kepada Tuhan. Banyak orang tahunya menyembah berhala dengan cara sujud menyembah patung yang diyakini dapat memberi sesuatu kepadanya. Itu dulu yang telah dilakukan oleh manusia purba zaman batu, tetapi zaman sekarang, sejak Revolusi Industri dimulai di Inggris, setahap demi setahap manusia lebih memuliakan barang-barang industri, yaitu ciptaan Tuhan; manusia berlomba membangun gedung pencakar langit tertinggi di dunia, berusaha menumpuk kekayaan sebanyak mungkin, … inilah berhala-berhala modern yang dikejar dan dibanggakan oleh manusia.Terhadap berhala-berhala seperti ini manusia dunia memberi tempat secara khusus di dalam kehidupannya.  
Orang Kristen sejati bergaul dengan orang dunia artinya orang Kristen seharusnya berperan memberi warna kepada dunia bahwa kekekalan adalah tujuan utama hidup manusia.

Produk dunia, dapat memberikan dampak baik atau buruk tergantung pemakai. Produk dunia antara lain barang-barang industri, tekhnologi informasi, industri hiburan, dan berbagai barang jasa hiburan seharusnya digunakan sebagai sarana untuk memuliakan Tuhan bukan sebaliknya, yakni hanya dieksploitasi untuk penumpukan kekayaan saja atau alat kesenangan saja. Facebook, misalnya. Orang Kristen seharusnya menggunakan facebook untuk memuliakan Tuhan, yaitu digunakan untuk meluaskan Kerajaan Sorga di bumi bukan sebaliknya hanya untuk chatting omong kosong.

Semua yang fana itu sia-sia untuk dipertahankan. Siapa cinta uang tidak akan puas dengan uang dan siapa cinta kekayaan tidak puas dengan penghasilannya. Upah yang diterima oleh seorang pekerja berwujud uang. Jika dia tidak puas dengan upahnya, salah satu cara yang ditempuh olehnya untuk menambah upahnya, dia akan menunda pekerjaan, dengan demikian ada alasan untuk melakukan kerja lembur. Jika seorang pedagang yang tidak puas dengan marginnya, untuk menambahkan marginnya, dapat dengan cara curang dengan batu timbangannya. Bicara tentang kecukupan, tidak ada yang akan merasa cukup jika nafsu ingin bertambah kaya dituruti. Dua cara yang ditunjukkan oleh kedua orang tersebut di atas dapat disimpulkan dengan satu kata, yaitu mencuri. Kekayaan itu seperti air laut semakin dihirup, maka semakin haus Anda; semakin keras nafsu untuk mendapatkan kekayaan, maka semakin rakus juga untuk mendapatkannya. Ketamakan untuk mendapatkan kekayaan tidak pandang tempat dan siapa, kalau perlu pun saudara sendiri dihabisi. Ada yang kaya berlimpah tapi tak bisa menikmati. Ini sangat menyedihkan sekali. Ketika masih muda orang ini sangat giat mencari uang dan sangat hemat, bahkan lebih dari itu, yaitu cenderung kikir. Refrigrator miliknya penuh dengan makanan, minuman, dan buah-buahan, tetapi yang menikmati isinya adalah semua pelayannya. Berangkat mencari nafkah pagi hari sebelum matahari terbit, sampai tiba di rumah lewat tengah malam ketika anak-anak telah tidur semua. Pada hari tuanya, kekayaannya memang telah menumpuk, tetapi dia tidak dapat menikmatinya, karena hidup menjelang tua dikelilingi penyakit. Inilah gaya hidup di banyak kota besar, tergesa-gesa dan takut tidak dapat bagian rezeki sehingga jantung yang terus-menerus dipacu suatu saat akan mengalami keletihan.  Apakah Anda orang kaya atau miskin, makan tetap paling banyak 2 piring. Makan tidak berlebihan dan jangan serakah, ingatlah orang lain kalau Anda sedang makan, karena di banyak tempat masih banyak orang yang kelaparan. Banyak hikmat di dunia, tetapi bergantunglah kepada Tuhan saja [Pengkhotbah vii:13]. Barangsiapa melawan kodratnya, akan menjumpai banyak kesulitan. Banyak orang terutama perempuan di seluruh dunia berusaha membuat diri mereka cantik, misalnya payudara kecil diperbesar dengan cara mengganjal dengan silicon, pinggul kecil supaya tampak padat berisi harus diganjal dengan silicon, kulit hitam supaya tampak putih mulus disuntik dengan cairan pengganti pigmen, dan seterusnya. Seseorang dilahirkan dengan warna kulit hitam atau putih, semua yang dimiliki orang itu adalah memang sudah kodratnya demikian, karena itu jika dia mencoba untuk mengubah kodratnya, dia akan menjumpai banyak kesulitan dikemudian hari, kalau tidak menjumpai kematian, paling sedikit menghadapi cacat fisik seumur hidup. Apakah Anda ingin menjadi pasien yang berikut?  

