Rabu, 30 April 2014

Yesus Menderita Sengsara Karena Konspirasi Politik Di Palestina

Pontius Pilatus memang mengetahui, bahwa mereka telah menyerahkan Yesus karena dengki [Matius 27:18].

Sesuai menurut penyataan iman rasuli, yakni percaya, bahwa Yesus menderita sengsara pada waktu pemerintahan Pontius Pilatus yang menjadi gubernur wilayah jajahan Romawi di Palestina. Berbicara tentang pemerintahan berarti berbicara tentang kekuasaan dan kekuasaan adalah kendaraan untuk mencapai tujuan pilihan politik orang yang sedang berkuasa. Manusia sesungguhnya tidak mungkin terlepas dari dunia politik, sebab politik adalah satu dari banyak aspek yang mengelilingi kehidupan manusia. Di Indonesia setiap lima tahun orang mengikuti pemilihan calon legislator dan calon presiden dan wakil presiden. Kemudian disusul pemilihan kepala daerah, yakni gubernur dan wakil gubernur, selanjutnya bupati dan wakil bupati. Politik sendiri dalam arti yang terbatas berarti kepentingan. Tapi mendekati dan berbuat baik terhadap seorang ibu yang mempunyai anak perempuan cantik untuk dijadikan calon isteri tidak tepat dikatakan mempunyai strategi politik. Pernyataan yang tidak lazim. Urusan politik biasanya untuk kepentingan yang sangat luas dan jangka panjang. Misalnya, Salomo menikahi banyak perempuan dari bangsa kafir sebagai strategi politik supaya kerajaan tidak diganggu oleh kerajaan lain yang lebih kuat. Majapahit menjadi semakin lemah karena strategi politik yang dijalankan oleh Kerajaan Islam Demak dengan cara memberi umpan perempuan Cina menjadi isteri petinggi-petinggi Majapahit.

Ada asumsi yang mengatakan, bahwa politik itu kotor dan jahat. Jika aku membenarkan asumsi ini, berarti aku memberikan pernyataan yang tidak adil. Politik itu sebenarnya adalah seni untuk mencapai tujuan dengan cara yang indah. Namanya juga seni, jadi segalanya ditinjau dari sudut keindahan. Politik itu dapat disebut indah dan bermoral tergantung dengan keadaan hati orang sebagai pelaku di belakang politik itu sendiri. Pastor, pendeta, guru agama seharusnya menjadi cermin yang memberikan nilai-nilai positif terhadap lingkungan mereka, tetapi banyak juga di antara mereka yang melakukan perbuatan tidak bermoral. Orang yang berkarir di bidang politik, biasa disebut politisi, tetapi orang-orang yang memegang jabatan politis juga memiliki strategi politik untuk melancarkan jabatannya. Gubernur, bupati, dan menteri adalah jabatan politis. Jabatan politis adalah jabatan yang bermuatan kepentingan. Kepentingan itu biasanya sarat dengan muatan mendapatkan uang. Nah, siapa di antara pembaca posting ini yang pernah menyaksikan film Ben Hur? Gubernur wilayah jajahan itu orang yang berkepentingan mengatur uang pajak. Dan, uang adalah godaan jahat sepanjang masa, sehingga ada ungkapan yang mengatakan, bahwa cinta akan uang sahabat setan. Well, di sini masalah itu dimulai, jika politisi atau jabatan politis diisi oleh manusia yang tidak mempunyai hati nurani lagi, rusaklah system tata negara. Semuanya itu kembali kepada hati nurani masing-masing. Apa itu hati nurani?

Hati nurani. Adalah suara hati manusia yang terdalam dan sedalam-dalamnya dan paling jujur. Ingatan manusia itu seperti danau luas dan dalam. Danau pikiran yang luas dan sangat dalam sekali, setiap hari engkau isi dengan perbendaharaan kata baru. Seperti benda yang melayang tenggelam ke tempat terdalam dan diam di situ bertahun-tahun sejak kau lahir. Orang pertama yang memberimu kata-kata adalah ibumu sendiri. Simpanlah danau pikiranmu dengan kata-kata yang bernilai indah, seperti kejujuran, kelembutan hati, hormat, responsibilitas, kasih, kesabaran, damai sejahtera, kemurahan, melayani, dan seterusnya sampai hatimu meluap penuh kebahagiaan. Tapi ada juga seorang ibu yang tega hati berkata kasar kepada anak perempuannya dengan kata-kata seperti, ngentot luh, ngewek luh, dasar pereks luh. Kasihan anak ini sejak dini hatinya sudah dibombardir dengan kata-kata yang tidak membangun. Apakah hati nurani sama dengan bawah sadar? Bawah sadar adalah endapan perasaan dan respon yang tersimpan di dalam lubuk hati. Bicara hati nurani sejatinya bicara tentang rasa atau roso kata orang Jawa. Hati nurani tidak ada kaitannya dengan iman seseorang. Paulus berkata kepada jemaat di Roma dalam suratnya, bahwa apabila ada bangsa-bangsa lain yang tidak mempunyai hukum oleh dorongan diri sendiri melakukan apa yang dituntut hukum, maka, walaupun mereka tidak mempunyai hukum, mereka menjadi hukum bagi diri mereka sendiri. Sebab dengan itu mereka menunjukkan, bahwa isi hukum ada tertulis di dalam hati mereka dan suara hati mereka turut bersaksi dan pikiran mereka saling menuduh atau saling membela [Roma ii:14-15]. Menurut surat Roma ini, bahwa semua orang, entah dia seorang Islam, Kristen, Katholik, Hindu, Buddha, atau tak beragama sama sekali tetap mempunyai hati nurani. Hanya manusia yang memiliki hati nurani, sebaliknya kucing dan golongan mereka tidak mempunyai sama sekali. Yang membedakan satu terhadap yang lain adalah ada yang peka, sebaliknya ada yang tumpul. Tuhan menyelidiki hati nurani seseorang, Tuhan Maha Tahu suara hati seseorang, tidak ada yang tersembunyi di hadapan Tuhan hati nurani seseorang [Roma viii:27]. Paulus mengajarkan kepada Timotius, bahwa mengucap syukur kepada Tuhan harus dengan hari nurani yang murni [2 Timotius i:3]. Gubernur Pilatus mengetahui, bahwa  orang-orang Parisi, imam-imam, dan tua-tua  menyerahkan Yesus kepada pemerintah karena dengki. Walaupun mengaku orang beragama, bukan jaminan bahwa seseorang adalah orang yang memiliki hati nurani yang suci murni. Mungkin saja mereka itu sebetulnya membenarkan ajaran Yesus, tetapi dalam dunia politik orang tidak melihat ketulusan hati, melainkan kalkulasi untung rugi kepentingan demi tercapainya tujuan. Imam-imam tentu sudah berkalkulasi, Yesus dibiarkan hidup, maka mereka kehilangan pengikut dan kemudian akan kehilangan penghasilan, yakni uang dari jualan hewan kurban. Kedengkian telah mengeraskan hati nurani mereka.

Hasutan. Orang-orang Parisi, imam-imam dan tua-tua telah menghasut banyak orang untuk meminta kepada Pilatus supaya Barabas dibebaskan dan sebaliknya Yesus harus dihukum mati [Matius xxvii:20]. Dalam dunia politik sudah menjadi kelaziman kelompok kuat menghasut rakyat jelata yang lugu. Hasutan dilakukan baik secara halus, sebaliknya dapat juga secara kasar. Pada 1965 Partai Komunis Indonesia pernah mempunyai anggota partai politik terbesar di Indonesia pada waktu itu, yakni 2 juta jiwa, terutama di Pulau Jawa sebagai basis terbesar. Kader-kader partai masuk ke pelosok desa menghasut semua petani yang kebanyakan buta huruf dan sangat lugu. Mereka diberi janji yang mudah dicerna oleh pikiran yang sangat lugu, yakni jika ikut menjadi anggota, kesejahteraan petani akan meningkat. Tanda tangan cukup dengan cap jempol.

Imam-imam dan tua-tua mempunyai kekuasaan yang sangat kuat memaksa rakyat demi tercapainya tujuan politik mereka. Pada masa itu tidak ada perlindungan hak azasi manusia, rakyat jelata pastilah ketakutan dengan intimidasi. Mungkin, dapat saja imam kepala and his gang menyebar issue negative, bahwa yang tidak mengikuti gerakan ini tidak boleh mengikuti ibadat di Bait Allah. Alkitab tidak mencatat secara rinci tentang bentuk hasutan imam-imam dan tua-tua terhadap rakyat. Hasutan memiliki konotasi negative mengajak orang lain untuk melakukan perbuatan yang diinginkan oleh orang yang menghasut.

Setiap tahun pemerintah Romawi di Palestina mempunyai kebiasaan melepaskan seorang tahanan atas pilihan rakyat. Tapi suara rakyat yang mana mewakili pilihan rakyat? Pada waktu itu ada dua tahanan, yang pertama bernama Barabas dan yang kedua bernama Yesus. Barabas adalah seorang tahanan yang terkenal kejahatannya di seluruh Palestina, yakni seorang pemberontak dan pembunuh sadis, sebaliknya Yesus Orang Nazaret ditahan bukan karena melakukan kesalahan yang dapat mengganggu ketertiban dan keamanan negara Romawi. Atas hasutan imam-imam dan tua-tua terhadap rakyat supaya memilih Barabas untuk dibebaskan, sebaliknya Yesus harus disalibkan. Dalam dunia politik, hanya mereka yang tidak memiliki hati nurani, maka mudah dihasut dan melakukan perbuatan tercela. Dengan kata lain menurut konteks jaman sekarang adalah orang benar dimasukkan ke dalam penjara sementara koruptor yang telah merugikan uang negara sebesar triliyunan rupiah dibebaskan dari semua tuntutan tanpa syarat. Karena pandainya penasehat hukum yang dibayarnya.

Cuci tangan. Artinya tidak ikut campur dalam suatu masalah walaupun mengetahui masalah tersebut atau tidak mau terlibat dalam kesalahan yang dibuat oleh orang lain. Pilatus mengetahui masalah yang dihadapi oleh imam-imam dan tua-tua tetapi dia tidak mau terlibat. Pilatus adalah gubernur yang mempunyai responsibilitas terhadap ketertiban dan keamanan di wilayah jajahan Romawi, dia tidak menghendaki jika masalah ini dapat menjadi laporan tidak menyenangkan tentang dirinya terhadap Roma. Isterinya juga berkata kepadanya, bahwa dia jangan mengganggu orang ini [Yesus], sebab sepanjang malam mendapat mimpi yang membuatnya gelisah. Alkitab berkata, bahwa kematian Yesus di kayu salib adalah nubuat dari Allah. Peristiwa cuci tangan Pilatus adalah suatu bentuk campur tangan Allah terhadap penggenapan rencana keselamatan dari Allah melalui Yesus. Cuci tangan adalah suatu bentuk peristiwa yang biasa terjadi dalam dunia politik. Seorang politisi dalam upaya mencari selamat sendiri, maka dia tidak segan mengorbankan teman sendiri dengan cara cuci tangan .

Yesus merelakan diri-Nya menjadi tersangka untuk nafsu dunia manusia. Siapakah manusia yang mengumbar nafsu dunia ini? Ya, kita inilah manusia yang sering mengumbar nafsu duniawi. Namun, Dia yang merelakan diri-Nya untuk menjadi tersangka dan darah-Nya tercurah di kayu salib bersedia juga menjadi tebusan dosa kita bagi yang percaya.- 



Sabtu, 19 April 2014

Ketahanan Ekonomi Di Bidang Pangan

Kecukupan pangan memberi rasa aman dan sejahtera kepada rakyat dan rakyat hidup dalam ketentraman. Sehat dan bahagia sebab kecukupan pangan.

Dari sejak zaman Mataram Hindu, paling tidak begitu, sumber makanan pokok nenek moyang orang Indonesia adalah beras dari tanaman padi yang dimasak menjadi nasi. Berbagai benih padi ditanam diseluruh Kepulauan Indonesia sesuai menurut nama tempat padi itu ditanam, seperti Cisadane di daerah sekitar pengairan kali Cisadane, Cianjur, dan Krawang dari Jawa Barat, Solok dari Sumatera Barat, Delanggu dari Jawa Tengah, Mojowarno dari Jawa Timur, dan seterusnya. Beras yang diproduksi sebagian besar berasal dari budaya tanaman padi basah [hydro-plantation culture]. Dari sejak zaman Majapahit, orang Indonesia berlimpah dengan beras tidak perlu impor dari kerajaan tetangga, hal ini menunjukkan bahwa dari sejak dulu sector pertanian adalah kultur yang sangat dikuasai oleh bangsa ini dan menjadi tulang punggung ketahanan ekonomi dibidang pangan. Generasi awal Kesultanan Yogjakarta, Sultan Hamengkubuwana I sangat memperhatikan kesejahteraan rakyat di bidang pangan, utamanya beras. Ketika sultan ini melakukan dua kali penyerbuan ke Batavia pada 1628 dan 1629, maka yang diutamakan terlebih dahulu adalah logistic beras. Tentara tidak akan dapat bertempur kalau perut sedang lapar.

Tanaman padi di Blitar.
Setelah Perang Jawa selesai yang berakhir pada 1830, orang Jawa mengalami kesulitan mendapatkan beras, sebab sebagian besar sawah banyak ditinggalkan oleh pemiliknya mencari tempat yang dirasakan lebih aman dibandingkan berada di Yogjakarta. Banyak orang Jawa melakukan migrasi dari Jawa Tengah ke Jawa Timur. Kesulitan untuk mendapatkan beras terjadi pada puncaknya perintah Tanam Paksa oleh pemerintah colonial Hindia Belanda pada pertenganhan abad 19. Rakyat dipaksa untuk menanami 20 persen dari tanah miliknya dengan tanaman komoditas ekspor, seperti kopi, teh, dan tembakau. Walaupun hanya 1/5 bagian saja, faktanya rakyat tidak dapat mengelola sawah mereka lagi, sebab kerusakan tanaman komoditas ekspor dalam proses penanaman harus ditanggung oleh rakyat sendiri, sehingga hasil panen padi tidak lagi mencukupi kebutuhan, akibatnya terjadi kelaparan di mana-mana. Diperkirakan korban mati kelaparan di seluruh Jawa adalah 20000 jiwa, terutama di sepanjang pantai utara Jawa.

Di suatu tempat di Blitar.
Juga masih dalam pemerintahan colonial Hindia Belanda, sedikit demi sedikit orang Jawa ditransmigrasikan ke Lampung Selatan untuk mengurangi beban kependudukan di Jawa. Di tempat yang baru ini orang Jawa membuka sawah baru seperti di tempat asal mereka dulu, yakni persawahan padi basah. Transmigrasi dilanjutkan lebih intensif sesudah Indonesia merdeka pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Banyak orang Jawa ditransmigrasikan ke Lampung Utara dan Tengah, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, dan sampai Papua. Indonesia pernah mengalami surplus beras, tetapi memasuki decade 70 pemerintah membelokkan kebijakan dari negara berbasis agraris menuju industri. Tidak tanggung-tanggung, utamanya adalah industri dirgantara. Banyak pemuda dari desa-desa dan dari luar Pulau Jawa menuju kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya bekerja di sector industri. Pola pikir telah berubah, bahwa menjadi buruh di pabrik lebih menjanjikan dibandingkan menjadi petani di desa. Inilah awalnya bencana Indonesia kekurangan beras. Banyak tanah persawahan produktif yang berubah fungsi akibat perluasan industri dan pertambahan penduduk. Pemerintah juga memberi peluang eksploitasi bahan tambang dan hasil hutan di Indonesia bagian Timur. Tapi dalam pelaksanaannya dilakukan tanpa mempertimbangkan ekosistem, sehingga semakin banyak saja tanah yang rusak. Impian Soeharto membangun sawah satu juta hektar tinggal kenangan isapan jempol belaka. Impian ini adalah hasil rumusan pertemuan semua taipan Indonesia di Jimbaran, Bali. Satu indikasi, bahwa orang ini telah mulai tidak dipercayai lagi oleh orang-orang yang dulu berpura-pura setia mengelilinginya.

Ada yang mempunyai pemikiran industri dimulai dari tekstil, maybe melihat dari keberhasilan India dan Italia, ada yang berpikir memulai dari automotive, maybe melihat dari keberhasilan Jepang, ada yang berpikiran rada ekstrem, yakni dimulai dari dirgantara, sebab melihat keberhasilan Prancis dan Jerman. Hasilnya apa yang kau lihat? Tekstil tidak, automotive tidak, bahkan dirgantara pun tidak. Betul juga kalau dikatakan, bahwa orang Indonesia itu hangat-hangat tai sapi. Artinya, semangat luar biasa pada awalnya, tetapi tidak lama kemudian, … pesssssss hilang lenyap rencana indah dari ingatan. Gombal! Semua bangsa membangun kehidupan dimulai dari kultur pertanian. Walaupun pada akhirnya banyak di antara mereka berhasil maju menjadi negara industri, kultur pertanian tidak pernah sama sekali mereka tinggalkan. Lihat saja, Jepang melesat sebagai negara industri kedua terbesar di dunia setelah Amerika, tetapi mereka tidak meninggalkan kultur pertanian, bahkan mereka mampu mencukupi kebutuhan pangan utama, yakni beras. Belanda juga terhitung sebagai negara industri manufaktur, tetapi kultur pertanian jalan terus, dan negeri ini adalah produsen hasil pertanian terbesar di Eropa. Amerika sebagai kampiun industri dunia, tetapi tidak sama sekali meninggalkan kultur pertanian. Negeri Uncle Sam layak disebut sebagai lumbung dunia terbesar, sebab tanaman pangan apa saja konsumen dunia ditanam di sini, seperti gandum, beras, kedelai, red bean, green bean, peanut bean, dan seterusnya. Tanpa kedelai Amerika, maka tidak ada tempe dan ta.hu di Indonesia. Jadi, jika Amerika mau boikot kedelai, kalian orang Indonesia tidak akan dapat makan tempe dan ta.hu selamanya.

Pentingnya suatu negara memiliki ketahanan ekonomi di bidang pangan, yakni memberi kontribusi sebagai sumber devisa negara dalam perdagangan antar negara dan negara menjadi lebih berdaulat melalui kekuatan ekonomi yang dimilikinya, yakni memiliki bargaining yang tinggi jika suatu negara lain mencoba melakukan tekanan politik. Kemampuan ini memberi rasa aman dan sejahtera kepada rakyat dan rakyat hidup dalam ketentraman. Sehat dan bahagia sebab kecukupan pangan. Jika ketiga kondisi ini terpenuhi, yakni rasa aman, sejahtera, dan hidup tenteram, tidak sulit bagi negara meminta kepada rakyat untuk memberi feedback kepada negara, misalnya membayar pajak, bela negara demi keamanan, menjaga ketertiban bersama, dan seterusnya. Dan, biasanya suatu negara yang memiliki kecukupan pangan, maka negara dalam kestabilan tinggi. Sebelum Revolusi Prancis meletus, negara ini diawali oleh kondisi rakyat yang kelaparan kekurangan pangan [roti], sebaliknya di istana, raja dan ratu berpesta pora. Jika suatu negara tidak mempunyai ketahanan ekonomi di bidang pangan, tidak ada bedanya dengan anjing kelaparan. Anjing yang kelaparan akan dikenyangkan oleh makanan yang diberikan oleh seseorang dan anjing ini menjadi setia dari pemberian-pemberian “Tuan Yang Baik Hati”. Tuan Yang Baik Hati hanyalah satu metafora negara yang mendikte negara lain demi kepentingan negara pendikte. Kalau masih mempunyai harga diri tidak mau didikte oleh negara lain, rakyat akan berontak seperti pada rovolusi yang pernah terjadi di Prancis.  

Sebelum melangkah jauh menuju teknologi industri, Tuhan terlebih dahulu mengajarkan manusia mengolah tanah untuk menghasilkan pangan, yakni pangan pokok bagi banyak bangsa. The Holy Bible sendiri yang mengatakan demikian, bahwa manusia pada mulanya memenuhi kebutuhan makan dari hasil pertanian. Kita sebagai suatu bangsa yang belum ada apa-apanya sudah berani sesumbar, sebentar lagi kita akan take off menuju negara industri. Sebetulnya kita adalah suatu negara zamrud khatulistiwa yang kaya dan makmur, tetapi bangsanya tidak sejahtera selama hampir 70 tahun setelah merdeka, sebab negara ini dikelola oleh banyak manusia yang tidak mempunyai hati nurani. Mereka adalah petualang teknokrat di bidang industri dan ekonomi. Orang Indonesia berdosa secara kolektif kepada Tuhan, yakni tidak mengelola tanah secara benar untuk memelihara kultur pertanian. Sebagai bangsa yang ingin mengembangkankan diri ke arah industri, seharusnya mengutamakan industri berbasis pertanian untuk memperkokoh ketahanan ekonomi di bidang pangan. Di dunia ini tidak ada ceritanya begini, tiba-tiba Amerika mempunyai pesawat terbang Boeing 747, Inggris mempunyai pabrik mesin pesawat terbang Rolls-Royce, Prancis mempunyai Concorde, atau Jerman mempunyai tank Leopard. Namun, Indonesia itu adalah bangsa yang doyan pamer kepada tetangga, bangsa yang suka membuat proyek mercu suar, padahal dapurnya tidak mempunyai beras lagi. Nih, kami punya industri pesawat terbang. Biar nyaho dah kalian lihat siapa kami. Inilah yang disebut sesumbar.

Mari kita belajar dari kisah Yusuf, yakni orang Israel yang ditunjuk sebagai Mangkubumi oleh Firaun, raja Mesir. Yusuf menafsirkan mimpi [penglihatan] Firaun, yakni raja melihat 7 ekor sapi yang sangat gemuk keluar dari Sungai Niel kemudian memakan semua rumput yang ada di tepi sungai. Kemudian dari sungai yang sama muncul 7 ekor sapi yang sangat kurus dan jelek rupanya. Semua sapi kurus ini kemudian menelan semua sapi gemuk tadi. Raja juga melihat dalam impiannya 7 bulir gandum yang buruk dan 7 bulir gandum yang bagus. Semua bulir gandum yang buruk ini menelan semua bulir gandum yang baik. Arti mimpi ini adalah Mesir akan mengalami 7 tahun masa kelimpahan produk pangan, kemudian segera disusul dengan 7 tahun masa kelaparan yang hebat di seluruh negeri. Solusi yang diberikan kepada raja adalah selama 7 tahun masa kelimpahan pangan, maka rakyat diharuskan menyerahkan 1/5 bagian produksi gandum kepada raja. Gandum ini disimpan di dalam lumbung milik kerajaan. Gandum tabungan milik kerajaan ini akan dilepas pada saat negeri ini memasuki masa paceklik sehingga negeri terhindar dari bencana kelaparan. Yusuf menerima mandate dari raja untuk mengelola seluruh tanah pertanian di Mesir supaya bangsa Mesir tidak mengalami bencana kelaparan selama masa paceklik. Yusuf menjadi orang kedua setelah Firaun yang diperintahkan untuk menciptakan ketahanan ekonomi Mesir di bidang pangan. Dan, Yusuf berhasil!

Cerita Yusuf ini terjadi 4000 tahun sebelum masehi di Mesir yang pada waktu itu pernah menjadi imperium yang disegani di wilayah Mediterannian. Indonesia tentu saja tidak dapat menelan pembelajaran di atas secara hurufiah mengingat perilaku ekonomi pada masa itu berbeda dengan sekarang. Pada masa itu perilaku ekonomi di Mesir sangat mempercayai mimpi atau penglihatan. Untuk konteks masa kini perilaku ekonomi bangsa Mesir melalui mimpi dapat disamakan dengan menganalisa statistic. Dari masa ke masa setiap negara pernah mempunyai problem ekonomi seperti yang dialami oleh Indonesia sekarang ini, solusi pasti berbeda karena konteksnya berbeda, tetapi judulnya tetap sama, yakni ketahanan ekonomi di bidang pangan. Memasuki masa 10 tahun pemerintahan Soesilo Bambang Yudhoyono, pemerintah setiap tahun membuka peluang impor berbagai produk pangan, seperti gula, kedelai, beras, cabai rawit, bahkan garam pun harus impor. Birokrat lebih menyukai impor pangan, sebab impor memberi peluang mendapatkan gratifikasi dari pemenang tender impor [pengusaha importer]. Perlahan tapi pasti sumber devisa negara akan terkuras untuk memenuhi kebutuhan pangan yang semakin meningkat, sebab jumlah jiwa yang harus diberi makan juga semakin bertambah. Kondisi ini semakin diperparah lagi dengan semakin sedikit jumlah generasi muda di desa yang enggan bertani. Mereka lebih suka berbondong-bondong  mencari penghidupan ke kota-kota besar. Lalu siapa yang akan mengelola tanah pertanian di desa yang juga semakin berkurang luasnya?

Indonesia seharusnya dapat menjadi kekuatan ekonomi di bidang pangan terbesar di Asia seperti Belanda di Eropa, kalau saja negeri ini dikelola dengan baik. Selama puluhan tahun negeri ini ternyata dikelola oleh manusia petualang yang tidak mempunyai hati nurani. Apa jadinya jika negara ini dikelola oleh manusia petualang bermental saudagar? Saudagar pasti yang dipikirkan hanya untung rugi secara materi. Orang beragama ternyata tidak menjamin  berhati nurani. Kenyataannya banyak orang mengaku beragama telah diadili di pengadilan dalam berbagai kasus korupsi. Korupsi pangan dan ternak!!! Yang penting itu bukan agama yang dianut oleh seseorang, melainkan hidup yang sudah diperbarui sehingga mempunyai hati nurani. Alasan klasik mengimpor beras dari luar negeri adalah untuk menekan harga supaya tidak naik. Tentu saja harga beras pasti naik, sebab yang harus disuapi semakin banyak, sedangkan lahan pertanian semakin banyak berkurang.

Presiden Republik Indonesia berikut terpilih 2014 harus figure yang bersih dari korupsi dan jujur. Tidak memberi peluang impor terhadap berbagai kebutuhan pangan, khususnya beras, sebab impor pangan dalam jangka waktu lama akan melemahkan semangat bertani. Orang ini harus mempunyai background pertanian dan kehutanan, supaya mempunyai perhatian yang lebih focus terhadap sector pertanian dan demografi. Tanah pertanian yang banyak rusak di berbagai tempat di Indonesia akibat pemerintahan pada masa lalu lebih memfokuskan dengan pertumbuhan ekonomi melalui peningkatan pajak dari hasil pertambangan di Kalimantan Timur, tetapi hasilnya tidak sepadan dengan kerusakan tanah persawahan akibat penambangan batu bara yang berdekatan dengan persawahan rakyat, membutuhkan banyak perhatian untuk diperbaiki kembali. Pemerintah harus lebih focus pembangunan rumah susun [khususnya di Pulau Jawa], sebab perluasan perumahan yang selama ini dilakukan, yakni ke arah horizontal sangat menguras  tanah yang seharusnya diperuntukkan bagi persawahan produktif. Melalui mekanisme badan koordinasi keluarga berencana, pemerintah mengendalikan jumlah penduduk. Rakyat butuh kondom dan beras.-