Keinginan mata membutakan hati. Perintah Tuhan ke 10 mengatakan demikian, jangan mengingini isteri sesamamu manusia, jangan menghasratkan rumahnya, ladangnya, semua babunya baik yang laki-laki maupun yang perempuan, atau apa pun yang dimiliki oleh sesamamui [Ulangan v:21]. Kejahatan itu kebanyakan dimulai dari mata. Banyak keinginan manusia dimulai dari mata. Daud mengingini isteri orang lain melalui mata setelah melihat Batsyeba, isteri Uria, orang Het itu tampak sedang mandi. Ketika itu Daud sedang berjalan-jalan melihat pemandangan di sekeliling istananya dari atas ketinggian sotoh, dan pada satu titik, dia melihat pemandangan yang aduhai menggoda pikirannya [2 Samuel xi:2]. Daud bukannya tidak tahu sama sekali perintah Tuhan yang ke 10 ini, tetapi pikiran logis sudah tidak ada di dalam pikirannya lagi. Nafsunya telah menguasai pikiran sehatnya. Jika Anda mempunyai kemampuan melakukan kejahatan, tetapi Anda tidak melakukannya, Anda telah melakukan kebajikan kepada sesama Anda. Jagalah mata Anda, jangan dibiarkan melihat pemandangan yang dapat merusak pikiran Anda [Matius v:27-30].

Keangkuhan hidup. Singa disebut raja hutan, aumannya menggetarkan semua binatang sehingga membuat dirinya paling wibawa di antara semua binatang di  hutan. Ayam jantan binatang unggas yang membanggakan suara kokoknya yang panjang, dan kambing jantan yang gemar memamerkan tanduknya. Begitulah kelakuan manusia tidak jauh bedanya dengan ketiga binatang ini. Manusia dunia lebih mengandalkan kekuatannya sendiri, karena mereka pikir mampu mengatasi sendiri sendiri segala segala problem yang mereka hadapi. Jabatan, kekayaan, dan status social adalah tiga hal yang dapat mengubah prilaku manusia dunia menjadi angkuh. Jabatan yang semakin tinggi membuat seseorang menjaga jarak pergaulan dengan sesamanya, karena kalau tidak dapat mengganggu kewibawaannya. Kekayaan yang semakin melimpah membuat seseorang dapat melupakan Tuhan, karena di mana harta seseorang berada, di situ juga hatinya [Matius vi:21]. Karena status social yang semakin tinggi dapat membuat seseorang tidak menghargai lingkungan pergaulannya, yaitu menganggap dirinya lebih penting dari orang lain. Untuk ketiga hal ini dapat disimpulkan dengan satu kata, yaitu keangkuhan.  Pembangunan Menara Babel di tanah Sinear adalah symbol keangkuhan manusia [Kejadian 11]. Dari semula Allah telah mengingatkan kepada manusia, bahwa manusia berasal dari seonggok debu dan akan kembali menjadi debu kembali.
thinking, cari-2 kesalahan org lain, cari-2 perkara, mengungkit masa lalu. Contohnya saudara-2 Yusuf. Mujizat t
Betapa pun tingginya jabatan, betapa pun besarnya kekayaan, dan betapa pun tingginya status social seseorang, semua kemuliaan dunia itu tidak akan dibawa ke dalam kekekalan, kalau dia mati, maka kembalilah dia menjadi debu, kembali menyatu dengan tanah. Kehendak Tuhan yang paling utama adalah kita bertobat dan menerima Yesus sebagai Juruselamat. Orang yang melakukan kehendak Tuhan ini akan hidup selamanya, karena terang ada ada di dalam hatinya.
“Tuan Solomo Situmorang, apakah Anda dapat mengikuti kuliah ini?”
Aku kaget, karena dia tiba-tiba sudah berada di belakang tempat dudukku.
“Ya, ya, ya. Saya dapat mengikuti kuliah ini,” jawabku singkat.
“Apa impian Anda selagi masih hidup di dunia ini?”
“Mempunyai isteri cantik, kaya, cerdas, dan takut kepada Tuhan seperti …”
Suasana ruang kuliah menjadi hening karena aku sengaja tidak menyelesaikan kalimat ini. “Seperti siapa Solomo?”, tanya Herman Partono yang duduk di pojok kanan bangku paling belakang. Aku menoleh ke belakang ke arah asal suara Partono.
“Seperti Abigail,” jawabku singkat sambil tersenyum dan memandang dosen cantik ini.
Untuk sesaat ruangan menjadi sedikit gaduh oleh karena jawaban dan gayaku menjawab. “Cukup untuk hari ini, dan sampai bertemu dua minggu lagi,” kata ibu Diana sambil mengemasi buku-buku dimejanya.
“Class is over,” lanjutnya.
Kami meninggalkan kuliah setelah pertemuan kuliah diakhiri dengan doa.-   


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar